5 Manfaat Bersepeda di Sore Hari yang Sangat Bagus untuk Meredakan Ketegangan Tubuh

Setelah bersepeda, kamu akan merasakan kerja keras di lengan, kaki, dan bahkan otot inti.

oleh Iwan Tantomi diperbarui 24 Okt 2024, 15:28 WIB
Credit: CandyBoxImages/Depositphotos.com

Liputan6.com, Jakarta Bersepeda menjadi salah satu jenis latihan kaki tubuh yang bagus dari segi kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Banyak orang mengambil bersepeda sebagai cara rekreasi atau binaraga, sebab kedua hal tersebut sama mudah diraih oleh segala kalangan. Sore hari merupakan waktu yang sangat sesuai untuk bersepeda, dimana udaranya lebih dingin dan pemandangannya seringkali lebih indah. 

Aktivitas ini pun memberimu kesempatan untuk selalu melihat keindahan alam dan pada saat yang sama otak pun seperti diberi tempat untuk beristirahat dari kegiatan yang padat. Sebagai salah satu jenis aktivitas fisik namun juga hiburan, bersepeda di sore hari tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh atau kebugaran badan saja, tapi juga mampu berperan mengurangi stres dan sangat berguna untuk merawat kesehatan secara keseluruhan. Berikut ini adalah beberapa manfaat bersepeda di sore hari yang dapat membantu melonggarkan ketegangan tubuh.


Membangun Kekuatan Otot

Bersepeda secara teratur dapat meningkatkan kekuatan otot di seluruh tubuh. Setelah bersepeda, kamu akan merasakan kerja keras di lengan, kaki, dan bahkan otot inti. Aktivitas ini membantu membangun otot yang kuat dan fleksibel, yang penting untuk mendukung fungsi tubuh secara keseluruhan, termasuk otot punggung dan tangan. Dengan latihan yang konsisten, anda akan mendapatkan hasil yang signifikan, membuat tubuh lebih bugar dan berdaya tahan tinggi.

Mengurangi Stress

Salah satu olahraga yang efektif untuk meredakan stres karena dapat memicu produksi hormon endorfin dalam tubuh adalah bersepeda. Hormon endorfin ini berfungsi untuk meningkatkan perasaan bahagia dan meringankan rasa nyeri. Ketika kamu bersepeda, tubuh merasa lebih nyaman, yang pada dapat membantu memperbaiki suasana hati dan pola pikirmu. Selain itu, pengalaman menyenangkan yang didapat dari bersepeda di lingkungan yang indah dapat memberikan kenyamanan. Dengan kombinasi ini, tingkat stres dalam tubuh dapat berkurang, membuat kamu merasa lebih rileks dan segar.


Menjaga Berat Badan Ideal

Berat badan ideal dapat dipertahankan dengan berolahraga sepeda secara rutin dan pola makan sehat yang seimbang untuk menurunkan berat badan dan mengatur metabolisme tubuh secara optimal serta meningkatkan kesehatan jantung dan otot. Kamu tidak hanya akan mencapai bentuk tubuh yang ideal, tetapi juga kulitmu akan terasa lebih kencang dan otot kaki akan menjadi lebih kuat.  

Memperkuat Tulang

Bersepeda dapat membantu mencegah patah tulang akibat jatuh, terutama bagi orang yang lebih tua. Meskipun olahraga ini tidak secara langsung mengatasi masalah tulang rapuh atau osteoporosis, bersepeda adalah latihan yang ideal untuk penderita osteoporosis. Aktivitas ini tergolong ringan dan memberikan tekanan minimal pada sendi, sehingga aman dilakukan. Dengan demikian, bersepeda tidak hanya bermanfaat bagi kebugaran umum, tetapi juga berkontribusi pada kesehatan tulang yang lebih baik.

Mengatasi Insomnia

Dengan mencoba bersepeda selama 20-30 menit setiap dua hari sekali, kamu bisa mendapatkan manfat waktu tidur yang lebih cepat. Sedangkan manfaat sepeda di pagi hari ketika matahari belum terlalu terik dapat membantu jam biologis kembali normal, serta menyingkirkan hormon kortisol yang dapat menyebabkan insomnia.

Nah, itulah beberapa manfaat bersepeda di sore hari yang efektif untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Aktivitas ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menutup hari dengan aktivitas yang menyenangkan. Selamat menikmati aktivitas sore hari yang bermanfaat.

Penulis: Ester Claudia

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya