WhatsApp Bakal Hadirkan Fitur Emoji Reaction yang Lebih Personal, Mirip di Instagram

WhatsApp membuat pengalaman chatting semakin menyenangkan dengan fitur emoji reaction yang lebih personal. Jadi emoji yang sering digunakan akan muncul di bagian atas.

oleh Dinda Ariyani diperbarui 26 Okt 2024, 14:00 WIB
Mengenal arti dari setiap emoji react di WhatsApp (WhatsApp)

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp dilaporkan akan kembali menghadirkan fitur baru untuk pengguna. Setelah memperkenalkan fitur Communities, obrolan grup, channels,  dan status updates, kini mereka sedang menguji emoji reaction yang lebih personal.

Emoji Raction Disesuaikan dengan Penggunaan

Dilansir WABetaInfo, fitur ini ditemukan di WhatsApp beta untuk Android versi 2.24.22.16.

Disebutkan, fitur ini mirip dengan Instagram dan Facebook Messenger, emoji yang kerap kali digunakan pengguna akan muncul paling atas saat memberikan reaksi pada pesan. 

Sebelumnya, fitur ini pertama kali terpantau dalam pengembangan pada versi 2.24.21.15 di awal Oktober lalu.

Akses Emoji Favorit Lebih Gampng

Biasanya, WhatsApp menyediakan enam emoji default untuk reaksi, diantaranya 👍, ❤️, 😂, 😮, 😢, dan 🙏. Namun, dengan pembaruan ini, tujuh emoji yang paling sering digunakan akan muncul di bagian atas daftar.

Dikutip dari Android Police, Sabtu (26/10/2024), pengguna juga bisa menggeser layar ke kiri untuk melihat emoji lain yang tidak ada di opsi teratas. Tombol “+” tetap tersedia bagi mereka yang ingin mengakses daftar emoji lengkap.

Pembaruan Lain: Video Autoplay di Channels dan Status Mentions

Selain emoji reaction yang lebih personal, aplikasi chatting milik Meta ini juga menambahkan fitur video autoplay khusus untuk channels.

Tidak hanya itu, fitur mention yang memungkinkan pengguna menyebut teman langsung di Status WhatsApp juga sudah mulai dikembangkan sejak awal Oktober 2024. 

Saat ini, fitur-fitur baru tersebut masih dalam tahap uji coba di versi beta dan akan diluncurkan secara bertahap ke lebih banyak pengguna. Namun, belum ada informasi kapan pembaruan ini akan hadir di aplikasi WhatsApp versi stabil. 


WhatsApp Hadirkan Fitur Berbagi Musik Populer dari Instagram

Ilustrasi WhatsApp (Image by iGlobalWeb from Pixabay)

Sebelumnya, dalam waktu dekat, WhatsApp akan memperkenalkan salah satu fitur favorit pengguna Instagram yaitu berbagi musik dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. 

Menurut WabetaInfo, WhatsApp, salah satu aplikasi pesan paling banyak digunakan di dunia ini akan mendapatkan pembaruan yang ditunggu-tunggu, yaitu berbagi musik di status.

Mengutip Gizchina, Kamis (24/10/2024), fitur ini sudah populer di Instagram Stories dan baru-baru ini terlihat dalam versi beta WhatsApp untuk Android. Artinya, fitur ini akan segera tersedia untuk semua pengguna.

Dengan fitur baru ini, pengguna bisa menambahkan musik ke status mereka, sehingga pesan yang dibagikan menjadi lebih hidup. Akan ada tombol Musik baru di layar berbagi status.

Pengguna cukup mengklik tombol tersebut, mencari lagu atau artis favorit mereka, dan menambahkan lagu yang diinginkan ke status mereka.

Cara Kerja Fitur Ini

Berikut gambaran singkat tentang apa yang bisa diharapkan pengguna dari fitur berbagi musik:

  • Cari lagu dan Artis: Pengguna akan memiliki akses ke perpustakaan musik di mana mereka bisa dengan cepat menemukan lagu atau artis favorit.
  • Tambahkan Musik ke Status: Setelah memilih lagu, lagu tersebut akan ditambahkan ke status pengguna, memberikan cara yang lebih kreatif untuk berkomunikasi.
  • Buat Postingan Lebih Interaktif: Dengan adanya musik di status, postingan akan menjadi lebih menyenangkan dan menarik bagi teman dan pengikut.

Fitur ini akan memanfaatkan perpustakaan musik besar milik Instagram, memberi pengguna WhatsApp banyak pilihan lagu. Langkah ini tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna tetapi juga mendekatkan ekosistem aplikasi milik Meta.  

Fitur berbagi musik ini adalah langkah penting dalam rencana Meta untuk menghubungkan aplikasi-aplikasinya dengan lebih baik. 

Dengan menghadirkan opsi musik populer dari Instagram ke WhatsApp, perusahaan ini menawarkan cara baru bagi pengguna untuk mengekspresikan diri dan tetap terhubung dengan teman-teman.  

 


WhatsApp Tambah Fitur Custom Filter: Cari Chat Penting Jadi Lebih Cepat

Ilustrasi tampilan WhatsApp. (Sumber foto: Pexels.com)

Pada Oktober 2024, WhatsApp diketahui memang cukup rajin menghadirkan sejumlah update. Ada fitur filter dan background video call, 22 tema chat di versi beta hingga kontrol playback video dengan penyesuaian kecepatan yang saat ini hanya ada di iOS. 

Kini dari laporan terbaru, WhatsApp sedang mengembangkan fitur yang membuat pengguna bisa membuat custom list untuk filter chat. Ini akan mempermudah pengguna mencari percakapan penting

Dikutip dari Android Police, Senin (21/10/2024), fitur ini pertama kali muncul Agustus lalu dan kini sudah mulai dirilis ke beberapa pengguna beta. Selama ini, aplikasi milik Meta itu punya filter bawaan seperti Unread, Favorites, dan Groups.

Di samping filter bawaan, ada ikon plus (+) untuk membuat daftar baru. Nanti, WhatsApp bakal otomatis menampilkan custom filter di bagian atas layar chat sesuai nama daftar yang dibuat pengguna.  

Fitur ini disebut cocok sekali untuk pengguna yang kerap berbincang dengan banyak orang dan butuh mencari chat pentnig tanpa perlu menggeser layar ke bawah. 

Daftar ini sepenuhnya privat. Jadi, kontak lain yang ditambahkan pengguna aplikasi chatting ini tidak akan mendapatkan notifikasi atau mengetahui kalau mereka masuk dalam daftar. 

Selain itu, pengguna WhatsApp bisa membuat hingga 20 daftar. Kemudian, tiap list bisa diubah, mulai dari urutan di layar, nama, termasuk kontak yang ada di dalamnya. 

Untuk pebisnis, fitur ini juga akan hadir di WhatsApp Business. Karenanya, mereka bisa membuat daftar spesifik untuk berbagai kategori pelangan, seperti komplain, pesanan yang masih pending, atau janji temu.

Fitur list dan filter ini sedang digulirkan secara bertahap di WhatsApp beta. Namun, belum jelas kapan akan dirilis untuk semua pengguna. 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya