Disdik Jakarta Dalami Kasus Dugaan Pencabulan Guru ke Siswi di SDN Grogol Utara

Disdik Jakarta telah menyiapkan prosedur perlindungan terhadap anak yang menjadi korban.

oleh Winda Nelfira diperbarui 25 Okt 2024, 11:11 WIB
Ilustrasi korban pelecehan seksual pada anak (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta tengah menyelidiki kasus dugaan pencabulan yang dilakukan terduga pelaku D (61) seorang mantan guru SDN 03 Pagi, Grogol Utara, Jakarta Selatan, terhadap muridnya berinisial AD (9).

"Ya, semua itu sedang berproses pendalaman," kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Jakarta, Purwosusilo dalam keterangannya, dikutip Jumat (25/10/2024).

Purwosusilo menjelaskan, Disdik Jakarta telah menyiapkan prosedur perlindungan terhadap anak yang menjadi korban. Dia bilang, prosedur tersebut termasuk cara penyembuhan trauma atau trauma healing bagi korban.

"Jadi prosedurnya gini, siswa itu kalau ada trauma healing, memastikan bahwa dia itu aman secara fisik maupun psikologis," ucap Purwo.

Menurut Purwo, Disdik juga akan bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Jakarta guna membantu pemulihan trauma baik fisik maupun psikis terhadap korban.


DPO

Sebelumnya, Polisi menerbitkan Daftar Pencarian Orang (DPO) terhadap guru les yang diduga mencabuli anak didiknya di Jakarta Selatan. Terduga pelaku atas kasus itu diketahui berinisial D (61).

Kasie Humas Polres Metro Jakarta Selatan AKP Nurma Dewi mengatakan, terduga pelaku merupakan pengajar di SDN 03 Pagi, Grogol Utara, Jakarta Selatan.

"Kejadian tanggal 23 (Februari 2023), kemudian dilaporkan tanggal 24 Februari 2023 oleh orang tuanya inisial AP. Inisial anak korban AD (9). Kelas tiga SD. Pelakunya inisial D gurunya sendiri," kata Nurma kepada wartawan di Jakarta, Rabu (23/10).

 


Minta Bantuan Masyarakat

Penerbitan DPO oleh Polres Metro Jakarta Selatan ini, setelah D ditetapkan sebagai tersangka pada Maret 2023 silam. Penyidik melakukan pemanggilan dan mencari hingga sampai ini belum ditemukan.

"Mohon bantuannya mudah-mudahan untuk pelaku yang melakukan hal yang tidak baik ini segera dapat ditangkap, kemudian jika ada informasi silakan ke Polres Jaksel atau menelepon 110 gratis untuk menelepon ke Polres Metro Jaksel," ujarnya.

Infografis: Rasa Berkuasa Pendidik Berujung Pelecehan Seksual (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya