Logistik Pilkada Rokan Hilir Tiba, Ada Ribuan Surat Suara untuk Tunanetra

Surat suara untuk Pilkada Rokan Hilir telah tiba, selanjutnya akan disortir untuk mengetahui apakah ada yang tidak atau tidak.

oleh Syukur diperbarui 27 Okt 2024, 23:00 WIB
Serah terima kedatangan logistik Pilkada di gudang Komisi Pemilihan Umum Rokan Hilir. (Liputan6.com/M Syukur)

Liputan6.com, Pekanbaru - Logistik Pilkada di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), berupa surat suara, tiba di gudang milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Sejumlah personel Polres mengawal bongkar muat logistik dari mobil ekspedisi yang digunakan.

Kapolres Rohil AKBP Isa Imam Syahroni menjelaskan, surat suara sudah tersimpan dengan baik di gudang logistik Pilkada. Lokasi itu kini dijaga ketat untuk mencegah hal tidak diinginkan.

 

"Polres sebagai penanggungjawab keamanan dan pengawal Pilkada 2024 harus memastikan logistik itu tidak terganggu," kata Isa, Sabtu malam, 27 Oktober 2024.

Isa menjelaskan, surat suara itu terdiri dari pemilihan gubernur dan wakil gubernur Riau. Untuk kategori ini tersimpan dalam 238 kardus yang berisi 474.778 lembar surat suara.

Berikutnya pemilihan bupati dan wakil bupati Rokan Hilir. Surat suara jenis ini tersimpan dalam 80 kardus dengan total surat suara berjumlah 476.778 lembar.

"Ada juga surat suara khusus disabilitas seperti tuna netra atau alat bantu tuna netra berjumlah 1.147 lembar," kata Isa.

Kedatangan surat suara itu disaksikan oleh pejabat KPU Bidang Pengadaan Barang dan Jasa, Nelvy Surya Novita dan staf Bawaslu Rohil Divisi SDM, Masnoer.

Sebelum didistribusikan ke panitia pemilihan kecamatan, surat suara nanti disortir dulu. Tujuannya menemukan adanya kerusakan sehingga kekurangan surat suara bisa tertutupi dengan cepat.

"Semua proses di gudang ini dijaga kepolisian, pengawalan ketat harus dilakukan sebagai bagian dari Operasi Mantap Praja 2024," tegas Isa.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya