Mengejutkan, Laba Tesla Naik 17,3% pada Kuartal III 2024

Penjualan kendaraan listrik yang lebih kuat telah mendorong Tesla catat pertumbuhan laba pada kuartal III 2024. Sedangkan pendapatan naik 7,8 persen.

oleh Elyza Binta Chabibillah diperbarui 25 Okt 2024, 12:00 WIB
Laba bersih Tesla pada kuartal ketiga meningkat 17,3% dibandingkan tahun lalu berkat penjualan kendaraan listrik yang lebih kuat.(Xinhua/Ding Ting)

Liputan6.com, Jakarta - Laba bersih Tesla pada kuartal ketiga meningkat 17,3% dibandingkan tahun lalu berkat penjualan kendaraan listrik yang lebih kuat. CEO Elon Musk yang optimistis memprediksi pertumbuhan penjualan sebesar 20% hingga 30% pada tahun depan.

Kinerja yang kuat ini mengubah arah tahun ini bagi perusahaan yang berbasis di Austin, Texas, yang sebelumnya mengalami penurunan penjualan dan keuntungan pada dua kuartal pertama.

Dalam suratnya kepada investor, Tesla memprediksi pertumbuhan sedikit pada pengiriman kendaraan tahun ini, yang lebih baik daripada 1,8 juta kendaraan yang dikirimkan secara global pada tahun 2023.

Dikutip melalui abcnews, ditulis Jumat (25/10/2024) Tesla mengumumkan pada Rabu mencatat laba sebesar USD 2,17 miliar dari bulan Juli hingga September, lebih tinggi dari keuntungan USD 1,85 miliar yang mereka laporkan pada periode yang sama di tahun 2023.

Keuntungan ini dicapai meskipun ada pemotongan harga dan pembiayaan bunga rendah yang membantu meningkatkan penjualan dari lini kendaraan perusahaan yang sudah berumur. Ini merupakan peningkatan keuntungan kuartalan year-over-year pertama Tesla pada  2024, yang dilanda penurunan penjualan dan harga.

Pendapatan pada kuartal ini naik 7,8% menjadi USD 25,18 miliar, meskipun masih di bawah estimasi analis Wall Street yang memprediksi USD 25,47 miliar, menurut FactSet. Tesla menghasilkan USD 0,72 per saham yang disesuaikan, jauh mengalahkan ekspektasi analis sebesar USD 0,59. Saham Tesla Inc. melonjak hampir 12% dalam perdagangan setelah bel penutupan pada Rabu.

Dalam konferensi dengan para analis, Musk menyatakan peningkatan keuntungan terjadi meskipun lingkungan penjualan mobil masih menantang dengan suku bunga pinjaman yang masih tinggi. Musk menjelaskan prediksinya Tesla akan mencatat pertumbuhan penjualan kendaraan sebesar 20% hingga 30% pada 2025 dengan menyebut bahwa hal tersebut dapat dipengaruhi oleh “peristiwa eksternal negatif.”


Tesla Luncurkan Model Terjangkau Baru, Mulai Produksi Tahun Depan

Tesla Model 3, mobil listrik ketiga Tesla siap dikirim ke konsumen. (Carscoops)

Awal bulan ini, Tesla menyatakan telah menjual 462.890 kendaraan dari bulan Juli hingga September, naik 6,4% dibandingkan tahun lalu. Angka penjualan ini lebih baik dari yang diperkirakan oleh para analis.

Surat tersebut menyebutkan bahwa Tesla berada di jalur yang tepat untuk memulai produksi kendaraan baru, termasuk model yang lebih terjangkau, pada paruh pertama tahun depan, sesuatu yang dicari oleh para investor. Kendaraan baru ini akan menggunakan komponen dari model yang ada dan akan diproduksi di lini perakitan yang sama dengan model saat ini.

Kendaraan baru ini tidak diidentifikasi dan harganya masih samar. Musk pernah menyebut sebelumnya bahwa perusahaan sedang mengerjakan mobil yang akan dijual seharga sekitar USD 25.000, tetapi mengatakan pada hari Rabu bahwa kendaraan terjangkau baru akan dibanderol di bawah USD 30.000, termasuk insentif pajak pemerintah.

Awal bulan ini, perusahaan juga menampilkan robotaxi dua kursi yang dirancang khusus bernama “Cybercab” dalam sebuah acara glamor di sebuah studio film di Hollywood. Musk menyatakan bahwa mobil ini akan mulai diproduksi sebelum tahun 2027 dengan harga sekitar USD 25.000.

Dengan menggunakan komponen dari model yang ada dan sistem manufaktur saat ini, Tesla tidak akan mencapai pengurangan biaya yang sebelumnya diharapkan melalui pengaturan manufaktur baru.


Tesla Turunkan Biaya Produksi hingga USD 35.100, Margin Keuntungan Meningkat

Para karyawan bekerja di Gigafactory Tesla, Shanghai, China, 20 November 2020. Perusahaan mobil listrik Amerika Serikat (AS), Tesla, pada 2019 lalu membangun Gigafactory pertamanya di luar AS di kawasan baru Lingang. (Xinhua/Ding Ting)

Tesla menyatakan bahwa mereka telah mengurangi biaya barang per kendaraan ke tingkat terendahnya, sekitar USD 35.100. Margin keuntungan kotor yang diperhatikan secara luas oleh perusahaan, persentase pendapatan yang dapat dipertahankan setelah pengeluaran, meningkat menjadi 19,8%, tertinggi dalam setahun, tetapi masih lebih kecil daripada puncaknya sebesar 29,1% pada kuartal pertama tahun 2022.

Selama kuartal tersebut, pendapatan Tesla dari kredit regulasi yang dibeli oleh pabrikan lain yang tidak dapat memenuhi target emisi pemerintah mencapai USD 739 juta, menjadi kuartal kedua tertinggi dalam sejarah perusahaan.

Musk menyatakan bahwa sistem “Full Self-Driving” Tesla semakin membaik dan akan berkendara lebih aman daripada manusia pada kuartal kedua tahun depan. Meskipun namanya, Tesla yang menggunakan “Full Self-Driving” tidak dapat mengemudikan diri sendiri, dan pengemudi manusia harus siap untuk campur tangan kapan saja.

Perusahaan tersebut juga menawarkan layanan pemanggilan otonom kepada karyawan di wilayah San Francisco Bay Area, tetapi saat ini memiliki pengemudi keselamatan manusia. 


Tesla Mungkin Perlu Tingkatkan Perangkat Keras Lama untuk Keamanan Mengemudi Otonom

Musk mengharapkan untuk memulai layanan robotaxi untuk publik di California dan Texas pada tahun depan. Ia juga mengakui bahwa mungkin tidak mungkin untuk mencapai tingkat keamanan mengemudi otonom dengan edisi lama dari perangkat keras “Full Self-Driving.” Jika itu tidak mungkin, Tesla akan meningkatkan komputer di mobil-mobil lama secara gratis, ujarnya.

Klaim mengenai kemampuan mengemudi otonom ini muncul hanya lima hari setelah regulator keselamatan AS membuka penyelidikan terhadap kamera sistem tersebut untuk melihat kondisi visibilitas rendah seperti silau matahari, kabut, dan debu terbang. Penyelidikan ini menimbulkan keraguan tentang apakah sistem tersebut akan siap untuk mengemudi sendiri pada tahun depan.

Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS mengatakan dalam dokumen yang diposting pada hari Jumat bahwa mereka membuka penyelidikan terhadap 2,4 juta kendaraan Tesla setelah perusahaan melaporkan empat kecelakaan dalam kondisi visibilitas rendah. 

Salah satunya melibatkan seorang wanita yang berhenti untuk membantu setelah kecelakaan di jalan raya Arizona yang ditabrak dan tewas oleh Tesla.Para penyelidik akan menyelidiki kemampuan “Full Self-Driving” untuk “mendeteksi dan merespons dengan tepat terhadap kondisi visibilitas jalan yang berkurang.”

 

 

Pendatang baru miliarder dunia

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya