Ridwan Kamil-Suswono Bakal Buka 1 Juta Lapangan Kerja di Jakarta

Pasangan Calon (Paslon) Gubernur Jakarta nomor urut satu, Ridwan Kamil menuturkan, isu ekonomi di Jakarta terbagi tiga.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 27 Okt 2024, 22:20 WIB
Pasangan Calon (Paslon) Gubernur Jakarta nomor urut satu, Ridwan Kamil-Suswono bakal menyiapkan 1 juta lapangan pekerjaan di Jakarta (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan Calon (Paslon) Gubernur Jakarta nomor urut satu, Ridwan Kamil-Suswono bakal menyiapkan 1 juta lapangan pekerjaan di Jakarta yang terdiri dari 600 ribu pada sektor formal, 300 ribu sektor UMKM, dan 100 ribu di sektor padat karya.

"Di program Rp 1 miliar per RW yang akan diberikan ke RW se Jakarta,” kata Ridwan Kamil dalam Debat Kedua Pilkada Cagub-Cawagub Jakarta 2024, Minggu (27/10/2024). 

Ridwan menjelaskan isu ekonomi di Jakarta terbagi tiga yaitu isu ekonomi pasar, ekonomi bawah, dan ekonomi pasar bisa dikembangkan menjadi isu ekonomi besar. Untuk ekonomi besar, kota global Paslon nomor urut 1 ini bakal menghadirkan pusat-pusat pertumbuhan.

Adapun untuk kelas menengah, Ridwan menuturkan bakal menghadirkan digital akademi gratis untuk 100 ribu Gen Z, kemudian Coworking gratis, hunian di atas pasar dan di atas stasiun juga bakal dihadirkan. 

"Pusat-pusat pertumbuhan wisata global lainnya akan menjadikan Jakarta lebih maju dan lebih baru," ujar Ridwan. 

Ketahanan Pangan Jakarta Rawan

Pada kesempatan yang sama, Suswono menjelaskan 98 persen pangan di Jakarta dipasok dari wilaya liar Jakarta, ini membuat ketahanan pangan Jakarta sangat rawan. Dalam hal ini, paslon nomor urut 1 akan memastikan pasokan pangan aman jika terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta.

Demi mencapai hal tersebut, langkah yang akan dilakukan pertama adalah melakukan kontrak kerja sama dengan daerah-daerah pemasok. 

"Kedua menghadirkan sembako murah dengan menambah anggaran subsidi pangan sehingga banyak yang bisa mengakses dan memperbanyak titik distribusi sehingga rakyat tidak perlu antre panjang,” ujar Suswono. 

Adapun langkah ketiga adalah memanfaatkan lahan terlantar untuk dijadikan gerakan urban farming dan memastikan KJP plus di era kepemimpinan Anies Baswedan tidak dihapus dan akan ditingkatkan.

 


Debat Kedua Pilkada

Calon Gubernur (Cagub) nomor urut 1 Ridwan Kamil, Cagub nomor urut 2 Dharma Pongrekun, Cagub nomor urut 3 Pramono Anung saat debat kedua Pilgub Jakarta 2024. (Tangkapan Layar YouTube KPU Jakarta)

Tiga pasangan calon atau paslon Debat Pilkada Jakarta 2024 antara lain Ridwan Kamil-Suswono, Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto, dan Pramono Anung-Rano Karno mengikuti debat kedua Pilkada Jakarta 2024 pada Minggu, 27 Oktober 2024.

Debat kedua Pilkada Jakarta 2024 berlangsung di Beach City International Stadium, Ancol. Tema yang diusung pada debat kedua dengan tema ekonomi dan kesejahteraan sosial.

Total ada enam sub tema dari debat kedua, berikut rinciannya:

Pertama, infrastruktur terintegrasi dan pelayanan dasar prima

Kedua, pendidikan dan kesehatan.

Ketiga, penanganan ketimpangan sosial.

Keempat, pembangunan ekonomi digital dan UMKM.

Kelima, pariwisata dan ekonomi kreatif.

Keenam, inflasi bahan pokok.


KPU Umumkan 2 Moderator dan 7 Panelis Debat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta telah mengumumkan susunan dua moderator dan tujuh panelis untuk debat kedua Pilkada Jakarta 2024 yang bakal digelar malam ini, Minggu (27/10/2024).

Hal tersebut diumumkan Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU DKI Jakarta, Astri Megatari. Dua moderator debat kedua Pilgub Jakarta 2024 merupakan presenter dari media swasta nasional yang berbeda.

Sementara itu, ketujuh panelis debat kedua Pilkada Jakarta 2024 terdiri atas akademisi dan praktisi dari berbagai sektor yang relevan dengan tema debat. Adapun tema debat kedua yaitu ekonomi dan kesejahteraan sosial.

Lebih lanjut, Astri juga menerangkan alasan pihaknya memindahkan lokasi debat kedua Pilgub Jakarta 2024 yang semula direncanakan di Ecovention, Ancol menjadi Beach City International Stadium, Ancol. Dia mengatakan ada kegiatan lain di lokasi awal yang menghadirkan keramaian.

"Pertimbangannya karena di dekat Ecovention ternyata ada acara festival yang penontonnya diperkirakan 20 ribu orang," kata Astri dalam keterangannya, dikutip Minggu (27/10/2024).

Daftar Moderator dan Panelis Debat Pilgub Jakarta

Kemudian, Astri memastikan tidak ada perubahan susunan acara antara debat pertama dan kedua Pilkada Jakarta 2024. Debat pilkada akan dimulai pada pukul 19.00 WIB.

"Susunan acara tidak ada perubahan tetap 6 segmen, dengan pembagian segmen sama seperti debat pertama," ucap Astri.

Dua moderator untuk debat kedua Pilgub Jakarta 2024:

1. Frisca Clarissa

2. Rivana Pratiwi

Tujuh panelis debat kedua Pilgub Jakarta 2024:

1. Dr.dr.Taufiq F Pasiak, M.Kes., M.Pd.I., MH

2. Dr. Tauhid Ahmad

3. Timboel Siregar, SSi, SH, MM

4. Dimas Oky Nugroho, S.IP, M.Phil., Ph.D

5. Prof. Dr. Arif Satria, S.P, M.Si

6. Felicia Putri Tjiasaka, B.Sc, CFA

7. Dr. M. Imdadun Rahmat, M.Si

Infografis Jurus Pemerintahan Prabowo - Gibran Capai Pertumbuhan Ekonomi 8 Persen. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya