Prabowo: Saya Tak Bermaksud Militeristik, Military Way Ditiru Banyak Perusahaan

Prabowo mengatakan, the military way inti dari semua perusahaan adalah disiplin.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 25 Okt 2024, 15:58 WIB
Presiden Prabowo Subianto saat pengarahan di Borobudur Golf dekat Akmil, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024) (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Prabowo Subianto menegaskan agenda Retreat Kabinet Merah Putih yang berisikan latihan serta pengarahan kepada seluruh jajaran menteri dan wakil menteri di Akademi Militer (Akmil) Magelang bukan bermaksud militeristik.

Menurut dia, retreat ini merupakan ‘The Military Way’. Hal ini biasa dilakukan di pemerintahan dan perusahaan-perusahaan untuk menyelaraskan kedisiplinan dan kesetiaan pada bangsa dan negara.

"Saya tidak bermaksud membuat anda militeristik, salah, bukan itu. The military way ditiru oleh banyak pemerintah terutama perusahaan-perusahaan. The military way inti dari semua perusahaan adalah disiplin," jelas Prabowo saat memberikan pengarahan kepada anggota Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang, dikutip dari siaran pers, Jumat (25/10/2024).

Prabowo mengatakan para anggota kabinet tak perlu setia kepadanya. Dia meminta jajaran kabinet setia kepada bangsa san negara.

"Kedua, kesetiaan benar-benar minta saudara tidak setia kepada Prabowo, setia kepada bangsa dan negara Indonesia," ujarnya.

Prabowo juga menyampaikan sejumlah hal penting kepada anggota kabinetnya. Mulai dari, fokus dan komitmen masing-masing kementerian dan lembaga untuk bekerja mengentaskan kemiskinan, makan bergizi gratis, pemberantasan korupsi, swasembada pangan hingga swasembada energi.

"Saya di sini mengangkat sumpah untuk mempertahankan bangsa dan negara, setia kepada bangsa dan negara kita semua," tutur Prabowo

Di akhir pengarahan, Prabowo bersama jajaran anggota Kabinet Merah Putih kompak menutup dengan foto bersama sembari menyemarakkan yel-yel.

“Merah Putih!” ucap serempak Prabowo bersama anggota kabinet.


Latihan

Sebelumnya, Para anggota Kabinet Merah Putih menjalani latihan baris-berbaris di Lapangan Sapta Marga, Akademi Militer Magelang, Jumat (25/10/2024). Mereka dibangunkan sejak pukul 04.00 WIB di tenda masing-masing untuk mengikuti latihan baris-berbaris.

"Para pembantu Presiden Prabowo Subianto sudah dibangunkan sejak pukul 04.00 WIB di tenda masing-masing," kata Kepala Kantor Komunikasi Presiden, Hasan Nasbi kepada wartawan, Jumat (25/10/2024).

Menurut dia, para anggota kabinet sudah berkumpul di Lapangan Sapta Marga, kawasan Akmil Magelang, pukul 05.15 WIB. Presiden RI Prabowo Subianto sendiri menjadi orang pertama yang hadir di lapangan, sebelum para anggota kabinet datang.

"Yang mengagetkan adalah ketika para anggota kabinet tiba di lapangan, Presiden Prabowo Subianto ternyata menjadi orang pertama terlebih dahulu hadir di lapangan. Presiden Prabowo memberikan contoh teladan sebagai pemimpin yang disiplin," tuturnya.

 


Diawali Olahraga

Hasan menjelaskan kegiatan diawali dengan olahraga bersama yang dipimpin oleh para pelatih dari Akmil Magelang. Setelah berolahraga selama sekitar 30 menit, kegiatan dilanjutkan dengan latihan baris-berbaris.

Para Menteri, Wakil Menteri, Kepala Badan, hingga Penasihat Khusus Presiden dibagi ke dalam lima kelompok. Di setiap kelompok, disediakan masing-masing tiga pelatih baris-berbaris.

Presiden Prabowo, Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, serta Panglima TNI dan Kapolri juga turut serta dalam latihan tersebut. Prabowo, Gibran, dan anggota kabinet mengenakan seragam latihan Komponen Cadangan (Komcad).

Adapun Retreat Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang memikiki tema 'Satu Visi Langsung Aksi'. Retreat ini dilakukan selama tiga hari, mulai 25-27 Oktober 2024.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya