Ridwan Kamil Ingin Jadikan Jakarta Kota Festival di Debat Kedua Pilgub, Apa Itu?

Calon Gubernur (Cagub) Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK) mengatakan ingin menjadikan Jakarta Kota Festival.

oleh Devira PrastiwiWinda Nelfira diperbarui 27 Okt 2024, 21:05 WIB
Calon Gubernur (Cagub) nomor urut 1 Ridwan Kamil saat debat kedua Pilgub Jakarta 2024. (Tangkapan Layar YouTube KPU Jakarta)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur (Cagub) Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK) mengatakan ingin menjadikan Jakarta Kota Festival. Menurutnya, cara itu juga bisa dipakai untuk mempromosikan Pasar Tanah Abang.

Dia berencana untuk menggelar festival internasional di Tanah Abang untuk promosi. Hal itu disampaikan RK dalam debat kedua Pilgub Jakarta 2024 di Beach City International, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (27/10/2024).

"Salah satu visi pasangan Rido adalah membuat Jakarta sebagai Kota festival. Sehingga untuk mempromosikan Tanah Abang, kita bisa membuat festival Tanah Abang secara internasional," kata RK saat debat kedua Pilgub Jakarta di Beach City International, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (27/10/2024).

Dia melanjutkan, festival bisa dihelat secara bulanan, mingguan, atau pun tahunan. Ridwan Kamil meyakini, melalui festival bakal mampu menarik kunjungan yang masif ke Pasar Tanah Abang.

RK juga akan menginstruksikan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bank DKI untuk memberikan dana sebagai modal kepada pedagang di Tanah Abang. Tak hanya itu, dia juga ingin menghadirkan konsep baru di Pasar Tanah Abang.

"Dan juga saya menemukan data waktu saya blusukan ke Tanah Abang, masih ada tanah Pasar Jaya yang satu lantai ya, sehingga kita konsepkan nanti di sana ada pasar berbentuk baru," kata dia.

"Temanya ternak misalkan, tapi di atasnya ada hunian untuk gen z, anak-anak Tanah Abang bisa tetap tinggal di pusat kota meramaikan ekonomi Tanah Abang," tandas Ridwan Kamil.

Sebelumnya, Calon Gubernur (Cagub) Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK) berjanji bakal memberikan cuti bagi ibu menyusui di Jakarta sebagai salah satu langkah mencegah stunting.

 


Debat Kedua Pilgub Jakarta 2024, Ridwan Kamil Janji Bakal Berikan Cuti bagi Ibu Menyusui

Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur nomor 1 Ridwan Kamil-Suswono saat membacakan visi misi di debat kedua Pilgub Jakarta 2024. (Tangkapan Layar YouTube KPU Jakarta)

Menurut Ridwan Kamil, mencegah stunting menjadi hal penting menuju Indonesia Emas. Hal ini disampaikan RK dalam debat kedua Pilgub Jakarta 2024 di Beach City Internasional Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (27/10/2024).

"Sehingga sebagai calon gubernur Jakarta (kami) mewajibkan investasi manusia yang mahal ini dengan seluas-luasnya (dengan) memberikan cuti kepada ibu-ibu yang akan menyusui," kata RK saat debat kedua Pilgub Jakarta 2024, Minggu (27/10/2024).

Pasalnya, RK menyatakan, memberantas stunting terlalu telat jika anak sudah lahir. Dia bilang, program kesehatan sejak ibu masih hamil harus disertai dengan program menyusui yang baik.

RK menyebut, cuti bagi ibu menyusui bakal disesuaikan dengan produktivitas ibu yang bekerja. Dia berujar, di setiap tempat kerja harus dipastikan ada ruang laktasi.

"Kami akan memastikan di setiap tempat kerja di Jakarta ada ruang laktasi atau ruang menyusui yang privat dan itu sudah pernah kami lakukan di periode kami sebelumnya," kata Ridwan Kamil.

Lebih lanjut, dia berjanji juga bakal memberikan subsidi bagi ibu menyusui yang berasal dari golongan masyarakat menengah. Subsidi diharapkan dapat digunakan untuk mencukupi gizi ibu yang menyusui.

"Kita akan memberikan subsidi dari penambahan gizi-gizi dari berbagai dukungan kartu-kartu yang sudah kami siapkan, sehingga mendapatkan suplai berupa gizi baik selain air susu ibu yang tentunya menjadi sebuah kebutuhan," tegas RK.

 


Suswono: Ketahanan Pangan di Jakarta Rawan, Kami Pastikan Aman Jika Memimpin

Calon Wakil Gubernur nomor urut 1 Suswono saat debat kedua Pilgub Jakarta 2024. (Tangkapan Layar YouTube KPU Jakarta)

Sebelumnya, Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) berjanji memastikan ketahanan pangan di Jakarta jika menjadi gubernur dan wakil gubernur terpilih di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta 2024.

Hal ini disampaikan Cawagub Suswono dalam debat kedua Pilgub Jakarta di Beach City Internasional Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (27/10/2024). Dia mengatakan, 98 persen pangan di Jakarta dipasok dari luar.

"98 persen pangan Jakarta dipasok dari luar Jakarta, maka ketahanan pangan Jakarta sungguh sangat-sangat rawan. RIDO akan pastikan bahwa pasokan pangan akan aman sepanjang RIDO memimpin Jakarta," ujar Suswono saat debat kedua Pilgub Jakarta, Minggu (27/10/2024).

Suswono juga membeberkan sejumlah langkah menjaga ketahanan pangan di Jakarta yang bakal ditempuh RIDO. Dia mengaku akan menjalin kontrak kerjasama dengan wilayah pemasok pangan.

"Langkah-langkah yang akan dilakukan pertama melakukan kontrak kerjasama dengan daerah-daerah pemasok atau penghasil pangan," ucap Suswono.

Infografis Moderator, Panelis hingga Jadwal Debat Perdana Pilgub Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya