Komunitas Mahasiswa Dukung Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan

Acara dialog publik ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat, khususnya mahasiswa, tentang isu-isu kekerasan yang dihadapi perempuan melalui dukungan komunitas.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 25 Okt 2024, 14:03 WIB
Komunitas Mahasiswa Dukung Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan - dok: ist

Liputan6.com, Jakarta - Membangun kesadaran akan pencegahan kekerasan dan pemberdayaan perempuan merupakan langkah penting dalam menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung.

Untuk itu, acara dialog publik yang diadakan di Tri Bhakti Business School (TBBS) pada 17 Oktober 2024, ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat, khususnya mahasiswa, tentang isu-isu kekerasan yang dihadapi perempuan melalui dukungan komunitas.

Dialog bertajuk "Membangun Kesadaran untuk Pencegahan Kekerasan serta Pemberdayaan Perempuan melalui Dukungan Komunitas" ini diisi oleh narasumber berkompeten dari berbagai instansi, antara lain Ryka Hapsari Putri dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (KEMENDKBUDRISTEK), Dra. Mien Aminah dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A), serta aktivis perempuan Nina Karenina.

Kehadiran mereka memberikan wawasan berharga dan perspektif berbeda tentang isu kekerasan dan pemberdayaan perempuan.

Ryka Hapsari Putri memberikan apresiasi khusus kepada TBBS sebagai kampus pertama di Bekasi yang memiliki SATGAS PPKS.

"Tri Bhakti Business School telah menunjukkan komitmen luar biasa dalam menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung bagi seluruh mahasiswa. Ini adalah langkah yang patut diapresiasi dan diikuti oleh kampus-kampus lain di seluruh Indonesia terutama di bekasi," ujar Ryka, dalam keterangannya, Kamis (24/10/2024).


Berbagi pengalaman dalam pencegahan kekerasan dan pemberdayaan perempuan

Selain itu, acara ini dihadiri oleh banyak mahasiswa yang antusias untuk mendalami topik yang sangat relevan. Diskusi berlangsung interaktif, dengan banyak pertanyaan dari peserta, menandakan betapa pentingnya isu ini bagi generasi muda.

Dialog ini juga menjadi platform untuk berbagi pengalaman dan strategi dalam pencegahan kekerasan serta pemberdayaan perempuan di lingkungan kampus dan komunitas yang lebih luas.

 


Peran komunitas dalam mencegah kekerasan dan dukung pemberdayaan perempuan

Melalui kegiatan ini, diharapkan terbentuk pemahaman yang lebih baik tentang peran komunitas dalam mencegah kekerasan dan mendukung pemberdayaan perempuan. SATGAS PPKS dan BEM TBBS berkomitmen untuk terus menyelenggarakan acara serupa di masa depan, guna menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung bagi semua warga kampus.

Dengan terselenggaranya dialog publik ini, Tri Bhakti Business School menunjukkan komitmennya dalam mendukung pencegahan kekerasan dan pemberdayaan perempuan, sekaligus menjadi contoh bagi institusi pendidikan lain dalam menghadapi isu-isu penting di masyarakat.

Infografis Kasus Kekerasan terhadap Perempuan di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya