Intip, Rahasia Memasak Kacang Panjang Nikmat dan Sehat

Kacang panjang menjadi salah satu bahan makanan yang mengandung banyak manfaat. Ini sejumlah rahasia memasak kacang panjang agar tetap sehat dan nikmat.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 25 Okt 2024, 11:00 WIB
Ilustrasi tumis kacang panjang.

Liputan6.com, Bandung - Kacang panjang sangat populer di Indonesia sebagai salah satu bahan masakan makanan khasnya. Diketahui kacang panjang merupakan tanaman sayuran yang populer tidak hanya di Indonesia tetapi juga Asia.

Tanaman ini terkenal dengan ciri khas nya yaitu berbentuk panjang dan sering kali tumbuh merambat. Selain itu, kacang panjang juga dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah, dikukus, direbus, atau ditumis.

Biasanya, kacang panjang bisa ditemukan dengan mudah dalam sejumlah hidangan makanan misalnya gado-gado, urap, atau sayuran untuk pecel. Kacang panjang juga dikenal dengan kandungan nutrisinya yang cukup tinggi.

Sebab makanan ini mengandung vitamin A, vitamin C, folat, dan serat yang baik untuk tubuh. Misalnya saja kandungan vitamin A dalam kacang panjang bisa menjaga kesehatan mata dan kulit.

Kemudian, kandungan vitamin C bermanfaat sebagai antioksidan yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Sementara itu, kandungan folat dalam kacang panjang juga sangat penting untuk ibu hamil karena dapat mendukung perkembangan janin.

Kandungan seratnya yang tinggi juga membuat kacang panjang bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Seratnya juga berperan dalam mengurangi risiko penyakit jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Berikut ini terdapat sejumlah rahasia atau tips yang bisa diperhatikan dalam mengolah khususnya memasak kacang panjang agar tetap memiliki kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh.


Rahasia Memasak Kacang Panjang Nikmat dan Sehat

Ilustrasi kacang panjang (dok. Pixabay.com/KKristie/Putu Elmira)

1. Memilih kacang panjang yang segar

Memilih kacang panjang yang segar menjadi salah satu cara agar hidangan kacang panjang tetap nikmat dan sehat. Cara memilih kacang panjang yang segar bisa dengan melihat warnanya.

Salah satu ciri kacang panjang segar mempunyai warna hijau terang dan keras ketika ditekan. Selain itu, kacang panjang yang segar memiliki rasa lebih enak dan masih menyimpan kandungan nutrisi yang lebih tinggi.

2. Jangan memasak terlalu lama

Dalam menjaga tekstur renyah dan kandungan nutrisi yang masih tinggi dalam kacang panjang maka perlu memasaknya dengan waktu yang sesuai. Salah satu caranya adalah dengan memasak kacang panjang dengan waktu yang singkat.

Pastikan untuk memasak kacang panjang dengan teknik yang benar seperti misalnya dengan cara memasak seperti blansir yaitu teknik memasak dengan mencelupkan ke air mendidih sebentar agar kesegaran kacang panjang tetap bagus.


Selanjutnya

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

3. Pakai bumbu yang sehat

Ketika memasak kacang panjang atau makanan lain bisa menggunakan bumbu-bumbu yang lebih sehat. Misalnya menggunakan bumbu alami yang dibuat sendiri seperti bawang putih, cabai, atau rempah khas lain yang rendah sodium.

Hindari menggunakan bahan-bahan atau bumbu kemasan seperti kaya akan garam atau MSG. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan sajian kacang panjang yang dikonsumsi untuk kesehatan tetap terjaga sebagaimana mestinya.

4. Hindari konsumsi kacang dengan minyak yang melimpah

Kacang panjang sangat disarankan untuk dikonsumsi ketika segar namun jika harus dimasak dengan cara digoreng atau tumis pastikan untuk menggunakan minyak yang lebih sedikit. Misalnya menggunakan minyak secukupnya hanya untuk menumis kacang panjang.

Selain itu, minyak yang digunakan juga bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa. Sehingga makanan tersebut akan tetap terasa sehat dan lezat dengan cara memasak yang diinginkan.


Berikutnya

Ilustrasi pencok kacang panjang./Copyright shutterstock.com/g/AriyaniTedjo

5. Campur kacang panjang dengan menu sehat lainnya

Kacang panjang umumnya digunakan sebagai bahan pelengkap dengan lauk atau menu makanan sehat lainnya. Misalnya membuat kacang panjang sebagai bahan tambahan membuat gado-gado yang biasanya menggunakan sayuran dan bahan lain.

Kemudian juga bisa dikombinasi dengan sajian protein sehat misalnya tahu, tempe, atau ayam rebus. Sehingga variasi dalam satu piringnya lebih berama dan rasa kacang panjang nikmat disantap dengan lauk lain.

6. Nikmat jadi isian Salad

Kacang panjang juga bisa dijadikan menu makanan tambahan untuk menu makanan sehat seperti salad. Seperti diketahui salad sendiri biasanya terdiri dari sayuran dan protein yang mencukupi tubuh.

Selain itu, kacang panjang yang dijadikan salad juga bisa diolah dengan cara direbus atau dikukus singkat agar satu porsi salad memiliki kandungan serat dan vitamin yang lebih tinggi dari kacang panjang.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya