Bakal Dibuka Lagi Akhir 2024, Katedral Notre Dame Prancis Terapkan Tiket Masuk Berbayar?

Menteri Kebudayaan Perancis, Rachida Dati, mengusulkan biaya masuk untuk mengunjungi Notre-Dame setelah katedral tersebut dibuka kembali pada bulan Desember, dengan tujuan untuk mengumpulkan dana bagi pelestarian warisan keagamaan di seluruh negara.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 25 Okt 2024, 13:00 WIB
Pandangan umum dari Katedral Notre Dame tercermin di sungai Seine pada malam hari selama penerapan lockdown atau penguncian wilayah di Paris, 23 April 2020. Pandemi corona COVID-19 membuat Prancis menerapkan lockdown. (Ludovic MARIN / AFP)

 

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kebudayaan Prancis, Rachida Dati, mengusulkan penerapan tiket masuk berbayar untuk para pengunjungi Katedral Notre-Dame ketika tempat bersejarah tersebut dibuka kembali pada Desember 2024. Penarikan biaya itu bertujuan untuk mengumpulkan dana bagi pelestarian warisan keagamaan negara tersebut.

Interior bertingkat dengan langit-langit yang menjulang tinggi, jendela kaca berwarna yang rumit, dan organ kelas dunia, siap menyambut pengunjung sekali lagi setelah ditutup total akibat kebakaran hebat pada April 2019. Dati mengusulkan agar setiap wisatawan yang datang membayar tiket masuk sebesar lima euro (sekitar Rp84 ribu).

Dengan jumlah tersebut, pihak katedral diharapkan bisa mengumpulkan sekitar 75 juta euro (sekitar Rp1,3 triliun) per tahun untuk membantu memulihkan bangunan keagamaan Prancis yang runtuh. Dati yakin Notre-Dame dapat menjadi model bagi upaya pelestarian negaranya.

"Di seluruh Eropa, pengunjung membayar untuk mengakses situs keagamaan paling menakjubkan. Dengan lima euro per pengunjung di Notre Dame, kita bisa menyelamatkan gereja-gereja di seluruh Prancis. Itu akan menjadi simbol yang indah," kata Dati dalam wawancara dengan surat kabar Le Figaro yang diterbitkan Rabu malam, 23 Oktober 2024, dikutip dari AP, Jumat (25/10/2024).

Dana tersebut sangat dibutuhkan Prancis yang menjadi rumah bagi sekitar 42.000 gereja Katolik. Banyak di antara bangunannya berada dalam kondisi rusak. Para ahli memperkirakan satu bangunan keagamaan hilang setiap dua minggu karena kelalaian, kebakaran, atau vandalisme.


Tetap Gratis untuk Layanan Keagamaan

Ayam jago emas baru berisi relik diangkat dengan derek untuk dipasang di puncak menara Katedral Notre Dame sebagai bagian dari rekonstruksi, di pusat kota Paris, Sabtu (16/12/2023). (Thomas SAMSON / AFP)

Sebelum kebakaran, menara ikonis Notre-Dame sudah mengenakan biaya masuk. Pengunjung membayar 8,50 euro untuk menaiki 387 anak tangga dan mendapatkan akses ke pemandangan panorama Paris dan melihat gargoyle katedral yang terkenal dari dekat.

Dati mengatakan di platform sosial X bahwa biaya masuk akan berlaku untuk pengunjung budaya, bukan mereka yang menghadiri misa atau layanan keagamaan lainnya. "Pelayanan keagamaan harus tetap gratis, namun setiap pengunjung budaya harus berkontribusi untuk melestarikan warisan kita," katanya.

Usulan Dati untuk mengenakan biaya masuk katedral secara menyeluruh didukung Menteri Dalam Negeri Prancis Bruno Retailleau. Ia mengatakan, "Jika lima euro dapat menyelamatkan warisan keagamaan kita, maka itu sangat berharga, baik Anda seorang yang beriman atau tidak."

 

Pemerintah Perancis telah meluncurkan beberapa kampanye untuk memerangi krisis kerusakan bangunan keagamaan, termasuk Loto du patrimoine, yang mendanai upaya restorasi. Pada 2022 saja, Kementerian Dalam Negeri menghabiskan 57 juta euro untuk pembangunan warisan keagamaan, dan selama lima tahun terakhir, 280 juta euro telah digunakan untuk memulihkan lebih dari 8.000 situs.

Namun, banyak gereja di pedesaan yang masih menghadapi risiko. Sementara, Notre Dame pernah menjadi salah satu monumen yang paling banyak dikunjungi di dunia, menarik 12 hingga 14 juta pengunjung setiap tahunnya.


Proyek Restorasi Notre Dame

Replika ayam jantan emas diangkat dengan derek ke puncak menara katedral Notre Dame sebagai bagian dari pekerjaan restorasi di Paris, Sabtu (16/12/2023). (Thomas SAMSON / AFP)

Dikutip dari Euro News, Jumat, 8 Desember 2023, rekonstruksi ikon Paris merupakan tugas yang sangat besar. Pembangunan ini dimulai pada 2022, setelah lebih dari dua tahun berupaya membuat monumen tersebut stabil dan cukup aman bagi para pengrajin untuk mulai membangunnya kembali. 

Pihak berwenang telah mengambil keputusan untuk membangun kembali mahakarya seni gotik abad ke-12 tersebut, seperti sebelumnya. Hal ini termasuk menciptakan kembali puncak menara setinggi 96 meter dari abad ke-19 yang dirancang oleh arsitek Eugene Viollet-le-Duc. 

Bagian tengah katedral yang runtuh dalam kebakaran akan muncul kembali di atas monumen pada 2023 sebagai sinyal kuat kebangkitannya. "Kembalinya puncak menara ke langit Paris menurut saya akan menjadi simbol bahwa kita memenangkan pertempuran Notre Dame," kata Jenderal Georgelin, jenderal angkatan darat yang bertanggung jawab atas proyek rekonstruksi.

Diperkirakan 1.000 orang di seluruh Perancis mengerjakan restorasi Notre Dame setiap hari. "Ada banyak karya berbeda yang harus kami capai: kerangka, lukisan, batu, lemari besi, organ, kaca patri, dan sebagainya," jelas Georgelin.


Kebakaran Notre Dame

Api berkobar dari Katedral Notre Dame saat terbakar di Paris, Prancis, Senin (15/4/2019). Pemugaran Notre Dame mencapai tonggak sejarah pada Jumat, 8 Desember 2023: satu tahun hingga katedral membuka kembali pintu besarnya untuk umum. (AP Photo/Thibault Camus, File)

Katedral Katedral Notre Dame berada di jantung kota Paris adalah bangunan bersejarah yang didesain oleh Bishop Maurice pada 1163. Bangunan besar dibuat dengan desain arsitektur gaya gotik.

Beragam patung dan kaca patri yang indah menjadi daya tarik katedral ini. Katedral ini masuk dalam UNESCO World Heritage Site karena keindahannya sebelum kebakaran meruntuhkan atap dan puncak menara katedral itu.

Kebakaran Katedral Notre Dame di Paris terjadi pada Senin, 15 April 2019. Mengutip  kanal Global Liputan6.com, sejumlah media asing melaporkan durasi kebakaran terjadi dalam rentang waktu 12 hingga 15 jam.

Sebanyak 400 petugas pemadam kebakaran bekerja dengan keterampilan dan ketelitiannya menghindari kerusakan lebih lanjut pada bangunan abad pertengahan itu. Sebelumnya, asap tebal terlihat mengepul dari Katedral Notre Dame de Paris, Prancis, lalu api menyebar dengan cepat dan menguasai katedral, termasuk menara lonceng.

Dari video yang beredar, diketahui puncak menara condong ke satu sisi kemudian runtuh ke bagian atap yang terbakar. Segera para petugas pemadam kebakaran menyemprotkan air ke gereja, berusaha memadamkan api.

Hari Museum Internasional

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya