Hasan Nasbi Ceritakan Momen Menarik saat Retreat: Makan Menunggu Lonceng Berbunyi

Menurut dia, makan harus menunggu lonceng berbunyi. Prabowo membunyikan lonceng satu kali, lalu semua anggota kabinet menundukkan kepala berdoa.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 25 Okt 2024, 17:48 WIB
Para Menteri Kabinet Merah Putih saat mengikuti Retreat di Akmil, Magelang. (Dok. PCO)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi menceritakan momen menarik dan berkesan saat mengikuti retreat hari pertama Kabinet Merah Putih yang digelar Presiden Prabowo Subianto di Akademi Militer (Akmil) Magelang Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024). Dia mengaku sangat berkesan dengan prosesi makan pagi dan siang yang dipimpin Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming Raka.

"Saya sangat menikmati kebersamaan dan kedisiplinan selama menjalani retreat di Akmil ini. Salah satu yang paling berkesan adalah prosesi makan pagi dan makan siang terpimpin. Mungkin juga nanti makan malam akan dengan prosesi yang sama," kata Hasane Nasbi kepada wartawan, Jumat (25/10/2024).

Dia mengatakan seluruh anggota kabinet sudah berada di tenda makan KS Tubun pada pukul 08.00 WIB. Hasan menyebut prosesi makan pagi dipimpin Prabowo.

"Makan tidak boleh dimulai sendiri-sendiri. Prosesi makan pagi dipimpin oleh Presiden Prabowo Subianto," ujarnya.

Menurut dia, makan harus menunggu lonceng berbunyi. Prabowo membunyikan lonceng satu kali, lalu semua anggota kabinet menundukkan kepala berdoa.

"Setelah hening sejenak, lonceng berbunyi dua kali sebagai pertanda prosesi doa selesai. Lalu, semua anggota kabinet serentak meneriakkan "selamat makan"," jelas Hasan.

"Tidak hanya makan yang dimulai bersamaan, Tapi berakhirnya pun harus di saat yang bersamaan. Ketika lonceng berbunyi sekali, semua berhenti dan berdoa setelah makan. Lalu lonceng berbunyi dua kali sebagai tanda akhir dari doa, dan semuanya meneriakkan "terima kasih"," sambung dia.

Hasan menurkan makan siang juga melewati prosesi yang sama dan dipimpin oleh Wapres Gibran Rakabuming Raka. Dia menilai prosesi ini bertujuan melatih keteraturan dan kedispilinan anggota kabinet Merah Putih.

"Mungkin terkesan sepele, tapi bagi saya ini bagian dari keteraturan dan kedisiplinan yang diajarkan di sini. Salah satu dari banyak hal tentang kebersamaan dan kedisplinan yang diajarkan kepada taruna-taruna calon patriot bangsa," jelas dia.


Dibangunkan Pukul 04.00 WIB

Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka menghadiri retreat hari pertama Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Jumat. (Dok: PCO)

Para anggota Kabinet Merah Putih menjalani latihan baris-berbaris di Lapangan Sapta Marga, Akademi Militer Magelang, Jumat (25/10/2024). Mereka dibangunkan sejak pukul 04.00 WIB di tenda masing-masing untuk mengikuti latihan baris-berbaris.

"Para pembantu Presiden Prabowo Subianto sudah dibangunkan sejak pukul 04.00 WIB di tenda masing-masing," kata Kepala Kantor Komunikasi Presiden, Hasan Nasbi kepada wartawan, Jumat (25/10/2024).

Menurut dia, para anggota kabinet sudah berkumpul di Lapangan Sapta Marga, kawasan Akmil Magelang, pukul 05.15 WIB. Presiden RI Prabowo Subianto sendiri menjadi orang pertama yang hadir di lapangan, sebelum para anggota kabinet datang.

"Yang mengagetkan adalah ketika para anggota kabinet tiba di lapangan, Presiden Prabowo Subianto ternyata menjadi orang pertama terlebih dahulu hadir di lapangan. Presiden Prabowo memberikan contoh teladan sebagai pemimpin yang disiplin," tuturnya.

Hasan menjelaskan kegiatan diawali dengan olahraga bersama yang dipimpin oleh para pelatih dari Akmil Magelang. Setelah berolahraga selama sekitar 30 menit, kegiatan dilanjutkan dengan latihan baris-berbaris.

Para Menteri, Wakil Menteri, Kepala Badan, hingga Penasihat Khusus Presiden dibagi ke dalam lima kelompok. Di setiap kelompok, disediakan masing-masing tiga pelatih baris-berbaris.

Presiden Prabowo, Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, serta Panglima TNI dan Kapolri juga turut serta dalam latihan tersebut. Prabowo, Gibran, dan anggota kabinet mengenakan seragam latihan Komponen Cadangan (Komcad).

Adapun Retreat Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang memiliki tema 'Satu Visi Langsung Aksi'. Retreat ini dilakukan selama tiga hari, mulai 25-27 Oktober 2024


Infografis

Infografis Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Diubah Jadi Makan Bergizi Gratis. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya