Cek Fakta: Hoaks Video Pemain Real Madrid Lucas Vazquez Mengaku Keturunan Surabaya dan Siap Dinaturalisasi

Beredar video yang diklaim pemain Real Madrid Lucas Vazquez mengaku memiliki keturunan Surabaya dan siap untuk dinaturalisasi. Benarkah?

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 25 Okt 2024, 13:00 WIB
Gambar tangkapan layar video yang diklaim pemain Real Madrid Lucas Vazquez mengaku memiliki keturunan Surabaya dan siap untuk dinaturalisasi. (sumber: Facebook)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim pemain Real Madrid Lucas Vazquez mengaku memiliki keturunan Surabaya dan siap untuk dinaturalisasi beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada Oktober 2024.

Dalam video tersebut, Vazquez terlihat sedang berbicara di depan kamera menggunakan bahasa spanyol. Video itu diberi narasi bahwa Vazquez mengaku memiliki keturunan Surabaya dan siap dinaturalisasi.

"Pemain inti Real Madrid Ini mengaku memiliki Keturunan orang Suroboyo dan siap Untuk di naturalisasikan," demikian narasi dalam video tersebut.

"Siapakah Arek Suroboyo ini?" tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 1.700 kali dibagikan dan mendapat 4.600 komentar dari warganet.

Benarkah dalam video tersebut pemain Real Madrid Lucas Vazquez mengaku memiliki keturunan Surabaya dan siap dinaturalisasi? Berikut penelusurannya.

 


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim pemain Real Madrid Lucas Vazquez mengaku memiliki keturunan Surabaya dan siap dinaturalisasi. Hasil penelusuran mengarah ke unggahan akun X @realmadriden.

Akun X tersebut memuat video identik dengan klaim yang beredar di Facebook. Dalam video, Vazquez mengucapkan terima kasih kepada fans Real Madrid atas kemangan yang didapat. Real Madrid, kata dia, bersiap untuk pertandingan selanjutnya.

Berikut gambar tangkapan layarnya.

Gambar tangkapan layar unggahan dari akun X @realmadriden.

"@Lucasvazquez91: "Thank you so much for your support, #Madridistas. It was an important match and a good win and now we get ready for Sunday and the derby. Hala Madrid!"

#RealMadridAlavés," tulis akun X @realmadriden pada 25 September 2024.

Dikutip dari tranfermarkt.co.id, Lucas Vazquez merupakan pemain Real Madrid sejak 2 Juli 2015. Ia lahir di A Coruna, Spanyol pada 1 Juli 1991.

 

Referensi:

https://www.transfermarkt.co.id/lucas-vazquez/profil/spieler/221316

https://x.com/realmadriden/status/1838691455436476424

 


Kesimpulan

Video yang diklaim pemain Real Madrid Lucas Vazquez mengaku memiliki keturunan Surabaya dan siap dinaturalisasi ternyata tidak benar alias hoaks. Faktanya, dalam video tersebut Vazquez tidak mengucapkan memiliki keturunan Surabaya.

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya