Mancaliak Masajik Tuo di Padang Panjang Nan Umuanyo Labiah dari 300 Tahun

Masajik ko dahulunyo dikenal jo namo Surau Gadang, didirikan pado tahun 1685 dek komunitas dari ampek nagari.

oleh Novia Harlina diperbarui 28 Okt 2024, 01:00 WIB
Masjid Asasi Padang Panjang. (Liputan6.com/ ist)

Liputan6.com, Padang Panjang - Masajik Asasi di Kelurahan Sigando, Kecamatan Padang Panjang Timur, dikenal sabagai masajik paliang tuo di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat.

Masajik ko dahulunyo dikenal jo namo Surau Gadang, didirikan pado tahun 1685 dek komunitas dari ampek nagari, yaitu Gunuang, Paninjauan, Jaho, jo Tambangan. Pado tahun 1702, Surau Gadang ko resmi diubah namonyo jadi Masjid Asasi.

Salamo batahun-tahun, satiok hari Jumaik, urang dari ampek nagari ko bakumpua di Masajik Asasi. Namun, sairiang waktu, ado masajik-masajik baru didirikaan di tiap-tiap nagari itu, mambuek Nagari Gunuang kini punyo ampek masjid, yaitu Masjid Taqwa Ngalau, Masjid Nurul Huda Ganting, Masjid Nurul Iman Ekor Lubuk, jo tantunyo Masjid Asasi.

Ampek masajik ko barado di bawah pengawasan Tuanku Ampek Jurai, nan tugasnyo sabagai majelis ulama di daerah ko.

Masajik Asasi punyo struktur nan unik, ado sambilan tiang utamo, tamasuak ciek tiang nan disabuik tiang tonggak macu (tiang sokoguru) jo salapan tiang lain nan adi di kaliliang tiang utamo.

Tiang-tiang ko masih asli dari pertamo dibuek, jo ukiran-ukiran dari surau nan dulu masih tampak sampai kini.

"Bangunan Masajik Asasi punyo ukiran nan manandokan tigo aliran yaitu Hindu, Cina, jo Minangkabau," kato Azhar Nur, salah satu tokoh sepuh Masajik Asasi, dikutip dari infopublik.id.

Pado tahun 1925, ado perubahan pado ukiran masajik ko dek Pakiah Tailan dari Nagari Paninjauan. Tapi, ukiran asli nan warnanyo kemerahan masih bisa dicaliak, jo duo tingkek ukiran dari tanah liek.

Dulu, Masajik Asasi ko atoknyo ijuak, tapi sabalum tahun 1900, atoknyo diganti jo seng barundak tigo tingkek babantuak limas nan mamudahkan aliran aia hujan.

Selain itu, masajik ko juo punyo menara untuak adzan, nan dulu dibuek dari seng plat nan bafungsi sabagai pangarehan suaro.

Masajik Asasi ko jugo berkaitan jo sejarah perkembangan ajaran Islam di Nagari Gunuang dek Syekh Sultan Ishak atau Tuanku Daulat, nan dikenal mulai manyebarkan ajaran Islam di akhir abad ka-17.

Makamnyo, Pusaro Gadang, masih acok dikunjungi ziarah dari baragam nagari di Minangkabau, tarutamo pas bulan Maulid jo musim haji.

Pendirian Masajik Asasi ado hubungan erat jo sumber aia utamo di Sigando, nan dikenal jo namo Bulaan, nan babantuak kolam baukuran 8 x 10 m.

Masajik Asasi bukan cuma sakadar tempat ibadah, tapi juo ado sebagai simbol penting dari warisan budaya jo sejarah di Sumatera.

 

Berita ini menggunakan Bahasa Minang, Sumatra Barat. Tulisan ini sebagai apresiasi Liputan6.com dalam memeringati Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Menghargai keberagaman bahasa, tetapi tetap menjunjung bahasa persatuan, Indonesia.


Menilik Sejarah Masjid Tertua di Padang Panjang Berusia Lebih dari 300 Tahun

Masjid Asasi di Kelurahan Sigando, Kecamatan Padang Panjang Timur, dikenal sebagai masjid tertua di Kota Padang Panjang Sumatera Barat.

Dikenal awalnya sebagai Surau Gadang, masjid ini didirikan pada 1685 oleh komunitas dari empat nagari yaitu Gunuang, Paninjauan, Jaho, dan Tambangan. Pada 1702, Surau Gadang resmi diubah menjadi Masjid Asasi.

Selama bertahun-tahun, setiap Jumat, penduduk dari empat nagari ini berkumpul di Masjid Asasi. Namun, seiring waktu, masjid-masjid baru dibangun di masing-masing nagari, menjadikan Nagari Gunuang memiliki empat masjid yakni Masjid Taqwa Ngalau, Masjid Nurul Huda Ganting, Masjid Nurul Iman Ekor Lubuk, dan tentunya Masjid Asasi.

Keempat masjid ini berada di bawah pengawasan Tuanku Ampek Jurai, yang berperan sebagai majelis ulama setempat.

Masjid Asasi memiliki struktur yang unik dengan sembilan tiang utama, termasuk satu tiang tonggak macu (tiang sokoguru) dan delapan tiang lainnya mengelilinginya. Tiang-tiang ini masih asli sejak dibangun, dan pahatan-pahatan dari surau sebelumnya masih terlihat hingga kini.

"Bangunan Masjid Asasi ini memiliki ukiran yang mencerminkan tiga aliran berbeda: Hindu, Cina, dan Minangkabau," kata Azhar Nur, tokoh sepuh Masjid Asasi dikuti dari infopublik.id.

Pada 1925, ukiran masjid mengalami perubahan oleh Pakiah Tailan dari Nagari Paninjauan. Meski demikian, ukiran asli yang berwarna kemerahan masih bisa ditemukan, dengan dua tingkat ukiran dari tanah liat yang bukan cat biasa.

Dahulu, Masjid Asasi beratapkan ijuk, namun sebelum tahun 1900, atapnya diganti dengan seng berundak tiga tingkat berbentuk limas yang memudahkan aliran air hujan.

Selain itu, masjid ini juga memiliki menara untuk azan, yang dulunya terbuat dari seng plat dan berfungsi sebelum adanya pengeras suara modern.

Masjid Asasi juga terkait dengan sejarah pengembangan ajaran Islam di Nagari Gunuang oleh Syekh Sultan Ishak atau Tuanku Daulat, yang dikenal mulai menyebarkan ajaran Islam pada akhir abad ke-17.

Makamnya, Pusaro Gadang, masih sering dikunjungi peziarah dari berbagai nagari di Minangkabau, terutama selama bulan Maulid dan Haji.

Pendirian Masjid Asasi berhubungan erat dengan sumber mata air utama di Sigando, dikenal sebagai “Bulaan,” yang berbentuk kolam dengan ukuran 8 x 10 m dan mata airnya ditutup kayu jati yang kini telah memfosil.

Masjid Asasi bukan hanya sebuah tempat ibadah, tetapi juga merupakan simbol penting warisan budaya dan sejarah di Sumatera.

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya