Tak Cuma Cari Ketum Baru, Munas Perbasi Akan Sahkan Perubahan AD/ART dan Logo

Munas Perbasi 2024 akan mencari ketua umum yang baru. Tapi ada juga beberapa agenda lainnya.

oleh Thomas diperbarui 28 Okt 2024, 22:00 WIB
Pembukaan Munas Perbasi 2024

Liputan6.com, Jakarta- Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) di Hotel Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta Pusat pada 28 dan 29 Oktober 2024. Agenda utama Munas mencari ketua umum yang baru periode 2024-2028.

Ketua umum Perbasi sebelumnya dijabat oleh Danny Kosasih selama dua periode. Kepemimpinannya berakhir pada akhir Oktober 2024. Pada awal September 2024, Danny Kosasih meninggal dunia karena sakit jantung. Plt Perbasi kemudian dipegang Ardima Rama Putra.

"Agenda kami hari ini akan mulau munas jam 4 ini dan mudah-mudahan tepat waktu, dilanjut sidang pleno sampai besok. Jadi setelah pembukaan akan ada sidang pleno 1, sidang pleno 2, dan sidang pleno 3 dan besok ada pemilihan ketua umum Perbasi," ujar Sekjen Perbasi Nirmala Dewi.

Munas Perbasi 2024 ini dihadiri Pengprov, Pengkot dan Pengkab dari seluruh Indonesia. Total yang hadir mencapai lebih dari 500 kepengurusan.

Pada Munas Perbasi 2024 ini, selain memilih ketua umum ada beberapa agenda penting lainnya. Antara lain perubahan AD ART, perubahan logo Perbasi menjadi lebih modern hingga pengesahan penerapan Mars Bola Basket Indonesia.

"Ada juga perubahan AD/ART, kami mengusulkan perubahan logo perbasi yang baru. Lalu juga ada perubahan lain di AD/ART yang normal seperti Munas pada umumnya," sambung Nirmala.


Caketum Tunggal Perbasi

Ilustrasi Bola Basket/Unsplash

Untuk ketua umum Perbasi 2024-2028, kandidatnya cuma satu yakni Budi Satrio Djiwandono. Perbasi sempat membuka pendaftaran ketua umum selama sekitar sebulan. Cuma Budi yang satu-satunya yang mengembalikan formulir.

Sempat ada Yos Paguno yang mengambil formulir pendaftaran caketum Perbasi. Namun pada akhirnya Yos tidak jadi mengembalikan formulir. Budi, yang merupakan keponakan Presiden Republik Indonesia Prabowo Subianto, mendapat dukungan 28 Pengprov.

"Yang mengembalikan formulir hanya satu, artinya calon tunggal tapi mudah-mudahan kami mendapatkan ketua umum terpilih yang punya cita-cita baik," imbuh Nirmala.

Budi Satrio Djiwandono sendiri sudah tidak asing lagi dengan perbasketan Indonesia. Anggota DPR RI ini sebelumnya pernah menjadi ketua pelaksanaan FIBA World Cup atau Piala Dunia Bola Basket 2024.


Harapan Erick Thohir pada Ketum Baru Perbasi

Pembukaan Munas Perbasi 2024 ini turut dihadiri FIBA Board Member asal Indonesia Erick Thohir. Pria yang juga Menteri BUMN itu berharap penerus Danny Kosasih mampu melanjutkan prestasi luas biasa dalam dua periode terakhir.

"Jadi saya berharap pada Munas ini bisa memilih ketua untuk masa depan. Karena tentu ketika sudah ada sejarah yang baik, era ini harus dilanjutkan dan tak mudah," tutur Erick Thohir kepada wartawan.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya