5 Janji Dharma Pongrekun-Kun Wardhana di Debat Kedua Pilgub Jakarta 2024, Usung Program Getuk Tular Adab

Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardhana memaparkan visi dan misi dalam debat kedua Pilgub Jakarta 2024.

oleh Devira PrastiwiHisyam Adyatma diperbarui 28 Okt 2024, 15:00 WIB
Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto saat debat kedua Pilgub Jakarta 2024. (Tangkapan Layar YouTube KPU Jakarta)

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana memaparkan visi dan misi dalam debat kedua Pilgub Jakarta 2024 yang digelar di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Minggu malam 27 Oktober 2024.

Dalam debat kedua Pilgub Jakarta 2024, mereka mengangkat program unggulan yakni getuk tular adab untuk menyelesaikan persoalan ekonomi Jakarta.

"Punya program unggulan yakni getuk tular adab, suatu sistem ekonomi adam, pusaran ekonomi Jakarta akan selesaikan persoalan ekonomi Jakarta karena mengamankan ekonomi rakyat sehingga dapat bertahan, cucu hingga cicitnya," ujar Dharma Pongrekun saat penyampaian visi misi debat kedua Pilgub Jakarta, Minggu 27 Oktober 2024.

Dia juga meminta masyarakat yang tinggal di Jakarta untuk jangan takut terusir dari tempat tinggalnya karena biaya hidup yang mahal.

Dharma Pongrekun menjelaskan, sebab getuk tular adab adalah suatu sistem ekonomi adab yang menjadi pusaran ekonomi Jakarta yang akan menyelesaikan semua persoalan ekonomi yang ada di Jakarta.

"Sehingga rakyat dapat bertahan bahkan dapat diwariskan sampai dengan cucu dan sedikitnya. Kenapa unggul karena hanya dengan di rumah saja ekonomi akan masuk ke pundi-pundinya. Jadi rakyat Jakarta jangan lagi merasa khawatir terusir dari Jakarta walaupun biaya hidupnya mahal," kata dia.

Sementara, Kun Wardana kemudian menuturkan, untuk mendorong pertumbuhan inkslusif, kesetaraan, dan kesejahteraan sosial perlu lompatan. Salah satunya melalui ekonomi digital dengan menyediakan internet gratis.

"Ekonomi digital memungkinkan pergerakan infrastruktur digital, internet gratis untuk setiap rumah di Jakarta. Memagari teknologi untuk menyaring konten negatif, trafik yang ada dengan regulasi," ujar Kun Wardana.

Berikut sederet visi misi dan janji paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana dalam debat kedua Pilgub Jakarta 2024 dihimpun Tim News Liputan6.com:

 


1. Usung Program Ekonomi Getuk Tular Adab

Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto saat debat kedua Pilgub Jakarta 2024. (Tangkapan Layar YouTube KPU Jakarta)

Dalam debat kedua Pilgub Jakarta 2024, Pasangan Calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta nomor dua Dharma Pongrekun-Kun Wardana mengangkat program unggulan yakni getuk tular adab untuk menyelesaikan persoalan ekonomi Jakarta.

"Punya program unggulan yakni getuk tular adab, suatu sistem ekonomi adam, pusaran ekonomi Jakarta akan selesaikan persoalan ekonomi Jakarta karena mengamankan ekonomi rakyat sehingga dapat bertahan, cucu hingga cicitnya," ujar Calon Gubernur Jakarta Dharma Pongrekun saat penyampaian visi misi debat kedua Pilgub Jakarta, Minggu malam 27 Oktober 2024.

Dia mengatakan, getuk tular adab adalah suatu sistem ekonomi adab yang menjadi pusaran ekonomi Jakarta yang akan menyelesaikan semua persoalan ekonomi yang ada di Jakarta.

 


2. Minta Masyarakat Tak Takut Terusir dari Jakarta Karena Biaya Hidup Mahal, Bakal Dorong Perekonomian

Pasangan calon gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut dua Dharma Pongrekun (kiri) dan Kun Wardana saat debat kedua Pemilihan Gubernur DKI Jakarta pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 di Beach City International Stadium, kawasan wisata Ancol, Jakarta Utara, Minggu (27/10/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dharma Pongrekun juga meminta masyarakat yang tinggal di Jakarta jangan takut terusir dari tempat tinggalnya karena biaya hidup yang mahal. Sebab sudah memiliki program unggulan yakni getuk tular adab.

"Sehingga rakyat dapat bertahan bahkan dapat diwariskan sampai dengan cucu dan sedikitnya. Kenapa unggul karena hanya dengan di rumah saja ekonomi akan masuk ke pundi-pundinya," ucap dia.

"Jadi rakyat Jakarta jangan lagi merasa khawatir terusir dari Jakarta walaupun biaya hidupnya mahal," sambung Dharma Pongrekun.

Dia mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan tim ekonomi Adab untuk mengawal proses sistem ekonomi adab ini.

Dharma Pongrekun menambahkan, sudah ada subsistem atau support sistem untuk bisa meningkatkan pertumbuhan yang inklusif meningkatkan kesetaraan dan juga meningkatkan kesejahteraan sosial.

 


3. Dorong Pertumbuhan Inklusif, Bangun Super App

Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur nomor 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto saat membacakan visi misi di debat kedua Pilgub Jakarta 2024. (Tangkapan Layar YouTube KPU Jakarta)

Kemudian, calon wakil gubernur Jakarta Kun Wardana menuturkan, untuk mendorong pertumbuhan inkslusif, kesetaraan dan kesejahteraan sosial perlu lompatan.

Salah satunya, kata Kun Wardana, melalui ekonomi digital dengan menyediakan internet gratis.

"Ekonomi digital memungkinkan pergerakan infrastruktur digital, internet gratis untuk setiap rumah di Jakarta. Memagari teknologi untuk menyaring konten negatif, trafik yang ada dengan regulasi," ujar Kun.

Selain itu, paslon gubernur dan wakil gubernur Dharma Pongrekun-Kun Wardana akan membangun super app melalui aplikasi Jakarta Kini atau Jaki.

"Kita akan memberikan aplikasi dalam jaki menjadi super app menjadi super portal kesehatan, pendidikan, keuangan dan transportasi," tutur Kun.

 


4. Jaminan Kesejahteraan untuk Pengemudi Ojol

Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur nomor 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto saat debat kedua Pilgub Jakarta 2024. (Tangkapan Layar YouTube KPU Jakarta)

Nantinya, kata Kun Wardana, pihaknya akan memberikan kesejahteraan yang lebih bagi para ojol yaitu dengan tidak adanya potongan untuk untuk pengemudi ojol

"Dan juga dengan memberikan BPJS Kesehatan hingga BPJS Ketenagakerjaan untuk jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian gratis untuk mereka," kata dia.

Kun juga mengatakan akan memperbaiki tata kelola dengan memperkuat transparansi dan partisipasi publik dengan teknologi blockchain yang akan menjamin keamanan dan menjamin transparansi tidak lagi ada miss-management, penyimpangan, korupsi, pungutan liar dan juga orang-orang dalam yang bisa memanipulasi data.

"Dan di sini kita akan gunakan aplikasi ini untuk berbagai hal, pengadaan barang dan jasa pengelolaan keuangan dan transparansi anggaran dan pajak juga dan seterusnya," terang Kun.

 


5. Akan Beri Pelatihan Gratis ke Ibu-Ibu

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 2, Dharma Pongrekun-Kun Wardana saat menyampaikan visi misi dalam segmen pertama pada debat perdana calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10/2024). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Lalu, Kun Wardana mengatakan, perlunya memberikan lapangan pekerjaan bagi semua warga DKI Jakarta dan memberikan pendapatan yang layak, yaitu dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) yang disesuaikan dengan survei kebutuhan hidup layak atau KHL.

"Karena kalau kita hanya melihat dari pertumbuhan ekonomi dan juga inflasi, kekhawatirannya adalah dengan meningkatnya harga bahan pokok sehingga dia tidak bisa hidup dengan layak, untuk itu survei kebutuhan hidup layak itu menjadi sangat penting," kata Kun Wardana yang juga mendorong para pelaku UMKM untuk bisa produktif.

Dia menambahkan, Dharma-Kun memiliki program warung independen yang akan memberikan dukungan pelatihan secara gratis.

"Kalau kita melihat ibu-ibu atau emak-emak ya ini juga bisa sangat produktif y, untuk itu kita ingin memberikan pelatihan dan bagaimana pelatihan secara offline-nya itu kita juga punya program namanya warung independen, mereka bisa berinteraksi kolaborasi di warung independen itu dan juga ada pemodelan-pemodelan yang bisa mendukung perspektif agar mereka bisa menjadi UMKM yang sangat produktif," kata dia.

"Jadi potensi dunia digital ini membuka peluang-peluang bagi mereka untuk juga bisa kreatif dan mendapatkan penghasilan yang layak untuk lebih kebutuhan di DKI Jakarta," tandas Kun.

Infografis Adu Program 3 Paslon di Debat Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya