MyPertamina Dijadikan Bahan Hoaks, Simak Daftarnya Biar Tak Terpengaruh

Dijadikannya MyPertamina sebagai bahan hoaks ini tidak hanya menimbulkan kebingungan di kalangan pengguna, tetapi juga dapat menciptakan kekhawatiran.Untuk menghindari hoaks tersebut sebaiknya kita mengetahui ragam hoaks yang mencatut MyPertamina, berikut daftarnya.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 27 Okt 2024, 07:30 WIB
Penelusuran Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim link pendaftaran barcode BBM subsidi tepat MyPertamina,

Liputan6.com, Jakarta- MyPertamina merupakan aplikasi resmi dari PT Pertamina (Persero) yang diluncurkan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses berbagai layanan dan informasi terkait produk Pertamina. Namun, seiring dengan popularitasnya yang meningkat, platform ini juga menjadi sasaran berbagai hoaks dan disinformasi yang beredar luas di masyarakat.

Dijadikannya  MyPertamina sebagai bahan hoaks ini tidak hanya menimbulkan kebingungan di kalangan pengguna, tetapi juga dapat menciptakan kekhawatiran.Untuk menghindari hoaks tersebut sebaiknya kita mengetahui ragam hoaks yang mencatut MyPertamina.

Untuk memudahkan masyarakat mengenali hoaks yang mencatut MyPertamina, Cek Fakta Liputan6.com telah megungkapnya berikut daftarnya.

Link Pendaftaran BBM Subsidi Tepat MyPertamina

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim link pendaftaran barcode BBM subsidi tepat MyPertamina, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 23 Oktober 2024.

Klaim link pendaftaran subsidi tepat MyPertamina berupa tulisan sebagai berikut.

"Daftar barcode BBM Subsidi tepat My Pertamina kini lebih mudah, klik link : https://bbmsubsidi1.infobnspkh.my.id/"

Tulisan tersebut mengarahkan penerimanya untuk mengklik link yang sudah disertakan sebagai formulir pendaftaran, berikut link-nya.

"https://bbmsubsidi1.infobnspkh.my.id/?fbclid=IwY2xjawGIGQFleHRuA2FlbQIxMQABHSnRyJx7TQ1-GmqkHQ7DRbQ0hPw_b20rEga5BvUj9GOdCRqJbjBnQnOMAA_aem_-tYyyr71LUMTq-zwTJbYaQ"

Jika diklik, akan mengarah pada halaman situs yang terdapat tulisan "Silahkan Masuk Dengan Akun Telegram Anda".

Di bawah tulisan tersebut terdapat kolom yang meminta indentitas yaitu nama dan nomor telepon.

Benarkah klaim link pendaftaran barcode BBM subsidi tepat MyPertamina? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini......

 


Video Mobil Terbakar di SPBU Gombong Kebumen karena Isi BBM Pakai Aplikasi MyPertamina

Sebuah video yang diklaim mobil terbakar di SPBU Gombong Kebumen karena mengisi BBM pakai aplikasi MyPertamina beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 8 Juli 2022.

Video berdurasi 30 detik itu memperlihatkan sebuah mobil minibus berwarna hijau terbakar di area SPBU. Video itu kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa mobil tersebut terbakar karena mengisi BBM menggunakan aplikasi MyPertamina.

"MyPertamina

Nah sudah ada kejadian akibat ada peraturan goblok dlm mengisi BBM menggunakan aplikasi Tadi sore di SPBU desa Wero Gombong Kebumen........

Inilah skenario dari r3z1m

Hancurkan negara," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 5.900 kali ditonton dan mendapat 20 komentar warganet.

Benarkah dalam video itu sebuah mobil terbakar di SPBU Gombong Kebumen karena mengisi BBM pakai aplikasi MyPertamina? Simak hasil penelusurannya di sini.

 


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya