Meluncur Jelang Akhir Tahun, Ini Bocoran Mobil Baru Nissan di Indonesia

Beberapa waktu lalu, Nissan Indonesia telah mendaftarkan X-Trail e-Power di Samsat PKB DKI Jakarta. Ada dua tipe tersedia.

oleh Tim Otomotif diperbarui 25 Okt 2024, 06:04 WIB
Nissan Luncurkan Logo Baru (Paultan)

Liputan6.com, Jakarta - Nissan Indonesia dikabarkan tengah menyiapkan satu model baru yang bakal diperkenalkan dalam waktu dekat. Spekulasi yang berkembang, model itu ialah Nissan X-Trail e-Power yang akan mengisi segmen SUV.

Beberapa waktu lalu, Nissan Indonesia telah mendaftarkan X-Trail e-Power di Samsat PKB DKI Jakarta. Ada dua tipe tersedia. Pertama, XTRAIL EPWR VCTRB VE dengan nilai jual kendaraan bermotor Rp446 juta dan XTRAIL EPWR VCTRB VL Rp469 juta.

Lantas berapa kira-kira kalau dijual di sini? Untuk sekadar gambaran saja, NJKB Serena e-Power saja Rp440 juta kemudian dipasarkan Rp635 juta OTR Jakarta.

Ada hitungan margin perusahaan, perpajakan dan biaya lain-lain. Sehingga diprediksi varian termurah Nissan X-Trail e-Power dilego sekitar Rp600 jutaan dan sedikit lebih mahal dari Serena e-Power.

Mungkin tipe tertinggi VL bisa rentang Rp700 jutaan, syukur kalau bisa ditekan semakin murah lagi. Andai mereka berani menjajakan di harga kisaran itu, maka kian kompetitif dibanding Honda CR-V 2.0L RS e:HEV yang dilepas Rp814,4 juta OTR Jakarta. 

"Menjelang akhir tahun kami bakal membawa model terbaru sebuah SUV. Namun untuk detail nanti ditunggu saja. Pada saat yang tepat kami akan beritahu dan mengundang rekan-rekan (media) sekalian," ungkap Bima Aristantyo, Head of Sales & Product Planning PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) di Semarang (23/10/2024).

Nah, mengenai spesifikasi yang ada di pasar Jepang. X-Trail e-Power mengusung motor listrik, serta didukung mesin konvensional 1,5 liter.

Enjin pembakaran internal memberi punya kekuatan 142 hp (144 PS) dan torsi 250 Nm, namun hanya berfungsi sebagai pembangkit daya listrik.

 


Kelengkapan Lainnya

Ada dua pilihan power. Opsi penggerak roda depan (2WD) memiliki keluaran 201 hp (204 PS) berikut torsi 330 Nm.

Sedangkan versi 4WD dengan teknologi e-4Force menghasilkan 211 hp (214 PS) plus momen puntir 330 Nm di depan dan 195 Nm di belakang. 

Tapi agaknya NMDI bakal lebih pilih membawa varian 2WD agar harga jual terus kompetitif, tidak kemahalan seperti rival terdekatnya. Nah, mengenai peranti keselamatan berkendara tergolong komprehensif.

X-Trail e-Power berteknologi sensor dan radar terintegrasi. Termasuk ADAS (Advanced Driving Assistance System) atau disebut sebagai Nissan ProPilot. 

Kalau dijabarkan, sistem ini meliputi Intelligent Forward Collision Warning, Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention Assist System, Intelligent Cruise Control, Forward Emergency Brake.

Kemudian ada Intelligent High Beam Assist, Blind Spot Warning dan Intelligent Around View Monitor.

Lalu jumlah bantal udara tujuh titik guna melindungi seluruh penghuni kabin. Jika spesifikasi tidak dipangkas, seperti Serena e-Power di sini. Maka ia bakal menjadi barang menarik. Tunggu pembaruan informasi selanjutnya.

Sumber: Oto.com

Fakta Olahraga Dapat Membantu Gangguan Kesehatan Mental (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya