Luhut Jadi Pembicara saat Retreat Kabinet Merah Putih, Bagi Pengalaman Selama di Pemerintahan

Luhut menekankan pentingnya soliditas dan kerja sama tim. Dia juga membagikan pengalamannya saat menangani pandemi Covid-19 dan sejumlah proyek strategis nasional (PSN).

oleh Lizsa Egeham diperbarui 26 Okt 2024, 18:30 WIB
Ketua Dewan Ekonomi Nasional Luhut Binsar Pandjaitan menjadi salah satu pembicara saat retreat Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (26/10/2024). (Dok. Tangkapan Layar Instagram @isyanabagoesoka)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Ekonomi Nasional Luhut Binsar Pandjaitan menjadi salah satu pembicara saat retreat Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (26/10/2024). Luhut membagikan pengalamannya selama duduk di kursi pemerintahan.

"Beliau berbagi pengalaman di pemerintahan, menarik pelajaran dari pengabdian panjang di pemerintahan 2004-2014," kata Wakil Menteri Dalam Negeri Bima Arya kepada wartawan, Sabtu (26/10/2024).

Selain itu, dia menekankan pentingnya soliditas dan kerja sama tim. Luhut juga membagikan pengalamannya saat menangani pandemi Covid-19 dan sejumlah proyek strategis nasional (PSN).

"Pentingnya soliditas dan teamwork. Pelajaran dari penanganan covid dan beberapa program strategis nasional," jelasnya

Luhut sendiri pernah menjadi Kepala Staf Kepresidenan diawal pemerintahan Presiden ketujuh RI, Joko Widodo atau Jokowi tahun 2014. Dia jug pernah menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan era Kabinet Kerja dari 2015-2016.

Luhut kemudian ditunjuk Jokowi menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi tahun 2016-2024. Setelah Jokowi purna tugas, Luhut ditunjuk Presiden Prabowo Subianto menjadi Ketua Dewan Ekonomi Khusus dan Penasihat Khusus Presiden Bidang Digitalisasi dan Teknologi Pemerintahan.

 


Sri Mulyani hingga Erick Thohir jadi Pemateri

Para menteri dan anggota Kabinet Merah Putih dengan pakaian militer berjalan saat retreat di Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah, Jumat 25 Oktober 2024. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani hingga Menteri BUMN Erick Thohir akan memberikan materi pembekalan pada hari kedua retreat Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (26/10/2024).

Selain keduanya, ada Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Rachmat Pambudy, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, dan Kepala Badan Gizi Nasional Dadan Hindayana yang juga akan memberikan materi kepada anggota kabinet.

"Banyak sesi-sesi penting yang akan disampaikan hari ini oleh para pembicara seperti dari Menteri Keuangan, Kepala BAPENAS, Menteri BUMN, Badan Gizi, Menteri Pertanian dan lain-lain," jelas Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni kepada wartawan, Sabtu (26/10/2024).

"Seru dan bermanfaat banget acara ini," sambungnya.

 


Kembali Latihan Baris Berbaris

Belum diketahui materi yang disampaikan oleh Sri Mulyani dan para menteri lainnya. Namun berdasarkan informasi dihimpun, ada pemberian materi tentang hiliriasi dan B100 yang kemungkinan disampaikan Erick Thohir.

Para anggota kabinet sendiri lebih duu melakukan sesi olahraga, baris-berbaris, sera sarapan bersama. Mereka kembali memakai seragam Komponen Cadangan (Komcad) saat latihan berbaris.

"Setelah olahraga dan latihan PBB lanjut serapan," ujar Raja Juli.

Adapun Retreat Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang memiliki tema 'Satu Visi Langsung Aksi'. Retreat yang dilakukan selama tiga hari, mulai 25-27 Oktober 2024 ini dihadiri Presiden Prabowo Subianto, Wapres Gibran Rakabuming Raka, para Menteri, Wakil Menteri, Kepala Badan, Utusan Khusus Presiden, hingga Penasihat Khusus Presiden.

Infografis Serba-Serbi Jajaran Kabinet Merah Putih Digembleng di Lembah Tidar. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya