Ilmuwan Sebut Pria Gay Dapat Diketahui dari Cara Mereka Berbicara, Caranya?

Ilmuwan mengatakan pria gay dapat diketahui dari cara mereka berbicara

oleh Sulung Lahitani diperbarui 28 Okt 2024, 17:03 WIB
Ilustrasi LGBT | Via: istimewa

Liputan6.com, Jakarta Vokal bernada tinggi, panjang, dan sangat jelas: apa yang disebut 'gay voice' adalah fenomena nyata, kata para peneliti. Dua YouTuber sains telah meneliti penelitian di balik teori bahwa pria homoseksual memiliki cara berbicara unik yang melampaui aspek-aspek seperti budaya dan pendidikan.

Dilansir dari Daily Mail, Mitch Moffit, seorang ahli biologi, dan Greg Brown, seorang guru sains — yang keduanya gay — mengeksplorasi apa sebenarnya yang dimaksud dengan 'gay voice' dan apa yang mungkin menyebabkannya.

Dalam video yang diunggah ke channel YouTube mereka, AsapSCIENCE, pasangan tersebut mengamati penelitian yang dilakukan sejak awal tahun 90-an. Mereka menemukan bahwa analisis yang membandingkan nada suara pria heteroseksual dan homoseksual menemukan perbedaan utama dalam cara mereka berbicara.

Moffit menjelaskan: "Hasil penelitian menemukan bahwa pria gay berbicara dengan variasi nada yang lebih tinggi yang berarti bahwa rentang nada mereka dari rendah ke tinggi jauh lebih ekstrem daripada pria heteroseksual."

Brown menambahkan: "Pria gay juga ditemukan memiliki durasi vokal yang lebih panjang untuk "a", "i", dan "u" — mereka menahan vokal ini lebih lama secara umum saat berbicara dibandingkan dengan pria heteroseksual."

Satu aspek menarik dari analisis nada ini adalah bahwa hasilnya tidak spesifik bahasa dan direplikasi di seluruh bahasa Inggris, Prancis, dan Belanda.

"Gay voice meluas melampaui bahasa dan bukan hanya kata-kata atau budaya yang kita geluti," kata Moffit.

Brown juga menyoroti cara khusus bunyi 's' tampaknya diucapkan di antara pria gay.

"Pria gay juga lebih cenderung menahan bunyi s mereka lebih lama daripada orang heteroseksual," katanya.

Ia menyoroti bagaimana hal ini bertentangan dengan apa yang disebut 'gay lisp', kualitas bicara pria gay yang dianggap salah mengartikulasikan bunyi 's' sebagai 'th'.

 


Pria gay tak mendapatkan testosteron sebanyak pria heteroseksual

Ilustrasi LGBT(SatyaPrem/Pixabay).

Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa pria homoseksual tidak memiliki tingkat cadel yang lebih tinggi daripada rekan-rekan heteroseksual mereka. Namun, satu perbedaan utama yang diamati antara seksualitas adalah bahwa pria heteroseksual lebih cenderung bergumam dan cadel dibandingkan dengan pria gay yang lebih pandai bicara.

Temuan awal ini memicu teori bahwa 'gay voice' dikaitkan dengan hormon, khususnya hormon seks pria testosteron. Testosteron melakukan berbagai fungsi dalam tubuh, dan khususnya untuk suara, memperdalamnya selama masa pubertas pria.

Jadi, teorinya adalah bahwa pria gay, karena alasan apa pun, tidak mendapatkan testosteron sebanyak pria heteroseksual, yang menyebabkan suara yang terdengar berbeda.

Namun, penelitian untuk mengeksplorasi teori tersebut tidak menemukan bukti bahwa pria gay memproduksi testosteron sebanyak pria heteroseksual.

Dengan penyebab internal yang buntu, para ilmuwan mulai melihat faktor lingkungan eksternal dan menemukan sesuatu yang cukup menarik. Ternyata pria gay dan heteroseksual mengubah cara mereka bersuara berdasarkan siapa yang mendengarkan.

Brown menjelaskan, "Satu penelitian menemukan bahwa pria heteroseksual akan berbicara lebih maskulin secara stereotip kepada orang asing daripada kepada orang yang membuat mereka nyaman."

"Pria heteroseksual akan merendahkan suara mereka saat berbicara dalam peran kepemimpinan saat memberi perintah atau komando. Mereka juga akan merendahkan suara mereka di hadapan wanita yang menarik," tambahnya.

 


Pria gay lihai mengubah nada suaranya

Ilustrasi LGBT. (AP Photo/Andre Penner)

Moffit mengatakan pria gay juga akan mengubah suara mereka tetapi dalam konteks yang berbeda.

"Sebuah penelitian di Thailand menemukan bahwa orang gay mengubah suara mereka tergantung pada apakah mereka berbicara dengan teman, rekan kerja, atau anggota keluarga mereka," katanya.

"Mereka cenderung menggunakan suara falsetto paling tinggi, atau rentang vokal atas, saat berbicara dengan teman-teman."

"Sebuah penelitian di Italia juga menemukan bahwa pria gay akan terdengar lebih gay saat mereka berbicara dengan seseorang yang telah mereka kenal atau jika mereka berbicara dengan seseorang yang mereka duga gay."

Ia menambahkan beberapa penelitian juga menemukan pria gay yang menyatakan ketidaksukaan untuk "terdengar gay" dengan sengaja mengubah ucapan mereka.

Ketika relawan diberi sampel suara pria-pria ini untuk didengarkan, pria gay ini lebih mungkin diidentifikasi sebagai heteroseksual, yang pada prinsipnya menunjukkan bahwa "gay voice" dapat dimodifikasi. Moffit mengatakan salah satu penelitian favoritnya tentang subjek tersebut adalah penelitian tentang YouTuber gay yang menemukan bahwa setelah mereka tampil, pendengar akan merasa mereka terdengar semakin gay dari waktu ke waktu.

Penemuan ini, jika dilihat secara keseluruhan, memunculkan hipotesis bahwa 'gay voice', bukan cara bicara bawaan, merupakan bentuk isyarat sosial.

Seperti yang dijelaskan Tn. Brown: 'Hal ini mengarah pada teori bahwa terdengar gay merupakan adaptasi pria gay untuk memberi tahu orang lain di sekitar mereka bahwa mereka sebenarnya gay.'

Dengan demikian, hal itu bergantung pada konteks dan dapat diredam atau diubah sepenuhnya jika seseorang tidak ingin mengirimkan isyarat itu.

 


Bervariasi pada tiap individu

Pride Month dan bendera LGBT. Dok: Pixabay/AndrzejRembowski

Meskipun pasangan itu mengatakan beberapa penelitian telah dilakukan pada suara lesbian, penelitian semacam itu jauh lebih sedikit daripada penelitian pada pria gay dan meskipun para ahli telah menemukan beberapa perbedaan, perbedaan tersebut tidak sejelas perbedaan pada pria homoseksual.

Brown mengakhiri video tersebut dengan mengatakan bahwa penting untuk diingat bahwa perbedaan yang diamati dalam suara heteroseksual dan homoseksual merupakan tren umum dan secara alami akan bervariasi pada setiap individu.

"Tentu saja banyak pria heteroseksual yang dapat terdengar gay dan pria gay dapat terdengar heteroseksual," katanya.

"Namun penelitian menunjukkan ada perbedaan dalam ucapan yang akan berubah berdasarkan siapa yang mendengarkan Anda."

Pasangan tersebut juga baru-baru ini membahas fenomena "wajah gay" dan apakah orang, dan AI, dapat mengetahui apakah seseorang gay atau lesbian berdasarkan karakteristik fisik wajah mereka.

Infografis Gejala dan Pencegahan Cacar Monyet (Liputan6.com/Triyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya