Serangan Israel ke Kawasan Tempat Tinggal Media di Lebanon Bunuh 3 Jurnalis

Israel telah berperang dengan Hizbullah di Lebanon sejak akhir bulan September lalu, dalam upaya untuk mengamankan perbatasan utaranya setelah hampir setahun terjadi tembakan lintas batas dari kelompok bersenjata yang didukung Iran itu.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 26 Okt 2024, 10:48 WIB
Serangan Israel ke kawasan media di Lebanon. (AP)

Liputan6.com, Beirut - Lebanon mengatakan serangan udara Israel menewaskan tiga wartawan pada hari Jumat (25/10/2024), dalam sebuah serangan di wilayah selatan negara itu. Menteri Informasi negara tersebut menyebutnya sebagai "kejahatan perang".

Saluran televisi Lebanon pro-Iran Al Mayadeen mengatakan seorang juru kamera dan teknisi siaran tewas dalam serangan yang menargetkan kediaman wartawan di Hasbaya, Lebanon selatan.

Saluran TV lain, Al-Manar, yang dikelola oleh Hizbullah, mengatakan salah satu jurnalis videonya juga tewas dalam serangan itu.

"Musuh Israel menunggu wartawan beristirahat malam untuk mengkhianati mereka saat mereka tidur," kata Menteri Informasi Ziad Makary dalam sebuah posting di X seperti dikutip dari AFP, Sabtu (26/10).

"Ini adalah pembunuhan, setelah pemantauan dan pelacakan, dengan perencanaan dan rancangan sebelumnya, karena ada 18 wartawan di sana yang mewakili tujuh lembaga media. Ini adalah kejahatan perang."

Wartawan dari organisasi media lain, termasuk penyiar Lebanon Al-Jadeed, Sky News Arabic, dan Al Jazeera English, juga sedang beristirahat di dekatnya ketika serangan itu terjadi pada malam hari.

Israel belum mengomentari serangan itu, yang menurut Kementerian Kesehatan Lebanon, juga melukai tiga orang lainnya.

Wilayah tempat para jurnalis itu berada berada di luar benteng tradisional Hizbullah.

Israel telah berperang dengan Hizbullah di Lebanon sejak akhir bulan September lalu, dalam upaya untuk mengamankan perbatasan utaranya setelah hampir setahun terjadi tembakan lintas batas dari kelompok bersenjata yang didukung Iran itu.

Sementara Hizbullah memulai serangan intensitas rendah terhadap Israel untuk mendukung sekutu Palestina-nya, Hamas, setelah serangan pada 7 Oktober 2023 terhadap Israel, yang merupakan serangan paling mematikan dalam sejarahnya.

Setelah hampir setahun berperang di Gaza yang dipicu oleh serangan itu, Israel memperluas fokusnya ke Lebanon dan bulan lalu meluncurkan kampanye pengeboman besar-besaran yang terutama menargetkan benteng Hizbullah di seluruh negeri, dengan mengirimkan pasukan darat pada 30 September.

Perang Israel vs Hizbullah di Lebanon telah menewaskan sedikitnya 1.580 orang, menurut penghitungan AFP dari angka Kementerian Kesehatan Lebanon.

Militer Israel pada hari Jumat mengatakan telah menyerang lebih dari 200 target militan di Lebanon selama sehari terakhir.


Serangan Lebanon Saat Upaya yang Terhenti untuk Mengakhiri Perang di Gaza

Masyarakat internasional telah memperingatkan Israel untuk tidak melakukan serangan ke Lebanon karena berpotensi meningkatkan kekhawatiran meluasnya konflik Gaza secara regional. (Rabih DAHER/AFP)

Serangan Lebanon terjadi saat upaya yang terhenti untuk mengakhiri perang di Gaza tampaknya mendapatkan momentum baru.

Perang dimulai dengan serangan Hamas pada 7 Oktober 2023 terhadap Israel, yang mengakibatkan kematian 1.206 orang, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP dari angka resmi Israel.

Kampanye pembalasan Israel di Gaza telah menewaskan 42.847 orang, sebagian besar warga sipil, menurut data dari kementerian kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas, data yang dianggap dapat diandalkan oleh PBB.

Upaya sebelumnya untuk menghentikan perang telah gagal, meskipun Amerika Serikat telah menyuarakan harapan bahwa pembunuhan pemimpin Hamas Yahya Sinwar minggu lalu dapat menjadi pembuka untuk sebuah kesepakatan.

Seorang pejabat senior Hamas mengatakan kepada AFP bahwa delegasi dari pimpinan kelompok yang bermarkas di Doha membahas "gagasan dan usulan" terkait gencatan senjata Gaza dengan pejabat Mesir di Kairo pada hari Kamis.

"Hamas telah menyatakan kesiapannya untuk menghentikan pertempuran, tetapi Israel harus berkomitmen pada gencatan senjata, menarik diri dari Jalur Gaza, mengizinkan kembalinya orang-orang yang mengungsi, menyetujui kesepakatan pertukaran tahanan yang serius dan mengizinkan masuknya bantuan kemanusiaan ke Gaza," kata pejabat itu, menegaskan kembali posisi kelompok Islamis tersebut.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan dia menyambut baik kesiapan mediator Mesir untuk mencapai kesepakatan "untuk pembebasan para sandera" yang masih ditahan oleh militan di Gaza.

Setelah pertemuan di Kairo, Netanyahu memerintahkan kepala badan mata-mata Israel Mossad untuk berangkat ke Qatar pada hari Minggu untuk "memajukan serangkaian inisiatif yang ada dalam agenda", kata kantornya.

Qatar, Mesir, dan AS telah lama mencoba memediasi gencatan senjata dalam perang Gaza.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken bertemu dengan para pemimpin Qatar di Doha pada hari Kamis (24/10) dalam perjalanannya yang ke-11 ke wilayah tersebut sejak dimulainya perang Gaza.


Upaya Mediator Menjajaki Peluang Baru untuk Akhiri Perang

Insiden serangan tersebut menewaskan tiga wartawan. Menteri Informasi Lebanon Ziad Makary menerangkan hal tersebut sebagai “kejahatan perang”. (Ali Hankir/AFP)

Dalam perjalanan mengakhiri perang, yang berlangsung kurang dari dua minggu sebelum pemilihan umum AS, Blinken mengatakan para mediator akan menjajaki opsi-opsi baru.

Ia mengatakan mereka tengah mencari rencana "agar Israel dapat menarik diri, agar Hamas tidak dapat membangun kembali, dan agar rakyat Palestina dapat membangun kembali kehidupan mereka dan membangun kembali masa depan mereka".

Para pejabat Israel dan AS serta beberapa analis mengatakan Sinwar telah menjadi hambatan utama bagi kesepakatan yang memungkinkan pembebasan 97 sandera yang masih ditahan di Gaza, 34 di antaranya menurut militer Israel telah tewas.

Para pengkritik Netanyahu juga secara teratur menuduhnya menghalangi gencatan senjata dan negosiasi pembebasan sandera.

Sebuah kelompok Israel yang mewakili keluarga sandera meminta Netanyahu dan Hamas untuk mengamankan kesepakatan guna membebaskan tawanan yang tersisa.

"Waktunya hampir habis," kata Forum Sandera dan Keluarga Hilang.

Pada hari Kamis (24/10), para pendukung sandera berbaris di luar kediaman Netanyahu di Yerusalem menuntut tindakan untuk pembebasan mereka.

Blinken mendarat pada Kamis (24/10) malam di London, tempat seorang pejabat AS mengatakan ia akan bertemu pada Jumat dengan menteri luar negeri Yordania dan Uni Emirat Arab.

Pejabat itu mengatakan Blinken juga akan mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati mengenai perang paralel di negara itu.

 

 


Israel Terus Menekan Hamas

Israel melancarkan serangan di Jalur Gaza menyusul serangan lintas batas oleh Hamas pada 7 Oktober 2023 lalu. (AP Photo/Leo Correa)

Di medan perang, militer Israel terus menekan Hamas, bulan ini mengepung wilayah utara Gaza tempat puluhan ribu warga sipil terjebak.

Militer Israel pada Jumat (25/10) mengatakan puluhan militan tewas di sekitar Jabalia, Gaza utara, pada hari sebelumnya, dan yang lainnya tewas selama pertempuran di Gaza tengah dan selatan.

Juru bicara badan pertahanan sipil Gaza Mahmud Bassal mengatakan "lebih dari 770 orang tewas" di Gaza utara dalam 19 hari sejak operasi Israel dimulai di sana.

Militer Israel mengatakan tujuan serangannya adalah untuk menghancurkan kemampuan operasional yang menurutnya Hamas sedang coba bangun kembali di utara - tempat militer pada Januari telah menyatakan struktur komando Hamas dibongkar.

 

Infografis Setahun Agresi Militer Israel ke Gaza. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya