5 Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan, Cegah Risiko Diabetes Hingga Kontrol Berat Badan

Selain rasanya yang lezat, buah belimbing juga kaya akan antioksidan. Kandungan ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah risiko berbagai penyakit.

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 25 Okt 2024, 16:03 WIB
5 Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan, Cegah Risiko Diabetes Hingga Kontrol Berat Badan (Gambar oleh christian ananta dari Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Buah belimbing, dengan rasa asam manis yang khas, menjadi favorit banyak individu. Karena menjadi salah satu buah yang segar, tak heran jika belimbing sangat cocok dinikmati di cuaca terik, karena mampu menyegarkan tubuh dan menghilangkan dahaga.

Selain rasanya yang lezat, buah belimbing juga kaya akan antioksidan. Kandungan ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah risiko berbagai penyakit. Dengan mengonsumsi belimbing, Anda dapat memberikan perlindungan ekstra bagi tubuh dari radikal bebas.

Belimbing dapat diolah menjadi berbagai hidangan, seperti jus segar, rujak yang menggugah selera, atau bahkan dimakan langsung setelah dikupas. Buah ini juga mengandung serat dan mineral, yang berfungsi menjaga hidrasi tubuh.

Berikut beberapa manfaat belimbing bagi tubuh, seperti dilansir dari Panlasang Pinoy, Kamis (24/10/2024):

1. Mampu Mencegah Penyakit

Buah belimbing terkenal kaya akan antioksidan yang berfungsi menghambat radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, dan dengan mengonsumsi belimbing, Anda memberikan perlindungan tambahan bagi sistem tubuh.

Kelebihan lain dari buah belimbing adalah kemampuannya untuk bekerja lebih efektif ketika dipadukan dengan vitamin C. Vitamin C adalah nutrisi penting yang membantu tubuh melawan berbagai penyakit. Ia meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membuang racun, dan membatasi pertumbuhan bakteri jahat di usus.

Kombinasi nutrisi dalam buah belimbing dapat membantu mencegah sejumlah penyakit serius, termasuk flu, penyakit jantung, diabetes, hingga kanker.

 


2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ilustrasi Penyakit Jantung Credit: unsplash.com/Emily

Pola makan yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, yang seringkali ditandai dengan penyumbatan arteri, irama detak jantung yang tidak teratur, dan hipertensi. Masalah-masalah ini dapat mengancam kesehatan jantung Anda dalam jangka panjang.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan menambahkan buah belimbing ke dalam pola makan harianmu. Buah ini kaya akan kalium dan serat, yang keduanya berperan penting dalam menjaga fungsi jantung yang optimal.

Kandungan kalium dalam belimbing membantu mengatur tekanan darah dan menjaga detak jantung tetap normal. Selain itu, serat yang terkandung dalam buah ini juga berkontribusi pada kesehatan jantung dengan mengurangi kolesterol jahat dan mendukung sirkulasi darah yang baik.

 


3. Mengelola Berat Badan

Ilustrasi timbangan berat badan. (dok. foto i yunmai/Unsplash/Dinny Mutiah)

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, langkah pertama yang perlu diambil adalah mengurangi asupan kalori dalam tubuh. Salah satu cara efektif adalah dengan mengonsumsi makanan rendah kalori, dan buah belimbing adalah pilihan yang tepat.

Meskipun belimbing memiliki rasa manis yang menggugah selera, buah ini tidak berbahaya bagi program penurunan berat badan. Saat Anda mengonsumsinya, hanya sekitar 4-5% dari total kalori yang berasal dari gula. Ini menjadikannya alternatif yang aman dan sehat bagi mereka yang ingin menjaga berat badan.

Buah belimbing juga rendah karbohidrat, sehingga dapat membantu Anda menjaga bentuk tubuh. Dengan memasukkan belimbing ke dalam diet harian, Anda bisa tetap menikmati camilan yang enak tanpa khawatir tentang penambahan kalori.

 


4. Menjaga Kesehatan Otot

Tubuh manusia terdiri atas komposisi tubuh yaitu lemak dan otot serta air. (Foto: Unsplash.com/Christopher Campbell)

Kesehatan otot sangat penting untuk mencegah melemahnya kekuatan dan keseimbangan tubuh. Berbagai faktor seperti aktivitas fisik, pengobatan, dan penuaan dapat menyebabkan kerusakan pada otot. Untuk mendukung kesehatan otot, penting untuk memastikan asupan magnesium yang cukup.

Buah belimbing kaya akan mineral yang dibutuhkan tubuh, termasuk magnesium. Nutrisi ini berperan penting dalam menjaga kekuatan otot dan fungsi saraf. Dengan rutin mengonsumsi belimbing, Anda dapat memberikan asupan magnesium yang diperlukan untuk menjaga kesehatan otot dan meningkatkan performa fisik.

Sebagai suplemen makanan alami, buah belimbing tidak hanya enak tetapi juga efektif dalam memenuhi kebutuhan magnesium Anda. Dengan asupan yang tepat, otot dan saraf Anda akan tetap sehat dan lincah, mendukung aktivitas sehari-hari dengan optimal.

 


5. Menjaga Kesehatan Kulit dan Pertumbuhan Rambut

Ilustrasi Wajah bebas Jerawat Credit: pexels.com/Anne

Buah belimbing dikenal kaya akan antioksidan, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Dengan kemampuannya untuk menghilangkan radikal bebas, belimbing membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan dan mencegah penumpukan sel kulit mati.

Antioksidan dalam belimbing, seperti asam galat, quercetin, dan polifenol, bekerja secara efektif melawan sel-sel yang dapat merusak kulit. Dengan mengonsumsi buah ini, Anda dapat menjaga kulit tetap sehat, bercahaya, dan terhindar dari masalah kulit yang tidak diinginkan.

Tak hanya bermanfaat bagi kulit, belimbing juga mengandung 1 gram protein, yang dapat membantu menyehatkan dan memulihkan rambut yang rusak. Protein adalah nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perbaikan rambut, sehingga menjadikan belimbing sebagai tambahan yang sempurna dalam diet Anda.

 

Infografis Kiat Makan Sehat Kala Lebaran (Liputan6.com/M. Iqbal)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya