Erick Thohir Ingin Timnas Indonesia Curi Poin saat Jamu Jepang dan Arab Saudi

Erick Thohir berharap timnas Indonesia bisa mendapatkan poin baik satu atau tiga saat memainkan dua laga kandang berikutnya di Jakarta.

oleh Thomas diperbarui 28 Okt 2024, 21:29 WIB
Para pemain starting XI Timnas Indonesia (dari kiri) Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick, Marselino Ferdinan, Rizky Ridho dan Sandy Walsh berbaris menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya jelang dimulainya laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia menghadapi Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia akan melakoni dua laga super penting di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada pertengahan November 2024. Pasukan Shin Tae-yong bakal menjamu Jepang dan Arab Saudi di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Hingga empat laga yang dilakoni di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, timnas Indonesia baru mendapat tiga poin. Hasil tiga kali imbang dengan Arab Saudi, Bahrain dan Australia. Timnas Indonesia kalah sekali saat away ke China.

Timnas Indonesia pun tertahan di urutan lima klasemen Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Ketua umum PSSI Erick Thohir merasa timnas Indonesia kecolongan saat kalah di kandang China. Evaluasi pun sudah dilakukan.

"Kalau lawan China kita kecolongan, makanya saya buat evaluasi. Saya tidak mau salah-salahan siapapun," ujar Erick Thohir kepada wartawan saat menghadiri Munas Perbasi 2024 di kawasan Kemayoran.

Akibat kecolongan gagal menang di China, Erick Thohir kini ingin timnas Indonesia bisa mencuri poin saat menjamu Jepang dan Arab Saudi yang memang merupakan unggulan utama di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

"Kita lihat lagi maksimal dua laga kandang lawan Jepang dan Arab Saudi yang rankingnya jauh di atas kita. Kembali lagi, kalau kita dapat poin di dua game ini, apapun poinnya, bisa jadi tabungan untuk masuk ranking 3, atau 4 supaya bisa play off lagi," sambung Erick Thohir.

 


Peluang Timnas Indonesia

Hasil negatif di kandang China ini sempat membuat banyak kalangan pesimistis Timnas Indonesia bisa lolos langsung ke Piala Dunia 2026 sebagai dua tim terbaik di Grup C. Namun harapan tersebut kembali terbuka.

Pasalnya di laga lainnya yang berlangsung beberapa jam kemudian, Arab Saudi kembali gagal menang di kandang sendiri. Pasukan Roberto Mancini harus bermain imbang tanpa gol saat menjamu Bahrain.

Dengan hasil imbang Arab vs Bahrain, persaingan di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia begitu sengit. Praktis hanya Jepang yang melejit sendiri dengan poin 10 dan belum terkalahkan di empat laga. Segalanya masih terbuka bagi timnas Indonesia, bahkan untuk finis di posisi kedua.


Klasemen Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026

 Peringkat  Negara   Main  Menang  Imbang  Kalah  Gol  Poin
 1.  Jepang  4  3  1  0  15-1  10
 2.   Australia  4  1  2  1  4-3  5
 3.   Arab Saudi  4  1 2  1  3-4  5
 4.   Bahrain   4  1 2  1  3-7  5
 5.   Indonesia   4  0  3  1  4-5  3
 6.   China  4  1  0  3  4-13  3

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya