RK-Suswono Gagas Forward Contract hingga Pasar Murah, Jubir: Melindungi Warga dari Lonjakan Harga

Ridwan Kamil-Suswono menggagas program forward contract hingga pasar murah untuk menghadapi keterbatasan lahan pertanian di Jakarta.

oleh Winda Nelfira diperbarui 28 Okt 2024, 12:32 WIB
Dalam segmen pertama, tiga pasangan calon gubernur-wakil gubernur diperkenankan membacakan visi-misi masing-masing. Tampak pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono sesaat sebelum menyampaikan visi misi dalam segmen pertama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

 

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), menggagas program forward contract hingga pasar murah untuk menghadapi keterbatasan lahan pertanian di Jakarta.

Juru bicara pasangan nomor urut 1, Fahlino Sjuib, mengatakan terobosan itu dirancang guna memastikan bahan-bahan pangan dapat diakses seluruh warga dengan mudah dan murah.

"Forward contract dengan daerah-daerah penghasil pangan memastikan ketersediaan dan mengunci harga bahan pokok, sehingga warga Jakarta terlindungi dari lonjakan harga," kata Fahlino dalam keterangan tertulis, diterima Senin (28/10/2024).

Menurut Fahlino, konsep seperti ini krusial, mengingat permintaan pangan di Jakarta meningkat saat peringatan hari raya keagamaan dan tahun baru.

"Paslon RIDO melakukan antisipasi dengan melakukan inovasi seperti ini," ujar Lino.

KPU DKI Jakarta menggelar debat kedua Pilkada Jakarta dengan tema ekonomi dan kesejahteraan sosial. Debat dihelat di Beach City Internasional Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Minggu 27 Oktober 2024.

Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), berjanji memastikan ketahanan pangan di Jakarta jika menjadi gubernur dan wakil gubernur terpilih di Pilkada Jakarta 2024.

"98 persen pangan Jakarta dipasok dari luar Jakarta, maka ketahanan pangan Jakarta sungguh sangat-sangat rawan. RIDO akan pastikan bahwa pasokan pangan akan aman sepanjang RIDO memimpin Jakarta," kata Suswono.

Suswono juga membeberkan sejumlah langkah menjaga ketahanan pangan di Jakarta yang bakal ditempuh RIDO. Dia bilang, akan menjalin kontrak kerja sama dengan wilayah pemasok pangan.

"Kami akan kontrak kerja sama dengan daerah-daerah penghasil. Ada dua pilihan, yakni kontrak langsung dan BUMD kita investasi di daerah penghasil pangan. Untuk investasi, misalnya terkait daging sapi yang banyak di NTT dan NTB," kata dia.

Keduanya juga menyiapkan program pasar murah untuk menjamin akses bahan pokok yang terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Titik-titik distribusi juga akan diperbanyak untuk memudahkan warga.


Ridwan Kamil Bakal Beri Uang Kehormatan ke Pengurus RT/RW Jika Jadi Gubernur Jakarta

Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil menemui masyarakat di kawasan Luar Batang, Jakarta, Selasa (8/10/2024). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sementara itu, (RK) akan memberikan uang kehormatan kepada pengurus RT dan RW di Jakarta. Dana ini, berbeda dengan anggaran Rp200 juta untuk setiap RT/RW di Jakarta tiap tahunnya.

"Khusus RT RW, selain operasionalnya dinaikkan, kami akan berikan uang kehormatan untuk pribadi, uang lelahnya berbeda dengan operasional. RT kami berikan Rp2 juta, RW Rp2,5 juta," kata RK di debat kedua Pilkada Jakarta di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Minggu 27 Oktober 2024.

Selain itu, RK dia ingin mengentaskan pengangguran di Jakarta. Dia berjanji menghadirkan 1 juta lapangan pekerjaan kepada warga Jakarta selama 5 tahun ke depan.

"Dan untuk Gen-Z jangan khawatir. Kami akan hadirkan coworking space gratis dan juga pelatihan digital untuk masa depan," kata dia.

Tak hanya itu, dia berharap, usai debat yang berlangsung selama kurang lebih tiga jam tersebut, masyarakat Jakarta kian yakin memilih ia dan cawagub Suswono.

"Izinkan kami mencintai, menyayangi Bapak Ibu semua melalui inovasi-inovasi yang relevan selama lima tahun ke depan di bidang pendidikan," ujar dia.

Lebih lanjut, Ridwan Kamil juga mau memberikan pendidikan gratis dan inklusif bagi seluruh anak di Jakarta, menjamin kesejahteraan guru, membangun RSUD tambahan, menghadirkan dokter keliling di Jakarta.

Infografis Adu Program 3 Paslon di Debat Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya