Semua Tentang Produk Halal, Ada di SiBakul Halal Fest 2024

SiBakul Halal Fest 2024 dirancang sebagai platform bagi para pelaku UMKM menampilkan produk halal berkualitas.

oleh Kukuh Setyono diperbarui 26 Okt 2024, 18:00 WIB
Pengunjung berinteraksi saat pembukaan SiBakul Halal Fest 2024 di JEC DIY, Kamis (24/10/2024). (Dok Dinas Koperasi)

Liputan6.com, DIY - Berlangsung sampai Minggu (27/10/2024), ajang SiBakul Halal Fest 2024 di Jogja Expo Center (JEC) Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta bakal memperkenalkan semua seluk beluk produk halal. Ajang ini sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya produk halal.

SiBakul Halal Fest 2024 dihadirkan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) DIY. Dibuka sejak Kamis (24/10/2024), SiBakul Halal Fest 2024 dirancang sebagai platform bagi para pelaku UMKM menampilkan produk halal berkualitas.

Pelaksana harian Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Wisnu Hermawan menyatakan ajang besar ini sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya produk halal.

“Tak hanya menjadi ajang promosi, tetapi juga wadah edukasi bagi masyarakat mengenai keunggulan dan manfaat produk halal. Ini untuk menciptakan ekosistem yang berkelanjutan dan ramah bagi pelaku usaha,” ujarnya.

Selain ruang pamer bagi produk-produk makanan, minuman, hingga kerajinan tangan halal lokal yang inovatif. Diantara 350 peserta pameran juga terdapat stan Asosiasi UMKM DIY, Lembaga Pendamping Halal, Lembaga Sertifikasi Halal, Lembaga Konsultan Halal, dan stakeholder terkait kehalalan produk.

Wisnu menyebut Sibakul Halal Fest berdampak positif bagi pengembangan ekonomi lokal melalui promosi dan penyatuan ekosistem halal. Dinas Koperasi dan UKM DIY berkomitmen menciptakan ekosistem halal yang berkelanjutan dan ramah bagi pelaku usaha.

“Kami terus mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif di DIY. SiBakul Halal Fest 2024, adalah perayaan produk halal dan kontribusi UMKM dalam perekonomian daerah. Pelaku UMKM diharapkan tumbuh dan berkembang melalui produk-produk halal yang berkualitas," kata Wisnu.

Melalui seminar dan workshop yang melibatkan berbagai narasumber ahli di bidang UMKM dan halal. Para pelaku UMKM yang belum bersertifikat dapat bertanya dan mendaftarkan sertifikasi halal.

Di pembukaan, juga diselenggarakan pengajian yang diisi Ustadz Ransi Al-Indragiri dengan tujuan memberikan pencerahan dan pemahaman mendalam mengenai prinsip-prinsip halal dalam bisnis dan kehidupan sehari-hari.

Kehadiran Ustadz Ransi diharapkan dapat memberikan motivasi kepada para peserta untuk lebih mencintai produk lokal yang sesuai dengan syariat Islam.

Pada Sabtu 26 Oktober akan dilaksanakan SiBakul Bersholawat bersama Habib Sayyidi Baraqbah. Rangkaian acara akan ditutup dengan hiburan artis nasional Letto, Minggu sore.

SiBakul adalah singkatan dari Sistem Informasi Pembinaan Koperasi dan UKM Daerah Istimewa Yogyakarta. SiBakul Jogja merupakan program digitalisasi yang bertujuan untuk memberdayakan UMKM dan koperasi di Yogyakarta.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya