Temu Bisnis, Logistik Pendingin Kuat Industri Pangan Hebat

Acara ini dikemas dalam bentuk Temu Bisnis dengan tajuk LOGISTIK PENDINGIN KUAT, INDUSTRI PANGAN HEBAT.

oleh Tim Regional diperbarui 26 Okt 2024, 20:40 WIB
LOGISTIK PENDINGIN KUAT, INDUSTRI PANGAN HEBAT.

Liputan6.com, Yogyakarta Perkumpulan Pelaku Logistik Indonesia bidang Logistik Pendingin (PPLI Cold Chain) kembali mengadakan acara seminar road show dalam rangka mengembangkan jaringan layanan pengiriman ritel makanan beku (frozen food) di jalur Selatan Jawa. Acara ini dikemas dalam bentuk Temu Bisnis dengan tajuk LOGISTIK PENDINGIN KUAT, INDUSTRI PANGAN HEBAT. Bertempat di Hotel Sahid Raya, Babarsari, Yogyakarta dihadiri para pelaku IKM (Industri Kecil Menengah) pangan olahan, Rumah Potong Ayam dan pelaku pertanian hortikultura.  

Ketua Panitia, Rendra Prastianto juga mengundang para Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten/Kota se Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara juga dihadiri Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Jawa Tengah, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DI Yogyakarta. 

"PPLI berharap dengan diundangnya unsur pemerintah daerah diharapkan dapat menyampaikan ke pelaku bisnis di masing masing kabupaten/kota tentang layanan pengiriman ritel frozen food yang menjadi program besar PPLI Cold Chain," demikian pungkas Rendra.

Secara kebetulan, tim Badan Pangan Nasional (BAPANAS) dapat hadir di acara tersebut, karena berdekatan dengan kegiatan serah terima bantuan sarana prasarana penyimpanan produk pangan. Beberapa asosiasi seperti KADIN Yogyakarta, PERWIRA, HIPMI Culinary dan KPUN juga menghadiri even tersebut.

“Suatu bangsa akan kuat bila ketahanan pangannya kuat. Beliau berharap acara ini bukan hanya sebagai temu bisnis biasa saja, akan tetapi menjadi momentum kerjasama yang lebih solid, melahirkan inovasi inovasi yang bisa memperkuat ketahanan pangan dan kesejahteraan UKM, petani dan nelayan Yogyakarta," dalam sambutan tertulis Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan DI Yogyakarta Ibu Ir. Syam Arjayanti, M.P.A, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, baru-baru ini. 

Di kesempatan tersebut, peserta diberikan paparan tentang pengembangan usaha menggunakan cold storage fulfilment dan consolidator, layanan pengiriman ritel frozen food antar kota dan antar pulau, pemilihan bahan kemasan yang tepat untuk frozen food, desain yang menjual, terakhir kiat melakukan transaksi mancanegara dan teknik pengiriman ekspor.

Keesokan harinya, dipimpin Kepala Bidang Logistik Pendingin PPLI Bapak Tejo Mulyono, dilakukan diskusi koordinasi pembentukan hub Yogya dan layanan ekspor juga layanan regional Joglosemar dengan KADIN Yogyakarta diwakili Bapak Roby Kusuma, Bapak Budi dan Ibu Laras.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya