Arsenal Ditahan Liverpool, Bukayo Saka Tetap Masuk Buku Rekor Klub

Si sayap tajam Arsenal Bukayo Sak kembali mencatatkan namanya dalam sejarah The Gunners lewat aksi gol pembuka dalam duel sengit yang berakhir imbang 2-2 melawan Liverpool di Stadion Emirates, Minggu (17/10/2024) malam WIB.

oleh Rahmat Fathurahman diperbarui 28 Okt 2024, 21:45 WIB
Selebrasi Bukayo Saka saat Arsenal melawan Wolverhampton di Liga Inggris 2024/2025 (AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Si sayap tajam Arsenal Bukayo Sak kembali mencatatkan namanya dalam sejarah The Gunners lewat aksi gol pembuka dalam duel sengit yang berakhir imbang 2-2 melawan Liverpool di Stadion Emirates, Minggu (17/10/2024) malam WIB.

Meski absen dari sesi latihan Jumat akibat masalah hamstring yang didapat saat membela timnas pada jeda internasional bulan ini, Saka berhasil lolos tes medis Minggu pagi dan mendapat lampu hijau untuk tampil sebagai starter melawan The Reds.

Saka hanya membutuhkan sembilan menit untuk membuktikan ketajamannya. Ia memanfaatkan umpan brilian Ben White untuk kemudian memperdaya Andy Robertson sebelum menjebol gawang Caoimhin Kelleher dengan tembakan akurat ke tiang dekat.

Permata Hale End ini kini telah mengukir 50 gol di Liga Premier berama Arsenal. Pencapaian ini membuatnya menjadi pemain termuda The Gunners yang mencapai milestone tersebut di usia 23 tahun 52 hari, menggulingkan rekor yang sebelumnya dipegang legenda Thierry Henry.

Gol bersejarah tersebut menjadi yang keempat bagi Saka musim ini di seluruh kompetisi. Performa gemilangnya di laga Minggu juga terlihat dari keberhasilannya memenangi tujuh dari sembilan duel, dan berhasil membuat Robertson dan koleganya kewalahan menghadapi aksi-aksi berbahayanya.


Arsenal Gagal Amankan Kemenangan

Hasil imbang ini mengubah wajah papan atas klasemen sementara. Liverpool di peringkat dua dengan 22 poin. Arsenal mengekor dengan 18 poin. (AFP/Adrian Dennis)

Si pilar timnas Inggris ini berhasil mengemas total 62 gol dan 60 assist dari 237 penampilan perdananya bersama Arsenal. Namun, kegembiraan gol pembuka Saka tak bertahan lama sampai sang kapten Virgil van Dijk berhasil menanduk bola dari situasi tendangan sudut untuk menyamakan kedudukan. 

Setelah Liverpool berhasil membobol pertahanan Arsenal lewat bola mati, The Gunners langsung membalas dengan cara serupa. Umpan cantik Declan Rice dari tendangan bebas berhasil dikonversi oleh Mikel Merino lewat sundulan tajam, yang sekaligus menjadi gol perdananya di bawah asuhan juru taktik Mikel Arteta.

Gol spektakuler pemain Spanyol itu merupakan buah manis dari dominasi Arsenal di babak pertama melawan pasukan Arne Slot. Namun, setelah Gabriel Magalhaes dan Jurrien Timber terpaksa angkat kaki dari lapangan, The Gunners tampak seperti tim yang kehilangan kompas.

Liverpool terus menggempur lini belakang dadakan Arsenal yang diisi Ben White, Thomas Partey, Jakub Kiwior dan Myles Lewis-Skelly. Serangan bertubi-tubi The Reds akhirnya membuahkan hasil saat Mohamed Salah berhasil menghujamkan gol penyeimbang kedua.

Supersub Arsenal, Gabriel Jesus sempat membuat stadion bergemuruh dengan gol di penghujung laga, namun wasit membatalkannya. Frustasi semakin memuncak ketika pemain asal Brasil itu justru diganjar kartu kuning setelah protes keras karena The Gunners tidak mendapatkan tendangan sudut di momen krusialnya.

 


Jadwal Arsenal dan Liverpool Selanjutnya

Para pemain Arsenal merayakan gol yang dicetak oleh Bukayo Saka ke gawang Wolverhampton pada pekan pertama Liga Inggris 2024/2025 di Emirates Stadium, Sabtu (17/8/2024) malam WIB. (AP Photo/Frank Augstein)

Gemuruh sorak-sorai akan membahana di kota Manchester pada Minggu malam, menyusul hasil seri antara Arsenal dan Liverpool yang mengantarkan Manchester City ke singgasana Liga Premier. Skuad asuhan Pep Guardiola kini mengungguli tim besutan Arne Slot dengan selisih tipis satu poin.

Sementara itu, The Gunners berhasil merangkak naik ke peringkat ketiga, menggeser Aston Villa dan Chelsea. Namun, mereka kini menghadapi tantangan berat untuk mengejar ketertinggalan lima poin dari The Citizens dan empat poin dari The Reds yang bertengger di posisi runner-up.

Meski sempat dirundung kekecewaan di menit akhir, Arsenal patut berbangga karena berhasil mencatatkan rekor tak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir Premier League menghadapi Liverpool. The Reds sendiri belum mampu menaklukkan anak asuh Mikel Arteta di kasta tertinggi sejak musim 2021-22.

Kedua tim kini mengalihkan fokusnya ke ajang Piala EFL. Liverpool selaku juara bertahan akan melakoni laga tandang ke markas Brighton & Hove Albion pada Rabu malam, bersamaan dengan duel Arsenal yang akan menggempur Preston North End.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya