Wanita Ini Cetak Rekor Dunia Makan Nasi Sebutir Demi Sebutir, Unik!

Makan nasi pakai sumpit bisa jadi rekor dunia lho!

oleh Ibrahim Hasan diperbarui 26 Okt 2024, 13:00 WIB
Wanita Ini Cetak Rekor Dunia Makan Nasi Sebutir Demi Sebutir (Sumber: UPI)

Liputan6.com, Jakarta Orang zaman dulu belum mengenal alat makan seperti saat ini. Namun kini, berbagai perlengkapan makan seperti sendok, pisau, hingga sumpit menjadi bagian dari tradisi dan budaya makan yang unik di seluruh dunia. Bahkan, cara makan dengan alat tertentu bisa jadi rekor dunia, seperti yang dilakukan seorang wanita dari Bangladesh yang mencetak rekor dunia unik dalam makan nasi.

Di Bangladesh, Sumaiya Khan, wanita berusia 24 tahun, berhasil memecahkan rekor dunia dengan cara yang unik. Menggunakan sumpit, Khan memakan nasi sebutir demi sebutir dan mencatatkan 37 butir nasi dalam satu menit. 

Rekor tersebut tidak hanya menonjolkan tradisi makan nasi yang sudah melekat di budaya Bangladesh, tetapi juga keterampilannya dalam menggunakan sumpit. Tanpa ragu, Khan menerima tantangan tersebut dan berhasil melampaui rekor sebelumnya, yakni 27 butir nasi dalam satu menit.

Awalnya, Khan hanya menganggapnya ide biasa, namun kemudian ia merasa tertantang untuk mencoba. Ternyata, tantangan itu membuatnya berhasil menorehkan rekor dunia dan membawa namanya dikenal luas. Berikut selengkapnya Liputan6.com mengulas rekor dunia unik ini melansir dari UPI, Sabtu (25/10/2024). 


Perasaan Raih Rekor Dunia Makan Nasi Pakai Sumpit

Wanita Ini Cetak Rekor Dunia Makan Nasi Sebutir Demi Sebutir (Sumber: UPI)

Sumaiya Khan adalah wanita yang berhasil mencatatkan rekor unik makan nasi dengan sumpit, butir demi butir. Dengan kecepatan yang luar biasa, Khan memakan 37 butir nasi dalam satu menit, melewati rekor sebelumnya sebanyak 27 butir. Guinness World Records mencatat rekor ini sebagai pencapaian unik yang jarang dilakukan dalam sejarah.

Khan mengungkapkan bahwa kebiasaannya menggunakan sumpit berawal dari kecintaannya pada ramen dan budaya Korea. 

"Dulu saya suka sekali ramen, saya terobsesi dengan ramen dan mencintai budaya Korea," ujarnya, menjelaskan bagaimana sumpit menjadi alat makan yang digunakannya sehari-hari.  

Prestasi ini membawa kebanggaan bagi Khan dan orang-orang di sekitarnya. Dengan perasaan seperti mimpi, Khan mengaku sangat bangga dan terhormat bisa dikenal dunia berkat kemampuannya yang terasah secara unik. Baginya, membawa nama ke panggung internasional adalah sebuah pengalaman luar biasa yang membuatnya bersyukur dan bangga atas pencapaian tersebut.


Rekor Dunia Tentang Makanan

Koki Hilda Baci memasak untuk membuat rekor dunia Guinness baru untuk "maraton memasak terlama", memasak selama 97 jam, di Lagos, Nigeria pada Kamis, 11 Mei 2023. Seorang koki Nigeria pada Senin, 15 Mei 2023, melanjutkan usahanya untuk menetapkan rekor global baru untuk jam memasak nonstop terlama setelah melampaui rekor saat ini yaitu 87 jam dan 45 menit. Pada pukul 15:00 GMT pada Senin, Hilda Baci telah memasak selama lebih dari 97 jam, menjadi sensasi nasional dan menyemangati banyak orang di pusat komersial Nigeria di Lagos tempat dapurnya berada. (AP Photo/Sunday Alamba)

Bukan hanya makan nasi, Guinness World Records mencatat berbagai rekor unik dalam dunia makanan. Salah satu yang cukup mencuri perhatian adalah rekor memasak tanpa henti yang dicetak seorang koki Nigeria, Hilda Baci. Baci memasak selama 100 jam tanpa henti, mengalahkan rekor sebelumnya yang berada di angka 87 jam 45 menit.

Baci menjadi sensasi nasional di Nigeria, di mana ribuan orang menyaksikan aksinya dengan antusias. Guinness World Records pun mengumumkan akan melakukan tinjauan untuk memastikan semua proses mematuhi standar rekor dunia. 

"Kami perlu meninjau semua bukti terlebih dahulu sebelum secara resmi mengonfirmasi sebuah rekor," ungkap Guinness.

Kisah Baci dan Khan menunjukkan betapa beragamnya rekor yang bisa dicetak dalam dunia makanan. Dari makan nasi dengan sumpit hingga memasak tanpa henti, rekor-rekor ini mencerminkan keunikan budaya kuliner dan kemampuan manusia dalam mencetak pencapaian luar biasa di bidang kuliner.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya