Setelah Gempur Iran, Israel Dilaporkan Serang Target Militer Suriah

Sistem pertahanan udara Suriah mencegat serangan rudal Israel Sabtu (26/10) dini hari, menurut kantor berita SANA.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 26 Okt 2024, 11:42 WIB
Serangan Israel ke Suriah. (Anadolu Agency)

Liputan6.com, Damaskus - Serangan udara Israel menargetkan beberapa lokasi militer di wilayah tengah dan selatan Suriah pada Sabtu (26/10) pagi, kantor berita pemerintah Suriah SANA melaporkan seperti dikutip dari Al Arabiya.

Pasukan pertahanan udara Suriah dilaporkan mencegat rudal yang diluncurkan oleh Israel "dari arah Dataran Tinggi Golan Suriah yang diduduki Israel dan wilayah Lebanon" dan menembak jatuh beberapa di antaranya, SANA menambahkan.

"Pertahanan antipesawat kami menghadapi target musuh di langit sekitar Damaskus," kata SANA di Telegram setelah melaporkan "suara ledakan" di sekitar ibu kota Suriah.

Sebelumnya pada Sabtu (26/10), SANA melaporkan ledakan di sekitar ibu kota Suriah, Damaskus.

Sistem pertahanan udara Suriah mencegat serangan rudal Israel Sabtu (26/10) dini hari, menurut kantor berita SANA.

Seorang sumber militer kepada SANA mengatakan serangan yang menargetkan lokasi militer di wilayah selatan dan tengah dimulai sekitar pukul 2 pagi waktu setempat (23.00 GMT).

Pertahanan udara menembak jatuh beberapa rudal, menurut sumber itu seperti juga dikutip dari Anadolu Agency. Upaya sedang dilakukan untuk memverifikasi dampak penuh dari serangan itu.

Sejauh ini belum ada informasi langsung tentang korban atau kerusakan.

Israel telah melakukan serangan terhadap target yang terkait dengan Iran di Suriah selama bertahun-tahun tetapi telah meningkatkan serangan tersebut sejak serangan 7 Oktober oleh kelompok bersenjata Hamas di wilayah Israel.

Sebelum serangan Israel juga membalas Iran pada Sabtu (26/10) pagi, dengan militernya mengatakan bahwa mereka melakukan serangan terhadap target militer dan media Iran melaporkan beberapa ledakan.

Israel mengumumkan Sabtu dini hari bahwa militernya melakukan "serangan tepat" terhadap "target militer" di Iran, saat ledakan terdengar di Teheran.

"Saat ini, Pasukan Pertahanan Israel sedang melakukan serangan tepat terhadap target militer di Iran," kata juru bicara militer Israel Laksamana Muda Danial Hagari dalam sebuah pernyataan.

Radio militer Israel mengatakan puluhan pesawat Israel melancarkan serangan terhadap Teheran, Meshed, dan sebuah pembangkit listrik di Karaj.

Infografis Setahun Agresi Militer Israel ke Gaza. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya