Strategi Elly Lasut Buat Bonus Demografi Kans untuk Sulut Maju dan Berdaya Saing

Dengan fokus pada pengembangan sumber daya manusia dan lapangan kerja, Elly percaya bahwa kekuatan pemuda Sulut adalah kunci kemajuan daerah.

oleh Tim News diperbarui 27 Okt 2024, 21:56 WIB
Calon Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) nomor urut 2, Elly Engelbert Lasut.

 

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) nomor urut 2, Elly Engelbert Lasut, menyiapkan rencana besar untuk mengoptimalkan potensi bonus demografi Sulut. Dengan fokus pada pengembangan sumber daya manusia dan lapangan kerja, Elly percaya bahwa kekuatan pemuda Sulut adalah kunci kemajuan daerah.

“Saya akan melakukan penyesuaian pada anggaran agar anak-anak muda di Sulawesi Utara ini bisa melatih diri, melatih bahasa, melatih vokasi, dan mereka akan disalurkan pada tempat-tempat yang sudah terbuka peluang kerjanya,” ungkap Elly Lasut, dikutip Minggu (27/10/2024).

Strategi ini menggarisbawahi komitmen kuatnya untuk membuka akses pelatihan dan pendidikan vokasi demi menciptakan tenaga kerja yang siap bersaing di era global. Elly Lasut berencana mengalokasikan anggaran secara optimal, agar generasi muda Sulut dapat mengikuti program pelatihan yang relevan.

Elly menyadari pentingnya penciptaan lapangan kerja yang berkesinambungan bagi penduduk usia produktif. Data dari BPS Sulut tahun 2024 menunjukkan bahwa persentase penduduk usia produktif di provinsi ini telah mencapai lebih dari 60 persen. Elly menegaskan bahwa bonus demografi ini harus dimanfaatkan sebagai aset daerah, bukan beban, dengan menghadirkan peluang yang tepat bagi generasi muda.

Elly Lasut juga menargetkan penciptaan 10.000 peluang kerja bagi pemuda Sulut dalam satu hingga dua tahun ke depan.

“Target kami satu sampai dua tahun ke depan, minimal 10.000 anak Sulawesi Utara ini bisa mengakses tantangan peluang pekerja global di luar negeri sana,” lanjutnya.

Rencana ini mencakup kolaborasi dengan berbagai sektor, baik swasta maupun institusi pendidikan, untuk membentuk ekosistem kerja yang tangguh dan berdaya saing. Kolaborasi dengan sektor swasta juga menjadi bagian penting dalam rencananya.

 


Jadikan Sulut Pemasok Tenaga Kerja Berkualitas

Calon Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) nomor urut 2, Elly Engelbert Lasut (Istimewa)

Ia berkomitmen menjadikan Sulut sebagai provinsi yang siap memasok tenaga kerja berkualitas untuk pasar nasional maupun internasional. Dengan sinergi yang kuat antara pendidikan, pelatihan, dan industri, Elly yakin Sulut dapat menjadi pusat pertumbuhan SDM unggul di Indonesia Timur.

Pendekatan holistik ini diharapkan dapat mengubah tantangan bonus demografi menjadi peluang emas bagi kemajuan Sulut. Elly Lasut dan timnya siap untuk menghadirkan perubahan yang berdampak nyata, menjadikan Sulut sebagai provinsi berdaya saing tinggi dengan SDM yang siap berkompetisi di tingkat global.


Infografis

Infografis Beda Putusan MK dan DPR Terkait Revisi UU Pilkada. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya