Menkes Budi Pakai Baju Loreng di Akmil Magelang: Pengalaman Pertama Berlatih ala Militer

Menkes Budi pun mengungkapkan ini adalah kali pertama berlatih secara pendidikan militer.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 26 Okt 2024, 07:44 WIB
Menkes Budi bersama anggota Kabinet Merah Putih di sela-sela kegiatan pembekalan di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah Jumat (25/10/2024). (Dok Instagram bgsadikin)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI) Budi Gunadi Sadikin mengunggah sebagian aktivitas yang ia lakukan bersama anggota Kabinet Merah Putih lainnya di Akademi Militer Magelang. 

Di hari pertama retreat di Akmil Magelang, para anggota Kabinet Merah Putih diawali dengan berolahraga dan mengikuti latihan baris berbaris.

Menkes Budi pun mengungkapkan ini adalah kali pertama berlatih secara pendidikan militer.

"Pengalaman pertama saya juga nih, berlatih secara pendidikan militer dalam beberapa hari ke depan," kata Budi yang diunggah di akun Instagram miliknya pada Jumat, 25 Oktober 2024.

Budi menceritakan sekulumit aktivitasnya di sana bersama jajaran Kabinet Merah Putih, termasuk Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono. Dimulai dengan bangun pagi lanjut baris berbaris kemudian mengikuti paparan materi lintas sektoral kemudian parade senja.

"Bangun pagi terus baris-berbaris melaksanakan apel, berlanjut paparan materi lintas sektoral dan mengikuti parade senja," kata Budi di akun Instagram bgsadikin.

Ia pun berharap sepulang dari Magelang, ia bersama Dante serta para anggota Kabinet Merah Putih makin solid dalam bekerja."Semoga pulang dari Magelang, kami para anggota Kabinet Merah Putih semakin solid untuk mencapai cita-cita Indonesia Emas 2045," katanya.

 


Dibangunkan Jam 4 Pagi dengan Terompet

Menurut cerita Wakil Menteri Dalam Negeri Bima Arya, ia mendengar suara trompet saat pukul 04.00 WIB. Dia pun sontak terbangun saat mendengar bunyi terompet.

Beberapa anggota Kabinet Merah Putih pun melakukan salat subuh berjamaah sebelum memulai kegiatan retreat, sementara pejabat lainnya menuju lapangan untuk latihan baris-berbaris.

"Yang lain jam 5 langsung bergerak ke lapangan untuk senam pagi. Ada suara terompet sepertinya, sebagian salat subuh berjamaah," kata Bima Arya.


Tujuan Pembekalan

Presiden Prabowo Subianto bersama Para Menteri Kabinet Merah Putih di Akmil, Magelang. (Dok. PCO)

Retreat Kabinet Merah Putih diikuti oleh para menteri, wakil menteri, kepala badan, utusan khusus, hingga staf khusus presiden. Dalam pembekalan tersebut memiliki tema 'Satu Visi Langsung Aksi' yang dilakukan selama tiga hari, mulai 25-27 Oktober 2024 ini.

Saat memberikan pengantar pada Sidang Kabinet di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (23/10/2024), Presiden Prabowo mengungkap tujuan utama menggembleng menteri-menterinya di Lembah Tidar, Magelang adalah untuk menumbuhkan kekompakan dan kerjasama tim. Dengan demikian, tim bisa bekerja sama untuk mencapai target-target yang dicanangkan.

"Saya mengajak saudara-saudara ke Magelang menambah pembekalan dan melakukan koordinasi di Akademi Militer," katanya.

"Kemudian, kita akan adakan koordinasi-koordinasi di tempat di Magelang, Jawa Tengah, kawasan Akademi Militer," kata Prabowo Subianto saat memimpin sidang kabinet paripurna perdana di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (23/10/2024).

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya