Profil Rachel Gupta, Pemenang Miss Grand International 2024 Asal India

Wakil asal India, Rachel Gupta berhasil meraih gelar juara dalam ajang Miss Grand International 2024. Melalui prestasinya tersebut dia berhasil menoreh sejarah sebagai wanita pertama asal India yang juara di acara tersebut.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 28 Okt 2024, 12:33 WIB
Rachel Gupta adalah orang India pertama yang memenangkan Miss Grand International. (Dok: IG @_rachelgupta https://www.instagram.com/_rachelgupta?igsh=NGFpdnQzODhxcmMz)

Liputan6.com, Bandung - Perwakilan asal India, Rachel Gupta berhasil meraih gelar juara dalam ajang ternama Miss Grand International 2024 di Bangkok, Thailand. Melalui kompetisi tersebut Rachel berhasil mengalahkan wakil Filipina Christie Juliane Opiaza dan wakil Myanmar Thae Su Nyein.

Melansir dari Marca Rachel Gupta berhasil unggul atas 69 peserta dari berbagai negara pada Minggu (27/10/2024). Perempuan berusia 20 tahun itu juga berhasil mencetak sejarah baru sebagai wanita asal India pertama yang meraih gelar Miss Grand International.

Sebagai informasi, Rachel Gupta sudah memulai kariernya dalam dunia kecantikan sebagai model profesional yang berasal dari Provinsi Punjab di India. Kabar kemenangannya langsung dibagikan langsung oleh pihak Miss Grand International.

Selamat untuk Miss Grand International yang baru, Rachel Gupta (@_rachelgupta), pemenang MGI pertama kalinya dari India,” tulisnya.

Diketahui dalam acara final tersebut, Rachel Gupta meraih mahkota kemenangan yang diberikan langsung oleh Luciana Fuster dari Peru. Sang juara Miss Grand International tahun lalu yang digelar di Vietnam.

Selain kemenangan Rachel Gupta, sejumlah negara lain juga berhasil memasuki jajaran 10 besar. Di antaranya Filipina, Myanmar, Inggris, Brasil, Republik Dominika, Perancis, Spanyol, Peru, India, dan Indonesia.

Melalui ajang ini, Indonesia diwakili oleh Nova Liana yang berhasil meraih posisi kelima dalam Miss Grand International 2024.


Profil Rachel Gupta

Rachel Gupta dari India Memenangkan Gelar Miss Grand International 2024 (dok. Instagram @missgrandinternational/https://www.instagram.com/p/DBjojEET7iO/?hl=en&img_index=1/Dinny Mutiah)

Melansir dari beberapa sumber, Rachel Gupta merupakan kelahiran 24 Januari 2004 di Jalandhar, Punjab, India. Rachel dikenal sebagai model profesional dan saat ini resmi meraih gelar Miss Grand International 2024.

Rachel juga sebelumnya telah berhasil meraih kemenangan untuk sejumlah kontes kecantikan seperti Miss Grand India 2024 hingga Miss Super Talent of the World 2022. Perempuan berusia 20 tahun ini memiliki tinggi badan 178 cm.

Melansir dari India Present Rachel Gupta tidak hanya dikenal sebagai seorang model profesional tetapi juga menjadi pengusaha. Rachel juga mahir dalam berbahasa Inggris dan dikenal sebagai sosok perempuan cerdas.

Selain itu, dalam kompetisi Miss Grand International 2024 Rachel berhasil mencetak sejarah sebagai perempuan India pertama yang meraih gelar tersebut. Sosoknya unggul karena memiliki komitmen terhadap sejumlah isu.

Di antaranya untuk mengatasi masalah kemiskinan dan pengelolaan sumber daya yang efektif, memanfaatkan platformnya untuk meningkatkan kesadaran, hingga mendorong perubahan sosial.


Latar Belakang Keluarga yang Mendukung

Rachel Gupta adalah orang India pertama yang memenangkan Miss Grand International. (Dok: Instagram @_rachelgupta)

Rachel Gupta memiliki latar belakang yang cukup unggul di negara asalnya karena ayahnya yaitu Rajesh Aggarwal dikenal sebagai pengusaha dan menyukai seni. Sementara ibunya dikenal sebagai ibu rumah tangga dan menyukai minat dalam tari klasik India.

Selain itu, Rachel juga memiliki adik perempuan bernama Nirjhar Gupta dan sejak kecil Rachel berada di lingkungan yang penuh dukungan. Keluarganya sering memberikan kesempatan untuknya mengembangkan bakat sejak usia dini.

Rachel juga menjadi anak yang cerdas tidak terlepas dari pendidikannya yang penting untuknya. Rachel diketahui pernah menempuh pendidikan di sekolah lokal di Jalandhar, India.

Ketika bersekolah perempuan berusia 20 tahun ini berhasil meraih prestasi akademis yang bagus hingga mengembangkan rasa cintanya untuk dapat tampil di atas panggung. Dia juga belajar di perguruan tinggi bergengsi untuk mempelajari filsafat.


Mengembangkan Bakat Di Usia Muda

Rachel Gupta adalah orang India pertama yang memenangkan Miss Grand International. (Dok: IG @_rachelgupta

Bakat Rachel Gupta selalu mendapatkan dukungan sejak dia usia muda oleh keluarganya. Adapun perjalanan besarnya dimulai ketika berusia 18 tahun setelah ia mengikuti kompetisi Miss Super Talent di Paris, Perancis.

Acara bergengsi tersebut digelar bersamaan dengan acara fesyen bergengsi yaitu Paris Fashion Week dan diikuti oleh hampir sekitar 50 negara. Rachel berhasil jadi sorotan dan meraih gelar juara hingga membuatnya dikenal di panggung internasional.

Kemudian di tahun 2024 Rachel berhasil memenangkan gelar juara dalam kompetisi Miss Grand India. Kesuksesannya tersebut membawa Rachel melangkah maju dalam ajang bergengsi lainnya yaitu Miss Grand International 2024.

Melalui acara tersebut Rachel Gupta berhasil meraih gelar juara dan mencetak sejarah karena berhasil jadi perempuan India pertama yang menjuarai Miss Grand International. Tentunya gelar ini membawanya dikenal publik dan mengharumkan nama negaranya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya