KPU DKI Umumkan 7 Panelis Debat Kedua Pilgub Jakarta

Debat kedua nantinya mengusung tema "Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial" dengan enam subtema.

oleh Jonathan Pandapotan Purba diperbarui 26 Okt 2024, 09:30 WIB
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta menggelar debat perdana calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10/2024) (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (DKI) Jakarta kembali menetapkan panelis sesuai dengan tema untuk debat tahap dua pemilihan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta pada 27 Oktober 2024, seperti halnya debat perdana pada tiga pekan lalu.

"Prinsipnya mereka terdiri atas pakar atau ahli di bidang masing-masing, sesuai dengan tema yang diangkat," kata Ketua Divisi Data dan Informasi KPU DKI Jakarta Fahmi Zikrillah saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (26/10/2024) seperti dilansir Antara.

Debat kedua nantinya mengusung tema "Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial" dengan enam subtema yakni infrastruktur terintegrasi dan pelayanan dasar prima, pendidikan dan kesehatan, kemudian penanganan ketimpangan sosial, pembangunan ekonomi digital dan UMKM, lalu, pariwisata dan ekonomi kreatif serta inflasi bahan pokok.

Adapun tujuh panelis dalam debat kedua Pilgub Jakarta yakni Taufiq F. Pasiak, Tauhid Ahmad, Timboel Siregar, Dimas Oky Nugroho, Arif Satria, Felicia Putri Tjiasaka, dan M. Imdadun Rahmat, demikian disampaikan Kepala Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Hubungan Masyarakat KPU DKI Jakarta Astri Megatari dalam kesempatan berbeda.

Sementara moderator dalam debat yakni presenter Frisca Clarissa dan Rivana Pratiwi.


Segmen Debat

Lalu, untuk segmen debat, akan sama seperti debat pertama. Segmen 1 yakni penyampaian visi misi program masing-masing pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur, segmen 2 dan 3 yaitu pendalaman visi misi oleh moderator, lalu segmen 4 dan 5 yakni tanya jawab antar paslon, dan segmen 6 penyampaian pernyataan penutup masing-masing paslon.

KPU DKI lalu mengumumkan lokasi debat kedua Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2024 berpindah dari semula di Ecovention, Ancol, Jakarta Utara, menjadi Beach City International Stadium, Ancol. Perpindahan ini karena ada festival musik kurang dari satu kilometer (km) dari lokasi debat semula.

Namun, waktu pelaksanaan debat nantinya sama seperti sebelumnya, yakni pukul 19.00 WIB dan berlangsung selama 150 menit. Stasiun televisi penyelenggara debat yakni TVRI, CNN Indonesia, Kompas TV, dan BTV.

 


Paslon

Debat diikuti paslon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dan paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).

Infografis Adu Program 3 Paslon di Debat Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya