Kocak, Gus Baha akan Cari Malaikat yang Protes saat Allah Menciptakan Nabi Adam AS

Malaikat protes ketika Allah SWT menciptakan Nabi Adam AS. Malaikat itu akan dicari Gus Baha kelak di Akhirat

oleh Liputan6.com diperbarui 26 Okt 2024, 01:30 WIB
Gus Baha (Tangkap layar YouTube Kumparan Dakwah)

Liputan6.com, Cilacap - Kisah masyhur seputar malaikat yang men-somasi Allah SWT terkait penciptaan Nabi Adam AS erat kaitannya dengan sirrul qadar (rahasia ketetapan Allah).

Oleh sebab itu, terkait penciptaan Nabi Adam AS yang merupakan salah satu dari sekian banyak sirrul qadar Allah SWT, mengundang protes malaikat.

Hal ini sebagaimana dijelaskan Allah SWT dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 30 sebagai berikut:

وَاِذۡ قَالَ رَبُّكَ لِلۡمَلٰٓٮِٕكَةِ اِنِّىۡ جَاعِلٌ فِى الۡاَرۡضِ خَلِيۡفَةً ؕ قَالُوۡٓا اَتَجۡعَلُ فِيۡهَا مَنۡ يُّفۡسِدُ فِيۡهَا وَيَسۡفِكُ الدِّمَآءَۚ وَنَحۡنُ نُسَبِّحُ بِحَمۡدِكَ وَنُقَدِّسُ لَـكَ‌ؕ قَالَ اِنِّىۡٓ اَعۡلَمُ مَا لَا تَعۡلَمُوۡنَ

Artinya: Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: "Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami Senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui." ( QS Al-Baqarah : 30).

Terkait protes malaikat kepada Allah SWT, KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) bilang dirinya berkeinginan mencari malaikat tersebut di akhirat untuk menanggapi somasi malaikat tersebut.

 

Simak Video Pilihan Ini:


Tak Paham Sirrul Qadar Sebaiknya Lakukan Ini

KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha. (SS TikTok)

Banyak sekali hal-hal yang berkaitan dengan sirrul qadar yang kita lihat atau bahkan kita sendiri merasakannya. Saat mengalami sirrul qadar, Gus baha menjelaskan amalan yang baik untuk dilakukan yakni membaca tasbih.

Beliau juga wanti-wanti agar tidak bersikap kritis saat mengalami sirrul qadar, sebab logika kita tidak akan sampai justru saat kita kritis dalam menanggapi hal tersebut terkategori sebagai manusia yang buruk. 

“Kalau kamu tidak faham sirrul qadar, tidak faham rahasia Allah yang penting baca tasbih, subhanallah wabihamdih ‘adada khalqih wa ridlo nafsih wazinaata ‘arsihi,” terangnya dikutip dari tayangan YouTube Short @dakwatunatv3710, Jumat (25/10/2024).

“Jangan kalau tidak paham kemudian menjadi orang kritis, itu kriminal dalam hubungannya dengan Allah,” tegasnya.


Cari Malaikat yang Protes karena Allah Menciptakan Nabi Adam AS

nama nama malaikat ©Ilustrasi dibuat Stable Diffusion

Gus Baha mencontohkan salah satu dari sekian banyak sirrul qadar yang jangankan manusia, malaikat saja tidak mengetahui kehendak Allah SWT. Sirrul qadar yang dimaksud ialah terkait penciptaan Nabi Adam AS yang mengundang protes malaikat.

“Saya beri contoh Allah itu pernah disomasi Malaikat ketika bikin Nabi Adam AS,” tuturnya.

Menanggapi protes malaikat itu, Gus Baha berkelakar bahwa nanti ketika dirinya di akhirat akan mencari malaikat tersebut.

“Saya nanti kalau diakhirat mau cari malaikat ini, yang pernah mensomasi ini, tak cari,” tandasnya.

Penulis: Khazim Mahrur/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya