Gagah! Potret Raffi Ahmad, Erick Thohir hingga Wapres Gibran Berseragam Komcad di Akmil Magelang

Komunikasi Kepresidenan (President Communication Office/PCO) membagikan penampakan para menteri dan wakil menteri Kabinet Merah Putih serta utusan khusus Presiden berseragam loreng komponen cadangan (komcad) saat beraktivitas pagi di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, Jumat.

oleh Septian Deny diperbarui 25 Okt 2024, 10:33 WIB
Presiden Prabowo Subianto bersama Para Menteri Kabinet Merah Putih di Akmil, Magelang. (Dok. PCO)

Liputan6.com, Jakarta Komunikasi Kepresidenan (President Communication Office/PCO) membagikan penampakan para menteri dan wakil menteri Kabinet Merah Putih serta utusan khusus Presiden berseragam loreng komponen cadangan (komcad) saat beraktivitas pagi di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, Jumat.

Tampak dalam foto yang beredar, selain Presiden Prabowo Subianto, ada juga Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, Menteri BUMN Erick Thohir hingga Utusan Khusus Presiden Raffi Ahmad.

Dikutip dari Antara, Jumat (25/10/2024), dalam foto yang dibagikan tim PCO di Magelang, tampak Presiden Prabowo Subianto memimpin kegiatan latihan baris berbaris yang tertutup bagi awak media, bertempat di lapangan Sapta Marga, Akmil Magelang.

Kegiatan yang dimulai sejak Pukul 05.15 WIB itu diikuti para menteri, wakil menteri, kepala badan, utusan khusus, hingga penasihat khusus presiden.

Seluruh peserta tampak memakai pakaian bercorak loreng dengan kombinasi warna hijau, krem, dan cokelat tua, lengkap dengan topinya.

Peserta juga mengenakan sepatu dinas lapangan yang umum dipakai prajurit TNI saat bertugas.

Dibuka Prabowo

Presiden Prabowo Subianto membuka rangkaian kegiatan pembekalan kepada jajaran anggota Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil), Lembah Tidar, Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Jumat.

Informasi itu disampaikan oleh Kepala Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi yang ikut serta dalam agenda retreat Kabinet Merah Putih.

Kepala Negara membuka agenda pembekalan melalui penyampaian arahan kepada peserta yang berlangsung usai kegiatan olahraga dan santap pagi, sekitar pukul 08.00 WIB.

Pembukaan kegiatan berlangsung di ruang AH Nasution kompleks Akmil Magelang yang menghadirkan para menteri, wakil menteri, kepala badan, utusan khusus, hingga penasihat khusus presiden.

 


Berlangsung Sekitar 4,5 Jam

Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka menghadiri retreat hari pertama Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Jumat. (Dok: PCO)

Kegiatan tersebut berlangsung sekitar 4,5 jam, hingga memasuki jadwal shalat Jumat berjamaah pada tenda dome yang disiapkan di lingkungan Akmil.

Usai santap siang di ruang KS Tubun Akmil, agenda dimulai dengan pembahasan materi mulai pukul 13.30 WIB, yang mencakup topik pencegahan korupsi melibatkan pembicara dari instansi Polri, BPK, dan Kejaksaan Agung.

Materi pembekalan berikutnya, seputar perencanaan pembangunan yang melibatkan pembicara dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), perencanaan anggaran oleh Kementerian Keuangan, serta perencanaan birokrasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Pembahasan materi berakhir sekitar pukul 16.00 WIB, ditutup dengan Upacara Parade Senja dan santap malam.

Sementara itu, Presiden Prabowo saat memimpin kegiatan latihan baris berbaris Jumat pagi menyebut kegiatan pembekalan merupakan upaya menyamakan frekuensi dan gerak langkah sebagai pemerintah.

"Kita harus bergerak seirama dengan tujuan yang sama. Pemerintah itu tidak bekerja sendiri-sendiri, melainkan sebagai tim," ujar Presiden.

Presiden Prabowo juga menambahkan bahwa kerja sama tim terbaik dapat dilihat dari sepak bola, di mana semua pemain harus memiliki keyakinan dan tujuan yang sama. Tim Kabinet Merah Putih juga harus menyadari bahwa mereka berkompetisi dengan negara-negara lain.


Bekerja sebagai Tim

Para Menteri Kabinet Merah Putih saat mengikuti Retreat di Akmil, Magelang. (Dok. PCO)

Kantor Komunikasi Kepresidenan atau Presidential Communication Office (PCO) mengatakan bahwa Presiden Prabowo Subianto mengingatkan jajaran Kabinet Merah Putih untuk dapat bekerja sebagai tim.

Kepala PCO Hasan Nasbi dalam keterangannya di Kota Magelang, Jawa Tengah, Jumat, mengatakan Presiden menyampaikan pernyataan tersebut usai Kabinet Merah Putih menjalani latihan baris-berbaris di Lapangan Sapta Marga, Akademi Militer, Kota Magelang, Jumat pagi.

"Kita harus bergerak seirama dengan tujuan yang sama. Pemerintah itu tidak bekerja sendiri-sendiri, melainkan sebagai tim," kata Prabowo seperti dikutip Hasan.

Presiden juga menyatakan bahwa latihan baris-berbaris bukan latihan kemiliteran, melainkan untuk menyamakan frekuensi dan gerak langkah sebagai pemerintah.

Pada kesempatan itu, Presiden menambahkan bahwa kerja sama tim terbaik dapat dilihat dari sepak bola, yang mana semua pemain harus memiliki keyakinan dan tujuan yang sama. Oleh sebab itu, kata Presiden, tim Kabinet Merah Putih juga harus menyadari bahwa mereka berkompetisi dengan negara-negara lain.

Sebelumnya, para menteri, wakil menteri, kepala badan, utusan khusus, penasihat khusus, dan staf khusus berkumpul di Lapangan Sapta Marga pada pukul 05.15 WIB untuk menjalani latihan baris berbaris.

Sementara itu, Presiden telah tiba dan menjadi orang pertama yang tiba di lapangan lebih dahulu untuk memberikan contoh teladan sebagai pemimpin yang disiplin.

Kegiatan diawali dengan olahraga bersama yang dipimpin oleh para pelatih dari Akademi Militer. Setelah berolahraga selama sekitar 30 menit, kegiatan dilanjutkan dengan latihan baris-berbaris.

Kabinet Merah Putih dibagi ke dalam lima kelompok. Pada setiap kelompok, disediakan masing-masing tiga pelatih baris-berbaris.

Presiden Prabowo, Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka turut serta dalam latihan tersebut.

Adapun Kabinet Merah Putih melaksanakan kegiatan tersebut dengan mengenakan pakaian lapangan komponen cadangan (Komcad).

Infografis Kabinet Prabowo Cita Rasa Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya