Pulang Retret Magelang, Para Menteri Tak Naik Pesawat Hercules

Anggota Kabinet Merah Putih kembali ke Jakarta usai mengikuti retret selama tiga hari di Akademi Militer (Akmil) Magelang pada 25-27 Oktober 2024.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 27 Okt 2024, 15:05 WIB
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat memberikan materi program swasembada pangan bagi para menteri Kabinet Merah Putih, Sabtu (26/10/2024).

Liputan6.com, Jakarta Anggota Kabinet Merah Putih kembali ke Jakarta usai mengikuti retret selama tiga hari di Akademi Militer (Akmil) Magelang pada 25-27 Oktober 2024.

Adapun para wakil menteri pulang ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU.

"Iya, para wamen kali ini pulang naik hercules," kata Wakil Menteri Dalam Negeri Bima Arya kepada wartawan, Minggu (27/10/2024). 

Para wakil menteri sebelumnya naik pesawat TNI AU saat berangkat ke Magelang. Sedangkan para menteri, kepala badan, hingga utusan khusus yang naik Hercules saat ke Magelang, pulang ke Jakarta menggunakan pesawat TNI AU.

Bima Arya mengatakan dirinya belajar disiplin, loyalitas, dan militasi untuk bekerja selama mengikuti retret di Akmil Magelang.

Menurut dia, Presiden Prabowo Subianto meminta jajaran kabinet langsung bekerja.

"Disiplin, loyalitas, dan militasi untuk bekerja demi rakyat. Jadi tidak pernah sepanjang sejarah republik Kabinet disiapkan dengan cara terstruktur dan sistematis. Presiden minta mulai besok kita tancap gas," tutur dia.

Dia mengaku tak merasakan sakit usat ikut retret. Bima Arya menyebut Prabowo memberikan vitamin terbaiki kepada jajaran kabinet agar tetap sehat.

"Aman semua, karena presiden itu bahkan memberikan kita doping vitamin. Semua dikasih vitamin terbaik. Menteri semua harus sehat," ucap Bima Arya.


Ini Alasan Kabinet Merah Putih Berseragam Safari saat Retret di Akmil

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Prasetyo Hadi menjelaskan alasan anggota Kabinet Merah Putih yang dipimpin Presiden Prabowo Subianto mengenakan seragam safari bewarna khaki saat retret hari kedua di Akademi Militer (Akmil) Magelang Jawa Tengah.

Menurut dia, hal itu untuk membentuk kekompakan antar anggota kabinet.

"Ya kan kita memang bikin seragam ini ada seragam juga kan gitu. Berangkat ada seragam, di kelas ada seragam, biasa itu. Supaya kompak supaya kompak," jelas Prasetyo Hadi usai mengikuti retreat di Akmil Magelang, Minggu (27/10/2024).

"Iya (berseragam)," sambungnya.

Selain seragam safari, para menteri juga mengenakan seragam Komponen Cadangan (Komcad) untuk olahraga pagi dan latihan baris-berbaris.

Kemudian, ada seragam olahraga bewarna biru dongker yang digunakan di hari ketiga retret.

Sebelumnya, Anggota Kabinet Merah Putih memulai hari ketiga retret di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, dengan melakukan senam pagi, Minggu (27/10/2024). Ini merupakan hari terakhir retret Kabinet Merah Putih di Akmil Magemang.

"Hari ini senam pagi," kata Wakil Menteri Transmigrasi Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Minggu (27/10/2024).


Tiga Hari

Setelah itu, para anggota kabinet sarapan pagi dan berkemas-kemas barang. Mereka akan kembali ke Jakarta pada Minggu hari ini.

"Makan pagi terpimpin, kemas-kemas pulang," ujarnya.

Dari foto yang dibagikan Utusan Khusus Presiden Bidang Pariwisata Zita Anjani di akun media sosial Instagramnya, tampak para anggota kabinet kompak memakai setelan bewarna biru dongker. Mulai dari, topi, baju dalam, jaket, hingga celana bewarna senada biru dongker. Di baju, terdapat gambar burung garuda.

Berdasarkan informasi dihimpun, para menteri, utusan khusus, penasihat khusus, dan staf khusus presiden akan kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat TNI AU dari Lanud Adi Sujipto Yogyakarta. Sementara itu, wakil menteri akan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya