Hasil MotoGP Thailand 2024: Marc Marquez Crash, Pecco Bagnaia Finis Pertama

Rider Ducati Lenovo Francesco Bagnaia keluar sebagai juara dalam race utama MotoGP Thailand 2024 di Sirkuit Internasional Chang pada Minggu (27/10/2024) sore WIB.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 27 Okt 2024, 15:57 WIB
Pebalap Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia, keluar sebagai juara MotoGP Thailan 2024 di Sirkuit Internasional Chang, Minggu, 27 Oktober 2024. (Lillian SUWANRUMPHA/AFP)

Liputan6.com, Jakarta Rider Ducati Lenovo Francesco Bagnaia sukses mencatatkan finis sebagai yang terdepan dalam race utama MotoGP Thailand 2024 di Sirkuit Internasional Chang pada Minggu (27/10/2024) sore WIB.

Sempat tertinggal dari Jorge Martin, Bagnaia mampu memanfaatkan blunder rival beratnya untuk menyeruduk ke posisi satu. Sementara itu, Marc Marquez terlempar dari perburuan podium lantaran sempat mengalami crash.

Menilik jalannya balapan, Jorge Martin memulai sesi dengan performa gemilang. Rider asal Spanyol mampu melesat mengasapi pesaing terdekatnya Francesco Bagnaia dan Marc Marquez, dengan dominasi tersebut terus bertahan di lap-lap awal.

Sementara itu, Marquez masih coba menyaingi Bagnaia untuk memperebutkan peringkat dua ketika race memasuki putaran 3. Belum ada perubahan di tabel tiga besar hingga race menginjak lap kelima.

Barulah di putaran 5 tersebut, Jorge Martin tertimpa nestapa. Lajunya melebar di tikungan tiga, sehingga memaksa sang pembalap tersingkir dari urutan terdepan dan disalip oleh Francesco Bagnaia.

Rider Ducati Lenovo jadi penguasa sementara di lap enam. Dia juga belum terkejar oleh Marquez lantaran kedua pembalap masih terpaut 1 detik, sementara Martin terlempar ke urutan tiga.

Insiden demi insiden mewarnai jalannya balapan di Sirkuit Internasional Chang. Salah satunya menimpa sang juara sprint race Enea Bastianini yang terjatuh di tikungan 8 lap 9. Tak lama kemudian, Marc Marquez gantian mengalami crash. Hal itu memaksa dia tersingkir dari perburuan podium.


Pecco Bagnaia Jaga Dominasi

Pembalap Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia, berhasil meraih podium juara MotoGP Thailand 2024 di Sirkuit Buriram, Minggu (27/10/2024) sore WIB. Pecco mampu unggul atas Jorge Martin yang finis di posisi kedua. (AP Photo/ Kittinun Rodsupan)

Hingga 7 lap terakhir balapan MotoGP Thailand 2024, Francesco Bagnaia masih mampu menjaga dominasi. Dia bahkan unggul hamoir 2,5 detik ketimbang Jorge MArtin yang coba membayang di urutan 2.

Di sisi lain, Jack Miller dan Brand Binder sempat terlibat persaingan sengit demi memperebutkan podium ketiga. Namun, Miller tetap memimpin hingga balapan menyisakan 5 putaran.

Marc Marquez sudah tak bisa mengejar lawan-lawan beratnya yang bersaing sengit di posisi atas. Hingga 2 lap terakhir, menyeruduk 10 besar pun masih sulit bagi rider Gresini Ducati tersebut.

Sementara itu, persaingan tiga besar memanas dengan melibatkan Jack Miller dan Pedro Acosta. Memasuki lap 25, podium ketiga akhirnya menjadi milik Acosta. Tak ada lag perubahan tiga besar di putaran pemungkas. Francesco Bagnaia mengunci podium tertinggi, dengan dibuntuti Jorge Martin dan Pedro Acosta.


Hasil Race MotoGP Thailand 2024

Pembalap Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia (depan), berhasil meraih podium juara MotoGP Thailand 2024 di Sirkuit Buriram, Minggu (27/10/2024) sore WIB. Pecco mampu unggul atas Jorge Martin yang finis di posisi kedua. (AFP/Lillian SUWANRUMPHA)

Posisi-Pembalap-Asal-Tim (Motor)

1. Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP24)

2. Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP24)

3. Pedro Acosta SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)

4. Fabio Di Giannantonio ITA VR46 Ducati (GP23)

5. Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)

6. Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)

7. Maverick Viñales SPA Aprilia Racing (RS-GP24)

8. Johann Zarco FRA LCR Honda (RC213V)

9. Aleix Espargaro SPA Aprilia Racing (RS-GP24)

10. Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP23)

11. Marc Marquez SPA Gresini Ducati (GP23)

12. Luca Marini ITA Repsol Honda (RC213V)

13. Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)

14. Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo (GP24)

15. Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V)

16. Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)

Augusto Fernandez SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)Alex Rins SPA Monster Yamaha (YZR-M1)

Lorenzo Savadori ITA Aprilia Racing (RS-GP24)

Franco Morbidelli ITA Pramac Ducati (GP24)

Raul Fernandez SPA Trackhouse Aprilia (RS-GP24)

Marco Bezzecchi ITA VR46 Ducati (GP23)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya