6 Rekomendasi Gunung di Bandung yang Bisa Mendaki Tektok

Belakangan ini para pendaki populer dengan kegiatan mendaki tektok, berikut ini beberapa rekomendasi gunung di Bandun yang bisa mendaki tektok yang bisa dilakukan bagi pendaki berpengalaman.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 24 Okt 2024, 10:19 WIB
Puncak Sunan Ibu di Gunung Patuha, Jawa Barat. (Dok: Instagram @pesona_alam.idn)

Liputan6.com, Bandung - Belakangan ini di antara pencinta alam khususnya orang-orang yang gemar mendaki terdapat sebuah istilah menarik yang disebut “mendaki tektok”. Diketahui istilah tersebut digunakan oleh para pendaki yang ingin melakukan kegiatan pendakian dalam waktu singkat.

Artinya para pendaki tersebut akan melakukan pendakian tanpa bermalam atau beristirahat dalam waktu yang lama. Biasanya pendaki yang melakukan kegiatan tektok mulai beraktivitas dari pos awal pada waktu pagi.

Kemudian mereka mendaki hingga ke puncak gunung untuk menikmati alam selama beberapa waktu lalu turun kembali ke pos awal di hari yang sama. Biasanya pendaki yang bisa melakukan kegiatan tektok adalah pendaki berpengalaman.

Sebab melakukan aktivitas mendaki tektok membutuhkan stamina dan fisik yang kuat sebab waktu istirahat yang dilakukan sangat minim. Selain itu, para pendaki harus mendaki gunung dengan perjalanan yang panjang.

Aktivitas mendaki tektok ini juga hanya bisa dilakukan pada gunung yang memiliki trek singkat atau memang bisa dilakukan dalam satu hari penuh. Tentunya pendaki yang ingin melakukan tektok harus dilakukan oleh mereka yang berpengalaman hingga berfisik kuat.

Maka dari itu, untuk pendaki pemula sangat tidak disarankan melakukan pendakian tektok karena cukup berbahaya. Adapun di wilayah Bandung sendiri ada sejumlah gunung yang cukup populer untuk melakukan kegiatan tektok di antaranya berikut ini.


6 Rekomendasi Gunung di Bandung

Pemandangan Gunung Manglayang. (dok. @mtmanglayang/Instagram/https://www.instagram.com/p/CscZvyepODe/?igsh=ejBwZTgwMWNhZDFm/Putri Astrian Surahman)

1. Upas Hill

Upas Hill adalah salah satu puncak bukit yang populer untuk melakukan pendakian tektok.  Selain itu, jalur yang tersedia di tempat ini dikenal landai dan cukup aman bagi pendaki terutama pemula.

Pengunjung yang tiba di puncak Upas Hill tentunya akan melihat keindahan alam yang mempesona dan pemandangan kawah Gunung Tangkuban Perahu dari sisi yang lain. Sebab tempat ini berada dari sebelah barat kawah.

Lokasi Upas Hill berada di Kp Jl. Manoko No.12, RT.02/RW.03, Cikahuripan, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

2. Gunung Manglayang

Gunung Manglayang merupakan salah satu gunung populer di Jawa Barat karena berlokasi di antara Kabupaten Sumedang dan Bandung. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.818 meter di atas permukaan laut.

Jalur trekkingnya juga tersedia cukup aman dan bisa dilakukan pendakian tektok untuk fisik yang kuat. Puncak Gunung Manglayang juga menampilkan pesona alam yang tidak biasa terutama melihat pemandangan kota Bandung dari ketinggian.

Lokasi Gunung Manglayang berada di antara kota Bandung dan Kabupaten Sumedang serta termasuk jenis gunung berapi kerucut non-aktif. Pendakian juga bisa dilakukan dari sejumlah jalur tertentu.


Gunung Selanjutnya

Pemandangan matahari terbit Gunung Puntang di Bandung. (Dok: IG @adi_juliant_pratama https://www.instagram.com/p/DAX9quvvdoo/?igsh=a2k0enhya2Q3Y25i&img_index=3)

3. Gunung Puntang

Gunung Puntang menjadi salah satu kawasan yang populer dan memiliki sejarah cukup mendalam. Sebab gunung ini terkenal sebagai lokasi stasiun radio terbesar di Asia pada masa kolonial Belanda.

Gunungnya memiliki ketinggian sekitar 2.223 meter dan memiliki jalur trekking yang cukup memadai. Selain itu, pengunjung bisa melihat keindahan alam sekitar mulai dari hutan lebat dan sungai-sungai kecil.

Gunung Puntang berlokasi di Mekarjaya, Kec. Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pengunjung juga bisa menikmati alam indah bekas stasiun radio di Jl. Gn. Puntang, Pasirmulya, Kec. Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

4. Puncak Sunan Ibu

Puncak Sunan Ibu adalah salah satu kawasan puncak yang termasuk lokasi wisata Kawah Putih. Tentunya jalur menuju tempat tersebut sudah sangat memadai dan terdapat tanda panah yang menunjukan lokasi tersebut.

Tempat ini juga bisa jadi pilihan pendakian tektok yang ramah dan memadai karena terkelola dengan baik. Selain itu, ketika tiba di puncaknya para pendaki bisa melihat keindahan Kawah Putih dari sisi yang berbeda.

Lokasi Puncak Sunan Ibu berada di Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.


Berikutnya

Pemandangan Gunung Artapela di Bandung. (Dok: IG @oktarizkywahyudi https://www.instagram.com/p/BpPdT-0A_8H/?igsh=MW0zdG50c3Jtbnc5YQ%3D%3D)

5. Gunung Sangar

Seperti namanya Gunung Sangar merupakan salah satu destinasi pendakian yang cukup menantang sebab medannya yang berbatu dan terjal. Namun, gunung ini masih bisa dilakukan dengan metode tektok bagi pendaki yang telah berpengalaman.

Sehingga Gunung Sangar bisa jadi pilihan pendakian tektok untuk pendaki berpengalaman dan mencari tantangan. Selain itu, puncaknya juga terkenal dengan pemandangan yang memukau terutama pada waktu matahari terbit dan terbenam.

Lokasi Gunung Sangar berada di Mangunjaya, Kec. Arjasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

6. Gunung Artapela

Gunung Artapela mempunyai ketinggian sekitar 2.194 meter dan dikenal dengan jalur yang cukup aman sebab populer di antara pendaki pemula. Gunung ini juga bisa jadi tujuan pendaki berpengalaman untuk mendaki secara tektok.

Namun, ketika musim hujan para pendaki harus berhati-hati karena jalur bisa terasa cukup licin. Gunung ini cukup populer dengan puncaknya yang menampilkan hamparan bukit hijau luas dan mempesona.

Lokasi Gunung Artapela berada di Sukapura, Kec. Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya