Guardian dan Human Initiative Kolaborasi Edukasi Kebersihan untuk Generasi Sehat Indonesia

Program ini telah memberikan bantuan nyata kepada anak-anak Indonesia melalui penyediaan fasilitas sanitasi, donasi produk kebersihan, dan edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

oleh Sulung Lahitani diperbarui 26 Okt 2024, 20:04 WIB
Guardian dan Human Initiative Kolaborasi Edukasi Kebersihan untuk Generasi Sehat Indonesia (doc: Guardian)

Liputan6.com, Yogyakarta Guardian kembali menunjukkan komitmennya terhadap kesehatan dan sanitasi anak-anak Indonesia melalui program Guardiancares, yang kali ini melibatkan distribusi produk sanitasi dan pembangunan fasilitas air bersih di sekolah-sekolah Yogyakarta.

Menurut data Kementerian Kesehatan RI, ribuan sekolah di Indonesia masih kekurangan akses terhadap air bersih dan fasilitas sanitasi yang layak. Dampaknya, hampir 30% anak Indonesia rentan terkena penyakit setiap bulannya akibat minimnya akses sanitasi dan kebersihan.

Sebagai bentuk dukungan terhadap inisiatif Pemerintah Indonesia dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), Guardian meluncurkan Guardiancares pada 2022. Sejak itu, program ini telah memberikan bantuan nyata kepada anak-anak Indonesia melalui penyediaan fasilitas sanitasi, donasi produk kebersihan, dan edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Tahun ini, Guardian bekerja sama dengan Human Initiative mendistribusikan 24.000 produk body wash Guardian ke sekolah-sekolah di Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Yogyakarta.

Seremoni penutupan program Guardiancares 2024 diadakan di SD Negeri Boto, Yogyakarta, dengan dihadiri oleh Head of Marketing Guardian Indonesia, Malvin Tarigan, Kepala Dinas Kesehatan DI Yogyakarta drg. Pembajun Setyaningastutie, M.Kes., dan Kepala Cabang Human Initiative Yogyakarta, Muthori. Program ini menyasar lebih dari 40 sekolah di Pulau Jawa, menekankan pentingnya akses sanitasi sebagai landasan pendidikan yang sehat dan berkualitas.

“Kami berharap melalui Guardiancares, anak-anak Indonesia bisa mendapatkan fasilitas sanitasi yang layak di sekolah, yang berdampak langsung pada kesehatan dan kenyamanan mereka sehari-hari,” kata Malvin Tarigan, Head of Marketing Guardian Indonesia.

 


Komitmen mendukung pemerintah

Guardian dan Human Initiative Kolaborasi Edukasi Kebersihan untuk Generasi Sehat Indonesia (doc: Guardian)

Malvin juga menambahkan bahwa Guardian berkomitmen untuk terus mendukung pemerintah dalam mencapai target SDGs terkait air bersih, kebersihan, dan sanitasi di sekolah.

drg. Pembajun Setyaningastutie, M.Kes., Kepala Dinas Kesehatan Yogyakarta, mengapresiasi inisiatif Guardian, yang menurutnya, secara konkret membantu mempercepat pemenuhan kebutuhan sanitasi dasar untuk kesehatan anak.

“Akses terhadap sanitasi yang baik sejak usia dini adalah fondasi bagi kualitas hidup masa depan mereka,” ujar Pembajun.

 


Optimis dengan kolaborasi 

Muthori, Kepala Cabang Human Initiative Yogyakarta, menyampaikan bahwa kolaborasi ini menunjukkan komitmen kuat kedua pihak dalam meningkatkan kesehatan generasi muda.

“Kami optimis bahwa inisiatif ini mampu menciptakan masa depan yang lebih sehat dan sejahtera bagi anak-anak Indonesia,” ungkapnya.

Program Guardiancares 2024 yang berakhir di Yogyakarta ini menandai langkah nyata Guardian dalam mendukung kesehatan dan sanitasi anak-anak di Indonesia. Guardian berharap program ini dapat mendorong komunitas untuk lebih peduli terhadap kesehatan anak sebagai bagian dari generasi penerus bangsa.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya