4 Jenis Makanan yang Bantu Jaga Kesehatan Organ Intim Wanita

Berikut beberapa cara dalam menerapkan pola makan untuk menjaga kesehatan organ intim wanita.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 28 Okt 2024, 21:41 WIB
Salah satu cara untuk mengatasi pola pikir diet yang salah adalah dengan mengikuti cara-cara berikut ini (Foto: Unsplash.com/Toni Koraza)

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang kita makan secara langsung akan mempengaruhi kesehatan usus dan metabolisme tubuh. Ini merupakan pengetahuan umum.

Namun, tidak semua orang, khususnya wanita menyadari betapa pentingnya peran pola makan bagi ukuran kesehatan lainnya, termasuk kesehatan vagina.

Seperti disampaikan ahli kandungan atau obgyn bersertivikat Sarah de la Torre, MD, kondisi vagina juga dipengaruhi oleh pola makan.

"Percaya atau tidak, vagina Anda, seperti hal lainnya, dapat dipengaruhi oleh pola makan Anda,”ujar perempuan yang juga seorang praktisi pengobatan fungsional.

Berikut beberapa cara favorit Sarah de la Torre dalam menerapkan pola makan untuk menjaga kesehatan vagina, dilansir dari Mind Body Green.

1. Cukup Minum Air

Air sangat penting untuk kesehatan vagina. “Minum air dalam jumlah yang cukup membantu menjaga hidrasi di seluruh tubuh Anda, termasuk jaringan vagina,” kata de la Torre.

“Ini juga dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih (ISK)1 dengan membuang bakteri,” tambahnya.

Anggap ini sebagai isyarat untuk Anda membeli botol air yang Anda sukai, menambahkan buah ke dalam air Anda untuk menambah rasa, atau mencoba strategi lain untuk membantu Anda minum lebih banyak air setiap hari.

2. Makan makanan kaya probiotik

Karena mikrobioma usus dan mikrobioma vagina saling berhubungan, merawat usus Anda dengan cinta menggunakan probiotik juga akan bermanfaat bagi kesehatan vagina Anda.

“Tambahan gula berpotensi mengganggu keseimbangan bakteri sehat di vagina dan meningkatkan risiko infeksi jamur,” kata de la Torre.

Untuk mengisi perut dengan bakteri baik, tambahkan makanan seperti acar sayuran dan minuman seperti kombucha ke daftar belanjaan Anda, atau konsumsi suplemen probiotik setiap hari.

 


3.Prioritaskan juga omega-3

“Asam lemak omega-3, yang ditemukan pada ikan berlemak (seperti salmon dan sarden), biji rami, dan biji chia, memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat bagi kesehatan vagina,” kata de la Torre.

Dengan mengurangi peradangan dalam tubuh, lemak omega-3 membantu mendukung kesehatan jaringan vagina.

Mereka juga telah terbukti meningkatkan hidrasi kulit dalam studi klinis, di antara manfaat seluruh tubuh lainnya.

 


4.Ingat: Variasi itu penting

“Mengonsumsi berbagai makanan kaya nutrisi penting untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan sistem reproduksi Anda,” catat de la Torre.

Jadi, meskipun probiotik dan omega-3 bagus untuk dimasukkan ke dalam makanan Anda, cobalah mengambilnya dari berbagai sumber untuk memastikan Anda mendapatkan beragam nutrisi. Ini juga akan membantu masakan rumah Anda tetap menarik.

Torre menekankan pola makan seimbang yang terdiri dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak sehat. Dengan kata lain, makanlah beragam warna makanan—maka vagina Anda akan jadi lebih sehat.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya