Survei Meroket, Pram-Rano Diyakini Bakal Menangkan Pilgub Jakarta

Tercatat Pramono-Rano unggul dengan elektabilitas 41,6 persen, disusul Ridwan-Suswono 37,4 persen dan Dharma-Kun 6,6 persen.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 24 Okt 2024, 10:09 WIB
Paslon nomor urut 3 Pramono Anung dan Rano Karno memberikan keterangan pers usai debat perdana Pilkada Jakarta 2024 di JIExpo Kemayoran. (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Liputan6.com, Jakarta - Elektabilitas dalam survei Pilgub Jakarta 2024 mulai berbalik. Kini, pasangan nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno mulai menyalip pasangan nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono.

Menanggapi hal itu, mantan calon anggota legislatif dari Partai Golkar dapil 8 DKI Jakarta, Sulton Mu'minah optimistis Pramono Anung-Rano Karno bisa memenangkan kontestasi, bahkan hanya dalam satu putaran.

Menurut dia, tren positif elektabilitas Pramono-Rano terus mengalami peningkatan dalam kurun waktu satu bulan mendatang dan akan terus bertambah hingga hari pencoblosan nantinya.

"Saya sebagai warga Jakarta yang berharap Mas Pram dan Bang Doel (sapaan Rano) untuk memimpin Jakarta, elektabilitasnya semakin naik, melihat publikasi hasil survei dari LSI sudah menempatkan paslon nomor urut tiga ini di atas paslon lain atau diangka 41,6 persen, saya yakin akan menang dalam satu putaran," kata Sulton dalam keterangan diterima, Kamis (24/10/2024).

Sulton memastkan, dirinya sudah mendeklarasikan dukungan untuk Pramono-Rano. Sebab dirinya sejalan dengan fakta lapangan yang menunjukan dukungan kepada paslon tersebut semakin bertambah.

"Simpul saya yang terhimpun dalam Barisan Haji Sulton (BHS) betul-betul melihat fakta lapangan dorongan masyarakat untuk Mas Pram dan Bang Doel terus mengalir, saya kira gagasan, program dan visi besar untuk membawa Jakarta menyala banyak diterima masyarakat di bawah," yakin dia.


Solid

Dia berharap, seluruh pendukung Pramono-Rano Karno tetap menjaga ritme dan soliditas sampai batas akhir masa kampanye untuk bersama-sama memastikan kemenangan dengan satu putaran.

"Insya Allah satu putaran untuk Mas Pram dan Bang Doel, tinggal seluruh pendukung untuk tidak terlena dengan tren elektabilitas yang terus meningkat, “ harap dia.

Sulton mengaskan, secara pribadi bersama tim Barisan Haji Sulton dirinya bakal melakukan konsolidasi ke teman-teman lintas partai politik yang saat masih belum terbuka. Tujuannya, agar dukungan supaya bisa lebih hidup.

“Kita hidupkan lagi jaringan pemenangnya pada pemilu yang lalu untuk turut memenangkan mas Pram dan bang Doel ini," dia menandasi.

 


Survei LSI

Sebagai informasi, Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei terbaru terkait Pilkada Jakarta 2024 pasca debat perdana ketiga pasangan calon (Paslon). LSI memprediksi Pilkada Jakarta berlangsung dua putaran.

Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, memprediksi paslon yang bisa masuk putaran kedua adalah Pramono Anung-Rano Karno dan Ridwan Kamil (RK)-Suswono. Tercatat Pramono-Rano unggul dengan elektabilitas 41,6 persen, disusul Ridwan-Suswono 37,4 persen dan Dharma-Kun 6,6 persen.

"Ketika responden ditanya kalau Pilkada DKI Jakarta diadakan hari ini, siapa yang akan ibu dan bapak pilih? Hasilnya Pramono-Rano unggul dengan elektabilitas paling tinggi, disusul tempat kedua Ridwan-Suswono dan tempat ketiga Dharma-Kun," kata dia.

Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya