Negara Teluk Peringatkan Potensi Eskalasi Konflik Usai Serangan Balasan Israel ke Iran

Kementerian luar negeri Arab Saudi menyerukan "komunitas internasional dan pihak-pihak yang berpengaruh untuk mengambil peran dan tanggung jawab mereka guna mengurangi eskalasi dan mengakhiri konflik di kawasan tersebut".

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 27 Okt 2024, 10:02 WIB
Situasi Iran saat diserang Israel. (AP)

Liputan6.com, Dubai - Arab Saudi memimpin peringatan Negara Teluk pada hari Sabtu (26 Oktober) tentang "eskalasi" Israel, setelah menyerang target militer di Iran yang mendukung Hizbullah Lebanon dan militan Palestina Hamas --yang sudah berperang dengan Israel.

"Kerajaan Arab Saudi menyatakan kecaman dan kutukannya atas serangan Israel dan menekankan posisi tegasnya, menolak eskalasi konflik di kawasan yang mengancam keamanan dan stabilitas negara dan masyarakat di Timur Tengah," kata Kementerian Luar Negeri Saudi melalui yang dikutip dari AFP, Minggu (27/10/2024).

Israel menyalahkan "Iran dan proksinya" atas serangan terhadap negara tersebut, termasuk rentetan serangan rudal pada 1 Oktober yang ditembakkan oleh Iran dalam serangan langsung terhadap wilayah Israel yang telah dijanjikan Israel untuk dibalas.

Israel telah berperang dengan Hamas di Jalur Gaza selama lebih dari setahun, dan bulan September lalu mengalihkan fokusnya ke Hizbullah yang didukung Iran di Lebanon, di mana negara itu meningkatkan serangan udara dan mengirim pasukan darat.

Kementerian luar negeri Arab Saudi menyerukan "komunitas internasional dan pihak-pihak yang berpengaruh untuk mengambil peran dan tanggung jawab mereka guna mengurangi eskalasi dan mengakhiri konflik di kawasan tersebut".

Qatar, mediator yang berusaha mengakhiri perang Gaza, menyatakan dalam pernyataan kementerian luar negerinya "keprihatinan mendalam tentang dampak serius yang mungkin timbul dari eskalasi ini" oleh Israel pada hari Sabtu.

Uni Emirat Arab juga mengutuk penargetan Israel terhadap Iran dan menyuarakan "keprihatinan mendalam" atas "dampak pada keamanan dan stabilitas regional".

Oman, yang telah lama memainkan peran mediasi antara Iran dan negara-negara Barat, mengatakan serangan Israel terhadap Iran "memicu siklus kekerasan dan merusak upaya" untuk meredakan eskalasi.

Dikatakan bahwa komunitas internasional harus "mengakhiri pelanggaran terang-terangan ini di wilayah negara-negara tetangga".

Kementerian luar negeri Kuwait juga menyatakan kecaman dan menuduh Israel "membahayakan keamanan kawasan".

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya