Oppo Find X8 Series Resmi Meluncur dengan Kamera Gahar, Siap Rilis di Indonesia

Oppo Find X8 dan Find X8 Pro adalah smartphone Android terbaru dengan spesifikasi tinggi, termasuk kamera 50MP, layar LTPO, dan chipset Dimensity 9400.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 25 Okt 2024, 14:00 WIB
Tampilan Oppo Find X8 Pro yang baru saja resmi diperkenalkan di China. (Dok: Oppo)

Liputan6.com, Jakarta - Oppo resmi mengumumkan kehadiran HP flagship terbarunya yakni Find X8 dan Find X8 Pro dalam event yang digelar di China. Keduanya menawarkan spesifikasi yang mumpuni, terutama dari sisi fotografi.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Jumat (25/10/2024), Oppo Find X8 hadir dengan layar datar OLED LTPO berukuran 6,59 inci. Layar ini memiliki resolusi FHD+ dan refresh rate hingga 120Hz.

Sementara Find X8 Pro menawarkan ukuran layar lebih besar yakni 6,78 inci, tapi memiliki resolusi dan refresh rate yang sama dengan varian biasa.

Kedua panel layar Oppo Find X8 Series memiliki tingkat kecerahan optimal hingga 1.600 nits. Di bagian depan layar, Oppo membenamkan kamera depan 32MP dan pemindai sidik jari optikal.

Beralih ke fotografi, Find X8 hadir dengan lensa utama 50MP yang memakai sensor Sony LYT-7000 dan OIS. Lensa itu dipadukan dengan lensa ultrawide 50MP dan lensa periscope 3x yang memakai sensor Sony IMX882.

Sementara Find X8 Pro menawarkan lensa utama 50MP dengan sensor Sony LYT-808, lensa periscope 50MP 6x, serta lensa lain yang masih sama dengan versi reguler.

Oppo Find X8 Series juga dibekali dengan Oppo HyperTone. Teknologi ini menggabungkan 9 bingkai RAW ke dalam setiap foto untuk menghasilkan gambar yang jernih dan memiliki dynamic range yang apik, serta mengurangi noise.

Yang menarik, Oppo turut menyematkan tombol kamera khusus di Find X8 Pro. Diberi nama Quick Button, tombol ini berfungsi sebagai akses cepat ke aplikasi kamera, termasuk menjadi shutter kamera.

 


Chipset Oppo Find X8 Series

Tampilan Oppo Find X8 yang baru saja diperkenalkan di China. (Dok: Oppo)

Find X8 Series menjadi HP Oppo pertama yang meluncur dengan chipset Dimensity 9400. Chipset tersebut dipasangkan dengan sistem pendingin baru yang terdiri dari graphite layer, vapor chamber, serta thermal conductive gell.

Kedua smartphone ini sudah menjalankan ColorOS 15 yang menawarkan beragam fitur AI di dalamnya. Sebagai penopang performanya, Find X8 dibekali baterai berkapasitas 5.630mAh dan Find X8 Pro memiliki baterai 5.910mAh.

Kedua HP Oppo terbaru itu sudah mendukung fast charging 80W dengan kabel dan 50W wireless charging. Sebagai perlindungan tambahan, lini Oppo Find X8 telah mendapatkan sertifikasi IP69.

Saat ini, kedua smartphone memang baru diperkenalkan secara resmi di China. Namun dalam waktu dekat, lini Oppo Find X8 juga dipastikan akan menyambangi pasar Indonesia.


Oppo Find X8 Series Resmi Masuk Indonesia! Siap Jadi Penerus Tahta Find X7 Ultra

Oppo Find X7 Ultra. (Dok: Oppo Indonesia)

Sebelumnya, Oppo Indonesia telah mengonfirmasi kehadiran HP flagship terbaru besutan mereka di Tanah Air yakni Oppo Find X8 Series.

Kepastian ini disebut merupakan jawaban untuk penantian konsumen pada Oppo Find X yang telah absen di Indonesia selama dua tahun.

Kepastian Oppo Find X8 Series ditunjukkan dengan sudah terdaftarnya perangkat itu di situs sertifikasi Postel, serta sudah berhasil lolos uji TKDN dengan nilai 36,65 persen.

Ada dua nomor model yang sudah didaftarkan Oppo Indonesia yakni CPH2651 dan CPH2659. Masing-masing telah dipastikan sebagai Oppo Find X8 dan Oppo Find X8 Pro.

"Kami sangat senang membawa kembali flagship Find X Series ke Indonesia. Setelah dua tahun absen, Oppo Find X8 Series kami yakin akan memenuhi ekspektasi dengan performa, kamera, dan inovasi terbaik," tutur Chief Marketing Officer Oppo Indonesia Patrick Owen dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (18/10/2024).

 


Sempat Absen 2 Tahun

Oppo Find X7 Ultra (Oppo)

Untuk informasi, lini Oppo Find X sempat absen selama dua tahun di Indonesia. Padahal, seri ini dikenal sebagai menawarkan kemampuan kamera yang mengagumkan.

Sebagai contoh, Find X7 Ultra berhasil mencatatkan skor kamera 157 poin di DxOMark menjadikannya smartphone dengan kamera terbaik pada masanya.

Dengan rekam jejak tersebut, ekspektasi terhadap Find X8 Series pun semakin tinggi. Rencananya, HP Oppo ini akan memulai debut global di Tiongkok pada Oktober 2024, dan akan segera meluncur di Indonesia.

Kehadiran perangkat ini juga akan makin memperkuat posisi Oppo di segmen smartphone premium, sekaligus menjawab permintaan pasar yang menginginkan perangkat flagship berkualitas tinggi. 

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya