Debat Perdana Pilgub NTB, Cagub Iqbal Singgung Cara Penurunan Angka Kemiskinan

Iqbal mengajak masyarakat NTB bangkit bersama dari kemiskinan

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 24 Okt 2024, 13:25 WIB
Calon Gubernur NTB nomor urut 3, Muhamad Iqbal (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur NTB nomor urut 3, Muhamad Iqbal memuji soal penurunan kemiskinan di NTB pada era TGB HM Zainul Majdi. Hal itu disampaikan saat Debat perdana Pilgub NTB, Rabu (23/10/2024).

Menurut Iqbal, penurunan angka kemiskinannya pada waktu itu mencapai hampir 10 persen. Namun sayangnya, hal itu tidak berlanjut ke era pemimpin berikutnya.

“Di era TGB penurunan kemiskinan di NTB hampir sepuluh persen. Tapi, sayangnya di periode berikutnya, tidak sampai satu persen,” kata Iqbal seperti dikutip Kamis (24/10/2024).

Iqbal mengatakan, ada tiga hal penting yang menjadi perhatiannya soal pemberantasan kemiskinan. Ketiga hal itu adalah meritrokrasi birokrasi, kemudian penyehatan tata kelola keuangan, dan ketiga adalah penguatan koordinasi pusat, provinsi, hingga daerah.

“Kalau pembangunan ingin berhasil, birokrasi harus sehat. Tidak boleh demoralisasi akibat tata kelola yang buruk, asal-asalan, dan semau sendiri,” tegas Iqbal.

Iqbal mencatat, birokrasi harus memenuhi standar good governance dan berorientasi pelayanan publik dan penyehatan pengelolaan keuangan daerah. Sayangnya, problem yang terjadi di NTB adalah tidak demikian.

Maka dari itu, Iqbal bertekad membuat komitmen untuk membangun birokrasi yang profesional, bermartabat, dan berorientasi pelayanan.

“Setiap orang harus termotivasi untuk memberikan yang terbaik untuk rakyat. Setiap sen uang negara yang keluar harus semaksimal mungkin untuk kemakmuran rakyat,” jelas Iqbal.

 


Bangkit Bersama dari Kemiskinan

Iqbal pun mengajak masyarakat NTB bangkit bersama dari kemiskinan, bangkit bersama dari sempitnya lapangan pekerjaan, rendahnya indeks pembangunan manusia (IPM), dan angka putus sekolah.

“Agar kita semua dapat bangkit bersama untuk mewujudkan NTB yang Makmur Mendunia,” dia menandasi.

Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya