MG ES5 Siap Dipasarkan, Harga Rp 200 Jutaan

SAIC mengumumkan bahwa SUV Listrik, MG ES5, akan membuka pre-order di Tiongkok pada 2 November mendatang. Sejumlah dealer mengungkapkan harga SUV ini diperkirakan sekitar Rp 200 jutaan.

oleh Rendy Yansah diperbarui 28 Okt 2024, 10:24 WIB
SUV Listrik milik SAIC, MG ES5 akan segera menyediakan pre-order di Tiongkok. (Carsnewschina/Rendy Yansah)

Liputan6.com, Jakarta - SAIC mengumumkan bahwa pre-order SUV Listrik MG ES5 akan dilakukan pada 2 November mendatang. Sejumlah dealer mengungkapkan harga SUV ini diperkirakan sekitar Rp 219 juta di pasar Tiongkok.

Rencananya, MG ES5 akan dipasarkan secara global dan akan diekspor ke pasar Eropa. 

Mengulik spesifikasi MG ES5, pada eksteriornya memiliki desain grill depan tertutup dan terpisah menjadi dua.

Kendaraan ramah lingkungan ini menggunakan pelek ganda lima jari-jari yang berukuran 17 inci atau 18 inci. Selain itu, warna eksteriornya menawarkan tujuh pilihan.  

Sebagai SUV kompak, MG ES5 memiliki ukuran panjang 4,4 m, lebar 1,8 m, tinggi 1,6 m dengan wheelbase 2,7 m. Dengan konfigurasi ini, MG ES5 menyediakan ruang yang lapang. 

Mobil ini juga dibekali sistem bantuan driving smart, MG Pilot level 2+ menggunakan chip Journey 3 dari Horizon Robotics.

Sementara pada kamera depan memiliki jarak pandang atau kemampuan pengenalan hingga 250 meter, sedangkan radar di bagian belakangnya dapat mendeteksi objek hingga 180 meter.

Sistem ini sudah dilengkapi fitur canggih seperti adaptive cruise control, lane keep assist, automatic emergency braking,  dan parking assistance

Dibangun di atas arsitektur Nebula SAIC, ES5 mengusung drivetrain RWD atau tenaga penggerak roda belakang, yang dapat menghasilkan tenaga maksimal 125 kwh (168 hp) dan torsi puncak 250 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam ditempuh dalam 8 detik.

 


Interior dan Fitur MG ES5

Sumber tenaganya menggunakan baterai LFP ( lithium iron phosphate) yang dipasok dari perusahaan patungan CATL dan SAIC.

Baterai itu menawarkan dua pilihan kapasitas, 49,1 Kwh dan 62,2 kWh. Kedua pilihan baterai tersebut membuktikan tiga jarak tempuh menurut pengujian CLTC (China Light Duty Vehicle Test Cycle) yaitu 425 km, 515 km, dan 525 km. 

Jenama asal Tiongkok itu mengakui bahwa baterai yang dipakai ES5 hanya 110 mm, menjadikannya sebagai baterai tertipis di dunia. 

Beralih ke interiornya, pada bagian dalam mengadopsi panel instrumen tanam yang berukuran 10,25 inci, layar kontrol sentral besar 15,6 inci yang tampak melayang, sistem operasi AliOS dari Alibaba.

Tak cuma itu, fitur lainnya seperti setir kemudi multifungsi dengan tiga jari-jari, pengisian daya nirkabel untuk ponsel, dan tempat gelas di konsol tengah. Jumlah tombol fisik telah dikurangi agar tampilannya terlihat lebih rapi. 

Sementara ruang bagian tengahnya dapat menyediakan penyimpanan tambahan. Sedikitnya, terdapat 37 tempat penyimpanan di seluruh interior mobil.

Volume bagasi standar dapat menampung 381 liter, yang mana bisa diperluas hingga 1.421 liter jika kursi belakang dilipat. 

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya