Animo Besar Warga Madiun Hadiri Jalan Sehat Bareng Khofifah

Dalam sambutannya Khofifah memgatakan, perjuangan dari santri dan kiai harus dihormati.

oleh Tim News diperbarui 27 Okt 2024, 17:06 WIB
Animo besar masyarakat Madiun tidak lagi terbendung mengikuti jalan sehat bersama Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Khofifah Indar Parawansa dalam memperingati Hari Santri Nasional 2024 (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Animo besar masyarakat Madiun tidak lagi terbendung mengikuti jalan sehat bersama Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Khofifah Indar Parawansa dalam memperingati Hari Santri Nasional 2024. Kehadiran Khofifah mendapat sambutan hangat dari ribuan warga Madiun.

Ketua PP Muslimat Nahdlatu Ulama (NU) itu turut juga membuka jalan sehat bersama warga Madiun. Dalam sambutannya Khofifah memgatakan, perjuangan dari santri dan kiai harus dihormati.

"Kepada panjenengan semua yang mengikuti jalan sehat pada pagi hari ini. Hari santri adalah bagaimana peran pesantren dan para santri menegakkan kemerdekaan republik Indonesia yang baru di proklamasikan 17 Agustus 1945," kata Khofifah.

Lantaran dia mengungkapkan berkat pengorbanan mereka turut andil dalam merebut Kemerdekaan Indonesia pada 1945. Sehingga perayaan Hari Santri Nasional harus terus dirayakan bersama.

 


Peran Aktif

Khofifah bercerita, perihal peran aktifnya di masa pemerintahan periode pertama Presiden ke-7 Joko Widodo (Jokowi). Utamanya dalam merumuskan Hari Santri masuk dalam hari peringatan nasional.

Dia mengungkap keterlibatannya lantaran pada saat itu termasuk dalam tim transisi diawal Pemerintahan Presiden Jokowi. Hari santri turut menjadi perhatian demi menghormati jasa santri dan pondok pesantren dalam kemerdekaan Tanah Air.

"Pada saat Presiden Jokowi tiga hari sebelum dilantik pada tahun 2014. Beliau mentelpon saya, beliau dawuh Mba Khofifah persiapan hari santri Nasional karena saat itu saya ada di tim transisi," tandasnya.

Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya