Underpass Beroperasi, Kemacetan di Stasiun Batutulis Bogor Terurai

Pembangunan underpass dengan panjang 320 meter ini juga bertujuan untuk mengurai kemacetan di jalan raya dan di area Stasiun Batutulis.

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 24 Okt 2024, 12:30 WIB
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai mengoperasikan Underpass Batutulis. (Dok Kemenhub)

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan, melalui Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Bandung BTP Bandung mulai mengoperasikan Underpass Batutulis.

Pengoperasian ini dilakukan salah satunya untuk mengurangi perlintasan sebidang pada jalur KA Stasiun Bogor-Sukabumi di Kota Bogor, Jawa Barat.

"DJKA melalui BTP Bandung terus berkomitmen untuk melakukan penanganan perlintasan sebidang pada wilayah kerja kami. Salah satunya dengan membangun underpass di Batutulis ini," ujar Kepala BTP Bandung Endang Setiawan dalam keterangan tertulis, Kamis (24/10/2024).

Endang menjelaskan, sebelum underpass sepenuhnya beroperasi, dilakukan satu jalur per 5 menit bergantian pada lokasi pembongkaran JPL10 Batutulis mulai 22 Oktober 2024 pukul 23.00 WIB hingga 23 Oktober 2024 pukul 03.00 WIB. Lalu setelahnya akan di operasikan normal dua jalur.

Kemudian pada 24 Oktober 2024, karena terdapat pekerjaan pengaspalan yang berlangsung mulai pukul 23.00 sampai dengan selesai.

"Kami telah melakukan uji coba pengoperasian yang dilaksanakan bersama dengan Pemerintah Kota Bogor, Dinas PUPR Kota Bogor dan Dinas Perhubungan Kota Bogor. Untuk Uji Laik Fungsi Underpass akan dilaksanakan secara pararel bersama dengan pengoperasian Underpass Batutulis," imbuhnya.

 


Penataan Stasiun Batutulis

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai mengoperasikan Underpass Batutulis. (Dok Kemenhub)

Endang menghimbau bagi masyarakat yang akan melintasi Jalan Raya Batutulis dan Jalan Saleh Danasasmita agar berhati hati pada saat melintas di Underpass Batutulis untuk mengurangi potensi kecelakaan.

Pembangunan underpass dengan panjang 320 meter ini juga bertujuan untuk mengurai kemacetan di jalan raya dan di area Stasiun Batutulis.

Selain underpass, DJKA melalui BTP Bandung juga melakukan penataan Stasiun Batutulis. Mencakup penataan emplasemen, pengembangan stasiun serta penambahan fasilitas penumpang.

"Dengan dilakukannya penataan Stasiun Batutulis, kami berharap kualitas pelayanan penumpang kereta api dapat meningkat," pungkas Endang.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya