4 Khasiat Jeruk Nipis untuk Kesehatan yang Tak Banyak Orang Tahu

Salah satunya, jeruk nipis ternyata bisa membantu mencegah terjadinya batu ginjal.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 24 Okt 2024, 19:00 WIB
Ilustrasi Jeruk Nipis Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta Jeruk nipis, buah jeruk yang memiliki kulit berwarna hijau dengan rasa asam dan tajam mudah ditemukan di Indonesia.

Jika perasan air jeruk nipis diminum langsung tentu terasa asam bahkan bisa menyebabkan perut tak nyaman. Maka biasanya jeruk nipis diolah dengan bahan lain. Salah satunya dijadikan sebagai minuman jeruk nipis, lalu menjadi tambahan bumbu saat masak agar menghasilkan rasa masakan yang segar.

Soal kandungan nutrisi jeruk nipis itu kaya antioksidan juga vitamin C. 

Berikut empat manfaat dari jeruk nipis yang tidak banyak orang tahu seperti disampaikan dietitian terdaftar Lauren O'Connor mengutip laman Health:

1. Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal dapat terjadi karena kepekatan urine di dalam ginjal. Kepekatan ini memungkinkan mineral untuk mengkristal dan saling menempel, yang akhirnya membentuk batu ginjal.

Nah, kelompok buah jeruk seperti jeruk nipis mengandung sitrat dalam jumlah sedang, suatu zat yang secara alami menghambat pembentukan batu ginjal. Lalu, kandungan di dalam jeruk nipis juga membantu melepaskan merilis kalsium keluar dari tubuh lewat urine.

 


2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Seperti buah sitrus lainnya, jeruk nipis mengandung berbagai macam vitamin, mineral dan antioksidan yang mendukung kekebalan tubuh.

Salah satu vitamin yang ada dalam jeruk nipis adalah vitamin C yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lalu, vitamin ini penting juga sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh dari racun dan polutan yang merusak.

Lalu, dalam jeruk nipis juga ada folat, vitamin yang mengatur sel T di lapisan usus. Sel T mencegah respons imun yang berlebihan seperti meningkatnya peradangan dan reaksi alergi.


3.Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ilustrasi es jeruk nipis segar penurun kolesterol | copyright freepik.com/8photo

Jeruk nipis adalah sumber vitamin C yang baik, yang mendukung kesehatan jantung dengan meningkatkan produksi oksida nitrat. Apa sih oksida nitrat? Oksida nitrat penting untuk vasodilatasi (pembukaan pembuluh darah) dan pengaturan tekanan darah.


4. Membantu Penyerapan Zat Besi

Jeruk nipis mengandung vitamin C, yang diketahui membantu meningkatkan penyerapan zat besi. Hal ini berimbas pada energi, imunitas dan kondisi tubuh yang lebih sehat.

"Tubuh membutuhkan zat besi yang cukup untuk mengangkut oksigen seluruh aliran darah. Jeruk nipis kaya akan vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi," kata Lauren.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya