3 Hari Ikut Retreat di Akmil Magelang, Veronica Tan: Kita Ditatar Otak dan Otot

Wakil Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Veronica Tan mengungkapkan kesannya mengikuti retreat Kabinet Merah Putih selama tiga hari di Akmil Magelang.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 27 Okt 2024, 13:23 WIB
Wakil Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Veronica Tan mengungkapkan kesannya mengikuti retreat Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Veronica Tan mengungkapkan kesannya mengikuti retreat Kabinet Merah Putih selama tiga hari di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah. Dia mengatakan para anggota kabinet tak hanya ditatar otak, namun juga otot.

Selain diberikan materi pembekalan terkait arah pemerintah kedepan, kata Veronica, para anggota Kabinet Merah Putih juga melakukan latihan baris-berbaris. Bahkan, kata dia, mereka turut mengenakan seragam Komponen Cadangan (Komcad) saat latihan berbaris.

"Baris-berbaris simpel, karna kita adalah komponen cadangan. Jadi kita belajar gerak jalan, hidup sehat, kita disiplin, bekerja panggilan dan kita ditatar otak dan otot," ujar Veronica Tan usai mengikuti retreat di Akmil Magelang Jawa Tengah, Minggu (27/10/2024).

Dia menyampaikan sejumlah hal penting yang disampaikan dalam retreat kabinet yang dilakukan 24-27 Oktober 2024. Veronica menekankan pemimpin harus memprioritaskan kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.

"Harus melayani, seorang pemimpim itu harus mementingkan kepemtingan rakyat, jadi kita bekerja untuk itu, untuk kesejahteraan rakyat," jelas Veronia Tan.

Sebelumnya, Anggota Kabinet Merah Putih memulai hari ketiga retreat di Akmil Magelang, Jawa Tengah, dengan melakukan senam pagi, Minggu (27/10/2024). Ini merupakan hari terakhir retreat Kabinet Merah Putih di Akmil Magemang.

"Hari ini senam pagi," kata Wakil Menteri Transmigrasi Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Minggu (27/10/2024).

Setelah itu, para anggota kabinet sarapan pagi dan berkemas-kemas barang. Mereka akan kembali ke Jakarta pada Minggu hari ini.

"Makan pagi terpimpin, kemas-kemas pulang," ucap Viva Yoga.

 


Agenda Retreat Kabinet Merah Putih

Para menteri dan anggota Kabinet Merah Putih dengan pakaian militer berjalan saat retreat di Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah, Jumat 25 Oktober 2024. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Dari foto yang dibagikan Utusan Khusus Presiden Bidang Pariwisata Zita Anjani di akun media sosial Instagramnya, tampak para anggota kabinet kompak memakai setelan bewarna biru dongker. Mulai dari, topi, baju dalam, jaket, hingga celana bewarna senada biru dongker. Di baju, terdapat gambar burung garuda.

Berdasarkan informasi dihimpun, para menteri, utusan khusus, penasihat khusus, dan staf khusus presiden akan kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat TNI AU dari Lanud Adi Sujipto Yogyakarta. Sementara itu, wakil menteri akan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU.

Seperti diketahui, retreat Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang berlangsung pada 25-27 Oktober 2024. Para anggota kabinet berada di Akmil Magelang sejak 24 Oktober 2024.

Adapun agenda yang dilakukan yakni, olahraga pagi, latihan baris-berbaris dengan menggunakan seragam Komponen Cadangan (Komcad). Presiden RI Prabowo membuka retreat dan memberikan sejumlah pengarahan kepada anggota kabinet.

Selain itu, ada pula pengarahan dari Ketua Dewan Ekonomi Nasional Luhut Binsar Panjaitan hingga Menteri Keuangan Sri Mulyani. Prabowo, Wapres Gibran Rakabuming Raka, serta anggota kabinet melakukan malam akrab.

 


Prabowo Kembali ke Jakarta Usai Retret Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang

Retret Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang Jawa Tengah resmi berakhir, Minggu (27/10/2024). (Foto: Liputan6.com/Lizsa Egeham).

Sebelumnya, Presiden RI Prabowo Subianto kembali ke Jakarta usai retret Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Minggu (27/10/2024). Prabowo diagendakan pulang ke Jakarta pada Minggu sore.

"Beliau akan kembali ke Jakarta sore ini. Mohon doanya," kata Menteri Sekretaris Negara Prasetyo Hadi kepada wartawan usai mengikuti retret di Akmil Magelang Jawa Tengah, Minggu (27/10/2024).

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Prabowo keluar gedung Akmil Magelang pukul 10.51 WIB. Prabowo mengenakan jaket dan topi berwarna biru dongker, senada dengan para menteri kabinet.

Prabowo sempat keluar dari sunroof mobil Maung Garuda yang membawanya. Dia menyapa dan melambaikan tangan kepada masyarakat yang antusias menunggu di gerbang luar Akmil Magelang.

Sebelumnya, anggota Kabinet Merah Putih telah lebih dulu meninggalkan Akmil Magelang untuk kembali ke Jakarta.

Para menteri, kepala badan, utusan khusus, penasihat khusus, dan staf khusus presiden keluar gerbang Akmil Magelang pukul 10.04 WIB. Sementara itu, wakil menteri keluar Akmil Magelang pukul 10.46 WIB.

Mereka kompak mengenakan setelan bewarna biru dongker. Para warga yang menunggu di luar gerbang pun antusias menyambut dan melepas kepulangan para anggota kabinet.

Para anggota kabinet menaiki bus menuju Lanud Adi Sujipto Yogyakarta. Setelah itu, mereka menggunakan pesawat untuk kembali ke Jakarta.

 


Ini Alasan Kabinet Merah Putih Berseragam Safari saat Retret di Akmil

Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka meninggalkan Akademi Militer (Akmil) Magelang Jawa Tengah, usai menghadiro retret Kabinet Merah Putih, Minggu (27/10/2024). (Foto: Liputan6.com/Lizsa Egeham).

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Prasetyo Hadi menjelaskan alasan anggota Kabinet Merah Putih yang dipimpin Presiden Prabowo Subianto mengenakan seragam safari bewarna khaki saat retret hari kedua di Akademi Militer (Akmil) Magelang Jawa Tengah.

Menurut dia, hal itu untuk membentuk kekompakan antar anggota kabinet.

"Ya kan kita memang bikin seragam ini ada seragam juga kan gitu. Berangkat ada seragam, di kelas ada seragam, biasa itu. Supaya kompak supaya kompak," jelas Prasetyo Hadi usai mengikuti retret di Akmil Magelang, Minggu (27/10/2024).

"Iya (berseragam)," sambungnya.

Selain seragam safari, para menteri juga mengenakan seragam Komponen Cadangan (Komcad) untuk olahraga pagi dan latihan baris-berbaris.

Kemudian, ada seragam olahraga bewarna biru dongker yang digunakan di hari ketiga retreat.

Infografis Serba-Serbi Jajaran Kabinet Merah Putih Digembleng di Lembah Tidar. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya