Profil Budisatrio Djiwandono, Keponakan Prabowo Jadi Wakil Ketua Komisi I DPR RI

Budisatrio Djiwandono resmi ditetapkan sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR RI dalam rapat internal yang dilaksanakan di ruang rapat Komisi I DPR, Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, pada Selasa (22/10/2024).

oleh Arini Nuranisa diperbarui 24 Okt 2024, 15:00 WIB
Budisatrio Djiwandono, bersama Prabowo Subianto (kiri). Budisatrio Djiwandono dan istri (kanan). (sumber: Instagram/@budidjiwandono)

Liputan6.com, Jakarta Budisatrio Djiwandono merupakan politikus dari Partai Gerindra. Keponakan Prabowo Subianto tersebut merupakan anggota DPR RI yang secara resmi ditetapkan sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR RI.

Penetapan tersebut disepakati dalam rapat internal yang dilaksanakan di ruang rapat Komisi I DPR, Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, pada Selasa (22/10). Bukan sosok baru, Budisatrio Djiwandono sudah pernah bergelut di dalam dunia legislatif.

Sebelumnya, ia menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPR RI pada periode 2019-2024. Komisi IV memiliki tanggung jawab dalam sektor pertanian, kehutanan, kelautan, dan perikanan. Pengalaman itu menjadi modal bagi Budi untuk mengemban tugasnya di Komisi I, yang membawahi isu-isu pertahanan negara dan diplomasi internasional.

Budisatrio Djiwandono resmi menikah dengan Mila Gunawan pada 29 Desember 2023 lalu. Mila merupakan sosok cinta pertama Budi. Ia jatuh cinta pada Mila sejak 1996 silam. Mila sempat menikah dan bercerai. Setelah bercerai, Mila dipersunting Budi yang merupakan sahabatnya sejak lama.

Sebelumnya, ketampanan Budisatrio Djiwandono ini sempat menjadi perbincangan netizen. Berikut ini profil Budisatrio Djiwandono yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (24/10/2024).


1. Agama Budisatrio Djiwandono

Budisatrio Djiwandono. (sumber: Instagram/@budidjiwandono)

Budisatrio Djiwandono merupakan seorang mualaf. Sebelum resmi menikah dengan Mila Gunawan, Budisatrio Djiwandono telah resmi memeluk Islam pada Desember 2023 lalu.

Budi resmi menjadi mualaf dengan mengucap dua kalimat syahadat yang dibimbing oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. K.H. Nasaruddin Umar, M.A, Nasaruddin Umar. Sebelumnya, Budi beragama Katolik.


2. Istri Budisatrio Djiwandono

Budisatrio Djiwandono dan Mila Gunawan. (sumber: Instagram/@budidjiwandono)

Usai resmi memeluk Islam, Budisatrio Djiwandono akhirnya menikahi Mila Gunawan pada 29 Desember 2023. Kisah cinta keduanya mencuri perhatian. Pasalnya, Mila merupakan sosok cinta pertama Budi.

Anggota DPR RI berparas tampan itu jatuh cinta kepada Mila sejak 1996 silam. Mila Gunawan diketahui sempat menikah, namun rumah tangga pertamanya kandas. Setelah bercerai, Mila yang sudah bersahabat dengan Budi kemudian menjalin hubungan asmara.

Sebelum memutuskan menikah, keduanya sudah menjalin asmara sejak 2021 lalu. Sosok wanita yang membawa Budi menjadi seorang mualaf itu tampak selalu mendampingi suaminya saat ada acara tertentu, termasuk saat Budi dilantik menjadi anggota DPR RI periode 2024-2029.


3. Hobi Budisatrio Djiwandono

Ketua Panitia Pelaksana Lokal Piala Dunia Basket 2023, Gerardus Budisatrio Djiwandono berpose di depan fotografer setelah melakukan sesi wawancara di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, Selasa (25/07/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Selain beraktivitas di dunia politik, Budisatrio Djiwandono juga memiliki hobi yang beragam. Antara lain olahraga dan traveling. Dia memiliki minat khusus pada aktivitas yang meningkatkan kebugaran fisik dan pengembangan pribadi.

Budisatrio mempunyai hobi traveling ke tempat yang menyajikan pemandangan alam indah. Terlihat dari unggahan Instagram Story-nya, ia tak jarang mengunggah aktivitasnya plesir ke berbagai tempat.

Budisatrio diketahui menempuh pendidikan dan meraih gelar sarjana dari jurusan Government & International Relations di Clark University, Amerika Serikat. Ia kemudian mengikuti jejak Prabowo sang paman di bidang politik, ia terpilih sebagai anggota DPR periode 2019-2024 dapil Kalimantan Timur.

Dengan hobi olahraganya, Budi dikenal tetap awet muda dan bugar meski sudah berusia 43 tahun. Politikus Partai Gerindra ini juga memiliki wajah tampan yang dipuji warganet.


4. Hubungan dengan Prabowo Subianto

Prabowo Subianto dan Budisatrio Djiwandono. (sumber: Instagram/@budidjiwandono)

Budisatrio Djiwandono merupakan keponakan dari Prabowo Subianto. Budi adalah anak dari pasangan Joseph Sudrajad Djiwandono dan Biantiningsih Miderawati Djojohadikusumo.

Ayah Budi adalah mantan Gubernur Bank Indonesia periode 1993–1998, sedangkan Ibunya adalah kakak kandung Prabowo Subianto, serta merupakan adik Thomas Djiwandono, Bendahara Umum Partai Gerindra.

Ia memiliki dua orang sepupu yang pernah menjabat sebagai Anggota DPR-RI periode 2014–2019, yaitu Aryo Djojohadikusumo dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo.

Budi selalu mendukung karier politik Prabowo. Hubungan mereka yang dekat pun kerap terlihat di unggahan Instagram Budi yang menunjukkan dirinya yang sedang berjalan di belakang pamannya tersebut dalam aktivitas politik di Indonesia.

Ikuti jejak Prabowo, Budi pun dikenal sebagai politisi yang memiliki komitmen tinggi dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat, khususnya terkait pembangunan dan kesejahteraan rakyat di daerah pemilihannya.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya